US$ 1,5 juta Dikucurkan untuk Ngajarin Guru TIK

Ribuan guru di Indonesia akan mendapat pelatihan pengenalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan tanah air.

Hal itu merupakan bagian dari kerjasama Intel dan United States Agency for International Development (USAID) lewat program ‘Intel Teach’ dalam mengembangkan akses dan penggunaan TIK di negara-negara berkembang.

Dengan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang telah ditandatangani, dana sebesar US$ 1,5 juta ($1 = Rp 9075, sumber: detikcom) siap dialokasikan untuk pelatihan TIK di bidang pendidikan tanah air dalam jangka waktu tiga tahun.

Program ini akan dijalankan pada bulan September 2007 dengan memberikan pelatihan kepada kurang lebih 15.000-20.000 guru di Indonesia sampai dengan tahun 2010. Namun, penyebaran pelatihan masih belum diketahui.

Sejak pertama dilaksanakan pada tahun 1999, program Intel Teach telah melatih lebih dari 4 juta guru di lebih dari 40 negara di dunia. Keterlibatan Intel dengan USAID juga merupakan bagian dari program Intel World Ahead.

“Sinergi dari kekuatan yang dimiliki oleh kedua organisasi ini akan menguatkan usaha-usaha individu dalam menggunakan teknologi sebagai katalis dari pertumbuhan komunitas berkembang, memperluas kemungkinan bagi masyarakat di komunitas tersebut untuk berkembang,” kata John Davies, vice president Intel World Ahead, seperti dilansir dari keterangan tertulis yang diterima detikINET, Minggu (29/4/2007).

Sebelumnya, pemerintah juga mempunyai program pelatihan komputer kepada satu juta guru untuk lebih membuat tenaga pendidik ‘melek’ teknologi. Sehingga diharapkan, melalui berbagai program sejenis dapat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan Indonesia

Sumber: detikinet.com

Ditulis dalam Berita. 10 Comments »

10 Tanggapan to “US$ 1,5 juta Dikucurkan untuk Ngajarin Guru TIK”

  1. Kabar Gembira « R. Buddy Dharmawan Says:

    […] Kabar Gembira 29 04 2007 US$ 1,5 juta Dikucurkan untuk Ngajarin Guru TIK […]

  2. lusi Says:

    Alhamdulillah …. moga2 bisa menyentuh seluruh lapisan sebaiknya sih diutamakan di lapisan yang paling membutuhkan, termasuk saya🙂

  3. R. Buddy Dharmawan Says:

    […] 1 05 2007 US$ 1,5 juta Dikucurkan untuk Ngajarin Guru TIK […]

  4. fajar sadiq Says:

    Ngedukung banget !!
    Moga aja cepet terealisasi, and saya ikut kebagian, he..he..

  5. rudiman Says:

    Asyiiikkk, gimana carannya biar kebagian ?

  6. Irawan husni mubarok, S.Kom Says:

    Thank’s INTEL!

    secepatnya di sosialisasikan ke sekolah-sekolah di seluruh pelosok tanah air agara para guru TIK dapat mempersiapkannya sedini mungkin jika perlu data ulang guru-guru TIK yang benar kompetitif dibidangnya bukannya guru Biologi, guru matematika, guru kesenian, dll ……….. malah ngajar TIK, “Ga Malu Tuh” guru bukan bisnis guru adalah amanah yang mulya.

    BRAVO GURU TIK……….Semoga kedepannya menjadi perhatian untuk pemerintah agar diangkat menjadi PNS seperti guru mata pelajaran lainya. terimakasih

  7. Hamzah Says:

    salam…
    saya juga guru TIK di SUL-SEL
    .
    mempunyai banyak sekali harapan-harapan untuk bisa mengikuti pendidikan seperti di atas. saya menyadari bahwa untuk menjadi guru TIK harus punya kemampuan lebih dari penguasaan materi yang disyaratkan dalam kurikulum.
    sekedar info… saya memimpin teman-teman guru tik di Kab. Bone dalam wadah MGMP.
    thanks

  8. elalia Says:

    Diklat-diklat untuk guru TIK sangat saya tunggu dari awal saya mengajar. Semoga saya kejaring

  9. Sandi Fajar Says:

    Universitas Pendidikan Indonesia sudah mencetak tenaga guru TIK yang profesional pada program studi Pendidikan Ilmu Komputer http://cs.upi.edu/ dengan kurikulum seperti di page http://cs.upi.edu/v2/index.php?page=templates-and-stylesheets

    Mudah2n lulusan kami dapat berkontribusi di dunia pendidika Khususnya Pendidikan TIK

  10. UMMU NIHAYAH Says:

    tolong kalau punya info tentang tik beriatahu ya, kebetulan saya guru tik di mts negeri losari cirebon.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: