Tenaga Pendidik Siap-siap Untuk Sibuk Mengisi Berbagai Formulir Pendataan Online

Pendataan yang belum tersinkronisasi dan terpusat

Saat ini para tenaga pendidik akan didata secara oline oleh pihak terkait di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini dilakukan mungkin untuk mengetahui data tenaga pendidik secara akurat dilihat dari bebagai sudut pandang. Hal ini bisa jadi karena banyak tenaga pendidik yang sudah, akan/menjelang purna bakti dan banyak juga tenaga baru yang belum terdata dengan akurat.

Dengan menggunakan pendataan secara online sepertinya akan didapatkan data secara akurat, kerena pendataan secara mendetil akan dilakukan pemasukan datanya secara langsung oleh tenaga pendidik sendiri. Maka kesalahan data aka ditanggung oleh pihak tenaga pendidi itu sendiri. Intinya setiap tenaga pendidik harus dapat mengisi data dengan akurat.

Saya sangat setuju dengan adanya pendataan tenaga pendidik yang terpusat, namun sampai saat ini saya masih bingung.

  1. Apakah datanya akan terpusat dan tersinkronisasi antar lembaga pemelihara data?
  2. Apakah harus beberapa kali tenaga pendidik mengirimkan datanya ke lembaga penyimpan data yang berbeda?
  3. Apakah pendataan online yang akan dilakukan saat ini hanya sekali ini saja atau akan dikembangka dan dipergunakan secara berkelanjutan?
  4. Dan banyak lagi pertanyaan lain yang tidak saya tuliskan.

Dari beberapa pertanyaan di atas, saya selaku tenaga pendidik disibukkan juga dengan berbagai format isian untuk keperluan:

  1. Data pegawai pada Paket Aplikasi Sekolah (PAS) yang dikelola oleh Dirjen Dirjen Pendidikan Menengah (http://203.171.221.242/sipdikmen/) yang harus selalu disinkronkan dengan server pusat. Pendataan ini sudah resmi diperintahkan utuk selalu memutakhirkan datanya secara online, karen akan dipakai sumber rujukan/referensi untuk berbagai bantuan yang diterima sekolah.
  2. Verifikasi dan Validasi NUPTK yang dikeluarkan Kemdikbud. Pendataan ini masih tahap persiapan awal. Pendataan ini kelola oleh BPSDM Kemdikbud (http://padamu.kemdikbud.go.id//)
  3. Pendataan PTK Dikmen yang dikeluarkan Direktorat PTK Pendidikan Menengah. Pendataan ini belum resmi diluncurkan dan pemasukan datanya sangat terbuka, hal ini akan membahayakan dalam kevalidan data dan saya masih ragu atas keberadaan formulir tersebut.

Semoga informasi di atas tidak menjadikan bingung para PTK Dikmen dan tetap waspada terhadap formulir pengisian data secara online. Namun untuk nomor 1 dan 2 saya meyakini hal itu harus diisi seakurat mungkin, dan selamat bersibuk ria bagi para oprator sekolah.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.634 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: