Memori Semu, Amankan Data Percepat Komputer

Menyimpan data digital menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa saja di era kemajuan teknologi digital. Semakin cepat akses ke jaringan internet serta ledakan informasi menyebabkan siapa saja harus menjaga datanya.

Mengamankan data digital sekarang menjadi bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan dari aktivitas kita sehari-hari. Kecepatan akses jaringan serta mobilitas digital menjadi sebuah kombinasi gaya hidup digital yang menjadi semakin kental dengan perilaku siapa saja, baik di kantor maupun di rumah.

Perangkat seperti memory flash drive atau disebut juga sebagai USB (Universal Serial Bus) stick mulai membanjiri pasaran dengan berbagai macam bentuk dan model. Perangkat ini pun dijadikan cendera mata oleh perusahaan, atau menjadi kado Natal untuk anak-anak yang sudah menggunakan komputer di sekolah dan menyimpan berbagai macam aktivitas digitalnya mulai dari musik sampai PR.

Sebuah aksioma baru muncul dengan semakin cepat akses jaringan internet, terutama kehadiran teknologi serat optik dalam konsep fibre-to-the-home, semakin banyak data, informasi, aplikasi, dan lain sebagainya yang ingin disimpan oleh seseorang. Penyimpanan pun menjadi sebuah isu baru, yang mendorong banjirnya perangkat penyimpan USB tersebut.

Penggunaan hard disk dirasakan tidak nyaman karena bentuknya besar dan harus dikendalikan dengan listrik untuk bisa mengaksesnya. Dan, terbukti kalau USB Flash Drive ini sekarang menggantikan floppy disk dari generasi pertama komputer diperkenalkan kepada siapa saja.

Mengamankan data

Di pasaran sekarang tersedia berbagai ragam USB Flash Drive, dalam berbagai kapasitas, desain, dan bahkan ada yang memiliki kemampuan untuk mengakses e-mail. Berbagai fungsi USB Flash Drive dieksploitasi untuk menarik minta konsumen untuk mengamankan datanya, tetapi tidak ada USB Flash Drive yang dibuat sama. Satu sama lain, merek satu dan lainnya, saling berbeda dalam kemampuan.

Selama beberapa tahun terakhir ini, Corsair Corporate, perusahaan yang memproduksi keping-keping memori komputer andalan asal AS, berupaya untuk menghadirkan perangkat diversifikasi dengan memanfaatkan keunggulannya dalam mengembangkan memori RAM (Random Access Memory) dalam mempertahankan kinerja komputer.

Diversifikasi ini antara lain dilakukan dengan memperkenalkan produk USB Flash Drive yang disebut sebagai Flash Voyager GT dengan kapasitas 4 GB dan 8 GB dan merupakan pembaruan dari produk sebelumnya dalam seri Flash Voyager. Produk terbaru Corsair ini memiliki kemampuan membaca dan menulis masing-masing sampai kecepatan 34 MB per detik dan 28 MB per detik.

Keunggulan yang dimiliki Flash Voyager GT adalah disediakannya aplikasi pengamanan disebut True Crypt yang memungkinkan data yang tersimpan dalam enkripsi virtual sampai dengan 256-bit. Rancangannya dengan bahan karet berwarna merah seperti pada produk Flash Voyager sebelumnya, menjadikan produk ini perangkat penting untuk menghilangkan frustrasi karena terlalu lama menunggu untuk memindahkan data dalam ukuran besar.

Fitur baru

Selain Flash Voyager GT, produk lain yang diperkenalkan oleh Corsair adalah Turbo Flash yang menjadi perangkat tambahan akselerasi ketika menggunakan sistem operasi Windows Vista. Sebenarnya, berbagai produk USB Flash Drive yang tersedia di pasaran bisa digunakan (tapi tidak semua) untuk mempercepat akses Windows Vista dengan tersedianya fitur ReadyBoost.

Fitur baru ReadyBoost ini hanya tersedia untuk Windows Vista, memungkinkan penggunanya untuk menjadikan Corsair Turbo Flash (maupun Flash Voyager GT) sebagai cache (penyimpan sementara) atau memori semi (virtual).

Keuntungan dari fitur ReadyBoost pada produk buatan Corsair ini adalah mempercepat cache yang selama ini disimpan di hard disk. Bahkan, untuk sebuah sistem komputer yang tidak memiliki memori yang memadai, bisa menjadikan Flash Turbo untuk menambah memori fisk RAM yang biasanya lebih mahal ketimbang menggunakan USB Flash Drive.

Menggunakan fitur ReadyBoost sangat mudah, hanya dengan memasukkan Corsair Turbo Flash ke rongga USB, yang segera menetapkannya sebagai sebuah penyimpan digital tambahan pada komputer. Sistem Windows Vista kemudian akan menghitung kinerja Turbo Flash apakah memadai untuk menggunakan ReadyBoost.

Ketika dicoba Kompas, produk Corsair ini mampu mempercepat kinerja Windows Vista dan mampu meningkatkan indeks angka pada Windows Experience Index sampai dengan 4,7 mendekati batas maksimal kinerja sebuah komputer dengan sistem operasi buatan Microsoft ini.

Ketika digunakan untuk membuka puluhan situs web ditambah dengan aplikasi pengolah kata dan beberapa aplikasi tambahan seperti Photoshop, kinerja komputer notebook yang memiliki kapasitas memori sampai 1 GB tidak terasa lambat dan bekerja secara lancar.

Kehadiran Windows Vista serta teknologi memori yang dihadirkan Corsair dalam produk Flash Voyager GT dan Turbo Flash dipastikan akan mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer. Menjadi lebih cepat, data yang dikumpulkan aman terenkripsi, dan masa frustrasi lambatnya kinerja digital adalah sesuatu yang hanya terjadi di masa lampau.

Ditulis dalam Teknologi. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Memori Semu, Amankan Data Percepat Komputer”

  1. beny wahyu febrain Says:

    apakah mugkin RAM di masa depan bisa digantikan hanya dengan flashdisk saja??
    mengingat harga RAM dengan Flashdisk lebih murah Flashdisk..

  2. awan sundiawan Says:

    @benny wahyu febrian: mungkin saja…. mudah2an begitu…😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: