Menyimpan data di CD tidak selamanya aman

Keping CD (Compact Disc) yang kita gunakan untuk menyimpan data-data dengan cara dibakar melalui perangkat pembakar ternyata bukan media penyimpan yang tahan lama.

Penelitian yang dilakukan oleh majalah komputer Professionell di Munich, Jerman mengungkapkan data yang di-back-up dalam CD akan hilang jika tidak diperbaharui setiap 5 tahun.

Sementara, dari Playfuls.com, data yang disimpan dalam CD berkualitas rendah akan hilang lebih cepat. Penelitian tersebut menyarankan pada para pengguna untuk selalu memiliki media penyimpanan lain dengan variasi yang beragam.

Pengguna juga secara rutin sebaiknya memeriksa data yang telah disimpan. Selain memeriksa, upgrade juga diperlukan mengingat media penyimpanan dapat mengalami kerusakan yang kadang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Kadang memang masih ada pengguna yang fanatik terhadap satu jenis media penyimpanan tertentu. Hal ini sebaiknya dihindari mengingat teknologi format data komputer terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga diperlukan pemindahan data dari media penyimpanan berteknologi lama ke yang lebih baru.

Ditulis dalam Teknologi. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Menyimpan data di CD tidak selamanya aman”

  1. deedhoet Says:

    nggak usah nunggu 5 taun deh pak. Kalo di tempat saya sih, setengah tahun, bahkan kurang, data di CD udah nggak bisa dibaca lagi. Kalo nggak “jamuran” karena tempat saya eamang lembab ya tergores-gores karena saya orangnya cenderung sembrono kalo naruh barang😀

    Sapa sependapat dengan deedhoet, nyimpen data di cd memang kurang aman… coba saja… harini kita merekam ke cd kemudian CDnya terjemur oleh sinar matahari (ultraviolet) kemudian tiba-tiba ada gunting (bermagnet)… satu jam kemudian cek… ternyata data pada cd acak-acakan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: