Tahun 2007 Semua Guru Bantu Diangkat

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi, Senin (28/5) menegaskan pada tahun 2007 semua guru bantu akan diangkat menjadi guru calon pegawai negeri sipil.

Menurut Taufiq, jumlah pegawai negeri sipil mencapai 3,6 juta orang. Kebih dari dua juta orang diantaranya adalah guru. Setelah semua guru diangkat, baru tenaga bidang lain seperti kesehatan akan diangkat.

“Penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2007 yang dimulai bulan Agustus akan diangkat bulan Oktober. Jadi sekarang prosesnya cepat terutama tenaga pendidik dan kesehatan,” kata Taufiq.

Taufiq mengatakan, 920.000 tenaga honorer selama bertahun-tahun setelah dizalami telah dizalimi dan dimarginalkan. Para tenaga honorer telah mengabdi selama belasan sampai puluhan tahun namun belum juga diangkat. Ada tenaga honorer yang dibayar Rp 20.000 bahkan ada yang dibayar dengan kelapa.

“Jika daerah ingin mengusulkan formasi pegawai negeri sipil silahkan, rapi harus jelas penempatannya. Misalnya permintaan formasi perawat harus jelas rumah sakit atau puskesmasnya dan ada surat permintaan dari dokter. Ini supaya transparan,” ujar Taufiq.

Menurut Taufiq, saat ini kementrian PAN dan Departemen Keuangan sedang menyusun sistem penggajian nasional. Gaji terendah pegawai negeri sipil diupayakan terus naik dari Rp 1.060.000 tahun 2006 menjadi 1.200.000 pada tahun 2007. Pada tahun 2008 gaji terendah pegawai negeri sipil akan dinaikkan lagi namun Taufiq enggan menyebutkan jumalhnya.

Sumber: kompas.com


Ditulis dalam Berita. 40 Comments »

40 Tanggapan to “Tahun 2007 Semua Guru Bantu Diangkat”

  1. danni Says:

    Alhamdulillah kabar baik yang ada. semoga dengan adanya berita tersebut para guru bantu dan pegawai negeri. semoga dengan adanya kenaikan gaji dapat membeli semua kenaikan harga barang yang sudah terjadi saat ini (sebenarnya sama juga bo’ong yaa… gaji naik, harga barang naik. apa karena harga barang naik terus gaji naik???)

  2. Seluruh Guru Honorer Jadi Pegawai Tetap pada 2007 « Jamparing Asih Says:

    […] Baca juga berita terkait: Tahun 2007 Semua Guru Bantu Diangkat […]

  3. edi sunardi Says:

    dengan hormat,

    bersama ini kami mohon info tentang penerimaan pegawai guru negeri sebab istri saya sudah mengajar di SD negeri 10, sudah cukup lama.
    saya ini tinggal di Kp. Sidamukti-sukmajaya depok

    terima kasih atas bantuannya,

    wassallam,

    edi s

  4. edi sunardi Says:

    pak Awan, kami mohon mendapatkan info kapan ada lagi pengangkatan guru honorer
    sebab sampai saat ini istri kami masih tetap honorer di SD Sukamaju 10 depok.
    kadang2 bayarnnya ditunggak sampai 3 bulan, di mana mata hati pemerintah depok yah ?

  5. safar Says:

    aduh cape dee. mana buktinya, jangan cuma janji ya. realisasikan dong. aku ma uda 3 tahun mengabdi tidak perna didata bahkan saya sudah mengajukan n di BKD tapi katanya akan didata secara langsung dilapangan, nyatanya tidak perna ada pendataan.

  6. fera Says:

    moga2 aja, karena pemerinth ga pernah serius menangani guru2 bantu, dianggapnya kita ini seperti warga buangan

  7. puji hartono Says:

    sampai sekarang guru bantu yang ada DKI Jakarta belum menerima SK pengangkatannya didaerah lain sudah semua. bagaimana ini ?

  8. IIP JALALUDIN Says:

    minta Website pengumuman cpns untuk kab kuningan dimana ya???

  9. sudarmi Says:

    asl.
    tolong kasih tau nama /data data guru bantudiklaten yang sudah didata.
    trim

  10. fkgbp riau dumai Says:

    yang menjadi masalah bagi kami adalah prop riau sejak tahun 2005/juli mengangkat guru bantu daerah angkatan 2005 dan angkatan 2006 , angkatan 2005 1475, angkatan 2006 4000 orang. sedangkan dalam pp43 2007revisi pp48 dihitung masa kerja per nopember atau desember 2005. lalu kami bagaimana…jelas-jelas tdk terakomodir dalam aturan itu. kami mintak pemerintah sby merevisi pp itu masa kerja terhitung 2007, jika ingin benar-benar memperjuangkan nasib guru.

  11. fkgbp riau dumai Says:

    kami dari forum komunikasi guru bantu prop riau kota dumai yang berjumlah lebih kurang 517 orang, yang diangkat oleh gubernur riau sejak 2005/juli dan 2006/september, tidak jelas nasibnya. karena klami tidak masuk database apalagi diangkat jadi cpns. kemana kami harus mengadukan nasib kami. ke pemerintah atau legislatif…capek deh……mungkin kami harus mengadukan nasib kami cik gu-cik gu ni ke makam pahlawan. mana tau arwah para pahlawan mendengarkannya. tapi kami kasihan. jangan-jangan para pahlawan jadi menangtis. betapa tidak!cita-citanya yang tertuang dalam teks proklamasi dan mukaddimah UUD 1945 telah hampir dikubur para generasinya. kami mhn bapak SBY menyibak hatinya pada momentum hari guru ini…….

  12. awan Says:

    Kepada guru bantu jangan mudah patah arang, jika pada tahun 2007 belum terangkat jadi CPNS mudah2an April 2008 bis terangkat, dan jika belum juga mudah2an sampai tahun 2009 habis semua. Apalagi “katanya” nanti tahun 2010-2014 akan ada pengangkatan guru SD besar-besaran. Semangat terus…

  13. modi Says:

    saya ingin tahu apakah kakak saya yang bekerja sebagai guru honorer di sdn gentra masekdas garut sudah terdaftar sebagai guru calon pegawai negeri sipil?mohon bantuannya.terima kasih

  14. wahyudi Says:

    mohon info formasi penerimaan guru bantu menjadi PNS pada periode 2007 di kabupaten Nganjuk Jatim

  15. wahyudi Says:

    kami mohon kepada bapak presiden pedulikan kami nasib guru bantu segera tuntaskan kami jadi PNS, dan kami berharap kepada bapak-bapak pejabat pikirkan kami guru bantu angkatan 2004-2005 nasib kami pada 31 desember 2007 kontrak kami habis dan perpanjang kontrak kami

  16. edo karak Says:

    inga’ inga’ rekrutmen pegawai berdasar kompetensi ,kemahiran,dedikasi dan loyalitas NKRI jangan asal tua ,lama mengabdi apalagi rasa kasihan…….. mau dibawa kemana negara ini jika pegawainya low standar…………..capek deh

  17. iwwiryawan Says:

    salam,
    saya juga punya kasus yang sama dengan bapak ibu yang lain, istri saya guru bantu di salah satu smp di denpasar yang belum jelas nasibnya(tidak masuk database), dan kita berbenturan dengan PP 48 2005, yang masa kerjanya sampai 1 desember 2005 hanya terhitung 11 bulan, akan tetapi jika mengacu ke PP 43 2007 sudah terhitung 1 tahun masa kerja. Lalu hubungannya dengan janji MenPan, apa ya? Kontrak Juga sudah mau habis 31 Des 07, lalu setelah itu apa? Sepertinya tidak ada yang memfasilitasi kami atau tepatnya kita. Lalu Jalan keluarnya kira-kira apa ya? Apakah kita Harus “MENGEMIS” belas kasihan?! Kemana?! sepertinya buntu. Atau harus menunggu nasib?? KAlau mau ngomong yang ideal… ya semoga tidak, kalau memang demikian kualitas pendidikan mau dibawa kemana? Siapa yang bertanggung jawab? Para Guru (Bantu)?! Pemerintah? BKD? BKN? Para Menteri? Presiden? Lalu……
    ya semoga jadi bahan renungan dan diskusi
    terimakasih
    salam

  18. Arief Says:

    Pak Menteri gimana nasib guru bantu di jakarta, kenapa belum juga ada yang diangkat. mereka akan mengangkat PTT untuk guru yang sudah mengajar di sekolah-sekolah negeri tetapi kami yang di swasta untuk guru bantu belum ada yang diangkat satu orang pun gmana pak menteri? ini hanya ada di jakarta saja daerah lainnya sudah diangkat…….

  19. kasihan kami Says:

    kenapa istri saya belum diangkat menjadi PNS padahal sudah mengajar 2 tahun lebih. gimana dong…istri saya mengajar di cikampek…bagaimana ini belum ada kejelasan sampai sekarang..pemda karawang gimana ini….mohon jangan hanya menerima SUAP saja oknum-oknumu………

  20. any sulistyawati Says:

    saya adalah guru bantu, di Jakarta Selatan. Saya menjadi guru bantu sejak tahun 2003. Akan tetapi sampai sekarang belum diangkat PNS. Boro-boro diangkat, data pemberkasan aja saya belum. Ada juga teman saya , sudah CPNS tapi SK belum ada.Bagaimana sebenarnya status kami ini ?

  21. Darsono Says:

    Saya gbs di Langkat, ingin tanya mengapa honor bulan januari 2008 sampai sekarang distop ? kemudian saya sudah lulus sebagai calon CPNS pada bulan desember 2007, kapan sk kami keluar ?

  22. wiwiek sumiati Says:

    moga pengangkatan guru bantu bukan wacana pemerintah aza… tolong perhatiakan juga nasib guru bantu….jangan janji – janji muluk.

  23. andari Says:

    Ada apa dengan pemerintah kita ya? Apakah kondisi keuangan sudah benar-benar memprihatinkan? sehingga pemerintah sudah tidak mampu lagi memberi gajii guru bantu. Meskipun sudah dinyatakan lulus sebagai CPNS, tapi kan kami belum terima SK. Dengan dihenntikannya gaji guru bantu sejak Januari 2008, bagaimana kami dapat mencukupi kebutuhan yang harganya semakin melangit? Bapak Presiden, adakah kau dengar jerit hati kami dan anak-anak kami para guru bantu????

  24. Guru Bantu dan Permasalahannya: Honornya Tidak Dibayar « Awan Sundiawan Says:

    […] Saya pernah mengutip pernyataan Menpan yang diberitakan di koran kompas yang berjudul Tahun 2007 Guru Bantu Diangkat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi, Senin (28/5) menegaskan pada […]

  25. Awan Sundiawan » Blog Archive » Guru Bantu dan Permasalahannya: Honornya Tidak Dibayar Says:

    […] pernah mengutip pernyataan Menpan yang diberitakan di koran kompas yang berjudul Tahun 2007 Guru Bantu Diangkat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi, Senin (28/5) menegaskan pada […]

  26. anita laksmi, SH Says:

    Salam kenal pak awan..
    saya anita mahasiswa Program Pascasarjana Administrasi Publik Universitas Wijaya Putra Surabaya, saya sedang giat2nya mencari data2 yang menunjang penulisan tesis saya.
    tema tesis saya adalah guru honorer yang diangkat CPNS. Pak, apa benar bahwa setiap guru CPNS tersebut harus ditempatkan di sekolah negeri?
    Kalo ya… SK apa ya yang mendukung? saya sudah mendapatkan SK menpan apa cuma itu cukup sebagai bahan hukum saya?
    trus bagaimana ya nasib sekolah swasta yang ditinggal para guru yang jadi CPNS, yang sepertinya org2 tersebut mempunyai pengalaman bekerja sudah diatas 20 thn, jadi mereka bisa dikatakan senior dan ahli. tetapi malah dimbil sepihak oleh pemerintah. katanya untuk meningkatkan pendidikan tidak dipandang dari negeri atapun swasta..
    tolong ya pak dibalas…

  27. awan Says:

    @anita laksmi, SH: penempatan CPNS idealnya di sekolah negeri, namun jika pihak swastra minta dan negeri sudah kelebihan kuota di swasta juga bisa. Untuk hal lain saya kurang paham, lebih baik ditanyakan langsung kepada pihak instansi terkait dan BKD. salam kenal kembali. Selamat menyusun tesis.

  28. aryadika Says:

    pa mentri mana janjinya kami jangan dibuat gelisah menunggu janji yang tak kunjung datang, sekarang sudah tahun 2009, keburu kami tua deh

  29. Rifky Widhya Putra Says:

    Saya selaku anak guru sangat prihatin melihat nasib para Guru Bantu Daerah (GBD) Riau yang tidak mendapat perhatian sedikitpun untuk diangkat menjadi CPNS dari jalur Honorer, padahal mereka-mereka ini ada yang sudah mengabdi puluhan tahun tapi hanya karena kesempatan menjadi GBD tahun 2006 maka pupuslah………………..harapan menjadi ……………..CPNS. Persetan sesuai atau tidak dengan aturan atau segala macamnya apa ! Saya memohon dibuka kembali keran Honorer GBD Riau menjadi CPNS. Pemprov Riau sebagai “negara kaya raya” hendaknya dapat mengambil peran untuk memperjuangkan nasib GBD tersebut. Pak SBY tolong lihat Riau ya sebagai “negara kaya raya” dengan ribuan GBD yang masih bermimpi diangkat menjadi CPNS dan juga tidak bermimpi sebagai bagian dari NKRI. Selaku putra guru saya berharap suatu saat saya bisa seperti SBY agar nasib GBD Riau terealisasi menjadi CPNS……………. so berapa tahun lagi ya? saya aja baru mau masuk ES-DE.

  30. IBN.GIRI Says:

    salam sejahtera untuk semua!!!
    kami mau menanyakan masalah pengangkatan guru bantu. Bagaimana nasib guru bantu yang belum terdaftar dalam database pusat, padahal kami sudah mengabdi honorer sejak 1999 dan diangkat menjadi guru bantu sejak 2005, tapi tidak masuk dalam database tenaga honorer, sehingga BELUM diangkat sebagai CPNS sampai 2009 ini.
    Terima kasih.

  31. Hasna Saiful Says:

    Saya salah satu guru bantu prop riau,
    Saya mau menanyakan dimana saya bisa liat database guru bantu, karna di situs bkn tidak ada daftar database gurubantu
    Mohon bantuan dimana saya bisa Link ke database guru bantu propinsi riau
    Terima kasih, mohon konfirmasinya

  32. srinoviningsih Says:

    saya guru honor di salah satu sdn di depok.sejak tahun 1998. 2minggu yang lalu ditanggal 10 nopember 09 saya menerima daftar c2 di sekolah tempat saya mengajar. alangkah terkejutnya saya ternyata di bawah nama saya terdapat NIGB. memang di tahun 2003 dan 2004 saya pernah mengikuti ujian NIGB, sejak ujian guru bantu itu saya tidak pernah mendengar adanya pengumuman untuk hasil ujian tersebut. hanya pihak DisPenDik Depok menjanjikan akan diberikan informasi ke sekolah yang bersangkutan di mana saya mengajukan sebagai tenaga Wiyata Bakti. sayang nya saya tidak menerima informasi apapun sampai hari ini tentang hasil ujian tersebut. begitu saya melihat NIGB itu, saya mencoba mencari informasi ke DisPenDik Kecamatan Sukmajaya. hasilnya di suruh tanya ke DisPendik Kota. Darisana saya di suruh menanyakan kembali ke BKD Kota Depok. jawaban yang saya dapat amat mengecewakan. Saya di sarankan bertanya ke Dirjen PMPTK di Senayan. di sana saya di suruh bertanya ke BKN. di BKN saya mendapatkan jawaban bahwa seharusnya ibu didata ulang di tahun 2005. Aneh nya kalau memang saya pada tahun 2005 tidak mendata ulang. seharusnya NIGB saya sekarang ini sudah tidak ada. tapi kenapa sampai sekarang masih ada dan itu membuat saya binggung. dan ternyata di Depok sendiri sampai saat ini masih tersisa 6 orang guru bantu yang belum terangkat karena alasan usia. dan kepada mereka diberikan gaji perbulannya. bagaimana dengan NIGB yang saya miliki. mohon saran dan pendapatnya.

  33. hanafi Says:

    tolong informasikan bisakah guru bantu propinsi riau tahun 2006 diangkat jadi cpns?

  34. HARTONO Says:

    Assalamualaikum, wr..wb
    Bapak Irwan Effendi Yang saya hormati,
    saya Guru Bantu Propinsi tahun 2006 dari Kab. Bengkalis, gimana ya nasib kami, kok samapi sampai sekaran ini belum ada kabarnya untuk diangkat jadi PNS

  35. Vivia susanti Says:

    Pak,saya telah mengajar selama 11 tahun di sd, usia sudah 35 tahun, adakah peluang bagi saya untuk bisa jadi pns?????

  36. alex saputra Says:

    saya kasihan liat istri saya setiap hari ngajar sbgai guru bntu riau th 2006 d daerah trpencil smpai skrang kuansing..ktlusanny buat hati ku iba..kpn y pak dia d angkat jd pns??

  37. alex saputra Says:

    kpd para guru bantu d slruh indonesia, harap dmengerti penerimaan2 guru bantu propinsi th2005 n th2006 hanya sbg kbtuhan, kprluan politik saja sbg alat pmulus mnju kursi kkuasaan..liat aj nnti th 2013 ini akan kmbali jd isu para manusia haus kkuasaan..

  38. alex saputra Says:

    pak awan, sbnarnya anda siapa?? tak ada solusi dari anda prcuma anda bkin situs ini klo tdk mmbntu..pemerintah aneh! yg blm mngabdi bisa dtrima or dbuka jg lwonganny (utk umum) yg telah mngabdi di acuhkan….

  39. alex saputra Says:

    th 2006 istri saya lu2s tes guru bantu yg d buka pmerintah pusat dan mndapatkan NUPTK, tau ny wktu prpanjangan SK thun 2011 trtera d SK ny NIGB yg dtanda tangani pak rusli zainal slaku gubernur riau saat ini brbeda dg NUPTK thun 2006, apa brbeda NUPTK dg NIGB?? mhon jawabanny pak, tmaksih

  40. sukemi Says:

    Bagaiman pula nasib GBD Propinsi Riau SK tahun 2008 ?
    NIGB pun kami tk punya.


Tinggalkan Balasan

