Pengumuman PLPG Rayon UPI Bandung Tahun 2011

Selamat Kepada Bapak Ibu Guru yang LULUS PLPG sertifikasi guru kuota 2o11 Rayon UPI Bandung.

Pengumuman PLPG sertifikasi kuota 2011`Rayon UPI Bandung sudah ada di website http://sertifikasiguru-r10.org/, ya memang hasilnya sudah ada.

Informasi pengabilan sertifikat dapat menghubungi Dinas Pendidikan setempat.

About these ads

96 Tanggapan to “Pengumuman PLPG Rayon UPI Bandung Tahun 2011”

  1. awan sundiawan Says:

    Silkan dibuka lamat web di atas Kang, sudah ada hasilnya.

  2. farida Says:

    ga bisa dibuka pak…..
    mungkin karena servernya penuh ya
    tp makasih infonya

  3. awan sundiawan Says:

    Ya coba saja besok pagi… kalau sekarang mungkin servernnya kaget melayani pengunjung yang luar biasa, hehe

  4. wida Says:

    ya jadi malah deg2an nih… tp makasih banyak yach info pentingnya

  5. awan sundiawan Says:

    Sama2, semoga bermanfaat

  6. iman Says:

    yang tdk lulus ada remedial gk niih

  7. trio saputra Says:

    infonya ga valid,,alias bohong c,,,

  8. awan sundiawan Says:

    @iman: yang belum lulus remidial bulan Desember, yang tidak lulus sepertinya harus ikut pada tahun 2013, atau silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat.

  9. awan sundiawan Says:

    @trio: Yang tidak valid yang mana? Anda tahu tidak valid dari mana?

  10. trio saputra Says:

    yang rayon 110 ada ga??

  11. awan sundiawan Says:

    @trio saputra: rayon 110 LPTK nya mana? Coba Cek UPI itu rayon 110 bukan? hehehe

  12. boncel Says:

    wah hebat juga upi, idealismenya 1000 persen, mau mencetak guru-guru yang propesional dan berkualitas, disipilinya juga lebih dari itu

  13. bolkuntel Says:

    cuma kang awan gimana nasib guru yag gagal plpg tahun 2011, apalagi mereka sudah tua, malah ada yang mau pensiun aja katanya. apa upi memberikan kebijakan terhadap mereka

  14. siti aisyah Says:

    aLamat web nya susah baget di bukanya???

  15. awan sundiawan Says:

    @boncel: terima kasih ata apresiasinya, hehehe
    @bolkuntel: Kalau tidak salah dapat ikut lagi kuota 2011, silakan secepatnya menghubungi Dinas Pendikan setempat.
    @siti aisyah: ya saat ini sangat lambat untuk dibuka, silakan coba dinihari bukanya semoga cepat, hehehe

  16. Agus A. Says:

    Tadi sempat masuk ke http://sertifikasiguru-r10.org/page/hasil_2011 dengan mengklik link yang diberikan blog ini via opera mini di hp saya.
    Alhamdulillah, saya LULUS.
    Hatur nuhun Kang Awan.

  17. Jajang Nurjaman Says:

    hatur nuhhuuuuuun ah

  18. gie Says:

    pak bagimana klo yang tidak lulus apakah ada kbijakanx?

  19. iis f Says:

    yang lain pada lulus pak. sy ko g lulus????……. kenapa ya..? yang jd masalah apa ?
    berikut sya sebutkan identitas sy…. nama iis fauziah
    1 lahir 20 maret 1986
    2 ijasah s1 bahasa inggris di stkip siliwangibandung th. 2009
    3. perempuan
    4. ngambil plpg matapelajaran bahasa inggris
    5. ngajar dari tahun 2004 setelh lulus man di mi miftahul ulum setu
    6. waktu Preteacing alahamdullilah sy ga kikuk kata dosen sudah bagus, maf bukan sombong kang awan… tapi ini ungkapan rasa penasaran sya.
    Tolong kang minta kejelasannya……? agar sya tidak bertanya2 dalam hati sy…….
    ini alamat email sya. s_nursaman@yahoo.co.id

  20. awan sundiawan Says:

    @Agus A.: silakan coba saat ini Pa, lancar sekali
    @Jajang Nurjaman: sami2 Kang
    @gie: silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat
    @iis f : masalah pelulusan saya juga tidak tahu, hehehe, coba saja tanyakan nilai: ujian tulis, ujian praktek, tugas2 selama PLPG, peerteaching.

  21. koe ora lulus! Says:

    Wan… sya g lulus!, Bagaimana UPI ini?. bukannya PLPG itu Pelatihan, masa pelatiahan ada istilah ga lulus, Kayak Ujian nasional aja.?
    jawab yang jelas wan, jagan a”e”a’e doang…..
    PLPG ITU ada istilah ga lulus jangan ada kata pelatihan dog di situ. apake Ujian Ke.

  22. bukan guru Says:

    bang. sampein pada upi ya!..
    1. ko ane ga lulus? apa masalahnya? kalau masalah atau nilai atau apa, kenapa ane ga di panggil lagi untuk ikut ujian ulang?……. apakah panitia UPI sudah Pikun….

  23. guguruan Says:

    Plpg di Upi, banyak aturan yang tidak sesuai dengan aturan dari pemerintah, ente kira UPI yang punya pemerintahan ini ?

  24. uink Says:

    pak awan… menjawab itu harus jelas ngapa, jangan setengah2.

  25. agus Says:

    Upi jangan egois begitu dong,….. maen ngadain aturan seenaknya, Emang Upi Yang biyayain PLPG.????????……..
    nanti ga laku loh…….. mau bangkrut…

  26. OYOM S Says:

    pak kasihan yang ga lulus PLPG. thn kemarin,, menurut sya lulusin aja pak, karena sebaghian mereka adalah guru honorer, bapak tahu sendiri nasib guru honorer….. lagi pula mereka sudah ada pengabdiannya yang tulus pada negara ini.. lagi pula mereka benar2 seorang Guru, kan ada SKnya dari kabupaten terkait.
    LAGI PULA KAN PEMERINTAH INI YANG BAYARIN MEREKA TIAP BULANYA, BUKAN upi KAN?….

  27. DARIF Says:

    SAYA TAKUT UPI DI KUTUK SAMA GURU HONORER SE JAWA BARAT NIH…..

  28. SUDIRO Says:

    AWAS HUKUM KARMA ???…….

  29. SUDIRO Says:

    kasihan sekali UPI, bulan-bulan ini banyak yang kecewa padanya

  30. awan sundiawan Says:

    @koe ora lulus!: Jika pernah ikut PLPG di UPI silakan tanyakan langsung ke UPI, biar jelas, itu lebih praktis, hehehe.
    @bukan guru: silakan tanyakan langsung ke UPI, karena untuk lulus PLPG, UPI pernah menjelaskan rumusnya.
    @guguruan: silakan sampaikan aturan2 yang tidak sesuai dengan Pemerintah kepada UPI secara langsung.
    @uink: maaf jika jawaban saya tidak memuaskan, untuk lebih puasnya silakan langsung tanyakan pada UPI.
    @ agus: silakan sampaikan ketidakpuasannya pada UPI secara langsung.
    @OYOM S: mudah2an yang tidak lulus 2011 dapat ikut lagi pada kuota 2013, atau silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat agar cepat diproses.
    @DARIF + SUDIRO: semoga dari kejadian tersebut dapat diambil hikmahnya, bahwa PLPG sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kompetensi guru.

  31. somad Says:

    coba wan…. ente lihat persaratan umum dan khusus,yang sampai ke semua peserta PLPG di seluruh indonesia, hanya di UPI saja yang ada penambahan ga jelas….

  32. somad Says:

    Upi kalau ga sanggaup jadi rayaon ngomong dong….. pekerjaan jadi ga bener begitu, jadi kayak anak TK. hehe…

  33. salim Says:

    kasihan guru honorer, di kerjain sama upil…UpIL… hehe…..

  34. awan sundiawan Says:

    @somad: silakan jelaskan persyaratan tambahan khusus yang ada di UPI, agar peserta PLPG 2012 menjadi tahu, hehehehe
    @salim: memang dikerjainnya seperti apa? hehehe

  35. Hisyam Fany A R Says:

    Untuk guru honorer naungan Kemenag, mayoritas TIDAK LULUS. Semoga tidak ada “sentimen” antar instansi…. We Are Proffesional…

  36. panji Says:

    Ternyata mau jadi guru professional berat ya?????…………….mau jadi guru atau cari pekerjaan….karena sudah tidak dapat pekerjaan yang lain!!!!……moga Image guru masa depan tidak seperti masa lalu…..ayo maju terus UPI perbaiki pendidikan Indonesia….terutama Jabar yang sudah bobrok!!!!

  37. Honorer Says:

    PLPG Lebih banyak manfaat dibanding portofolio…..
    Selain nambah ilmu dari dosen penyaji materi bisa membandingkan cara kita mendidik dengan guru yang lain.
    Semua itu ada hikmahnya.

  38. awan sundiawan Says:

    @Hisyam Fany A R : ya, harus tetap semangat pagi untuk terus meningkatkan kualitasnya agar kompetensinya juga meningkat, kesempatan masih lebar.
    @panji :Terima kasih atas dukungannya, semoga guru masa depan dapat menciptakan pendidikan yang lebih baik bagi anak bangsa
    @Honorer: Terima kasih atas berbagi pengalaman baiknya selama PLPG, semoga hal ini dapat diapresiasi juga oleh peserta PLPG yang lainnya.

  39. Dien Says:

    Ya…Alloh ….. beri balasan yang setimpal….bagi petugas seritifikasi 2011 yang mendzolimi kami…… amin

  40. murkaku pada mu Says:

    1000 X amin Bu Dien……. semoga allah memasukan kita ke dalam orang2 yang sabar….. sy yakin suatu hari nanti orang2 seperti itu akan mendapat kesusahan yang lebih dari kita, karena jangji allah itu benar, allh maha adil bu…..

  41. somad Says:

    ari maneh boga pikiran te ,? gs maot sapotong apa ?…. panas….panas..

  42. SUMI Says:

    UPI……. ARI MANEH GES CAGER ACAN ?…….. HAYU URANG UBARAN ATUH ARI GERINGMAH ULAH CICNG BAE….. ONTONG DI TURUTKEN WAE…… SING KATULAH.

  43. JUJUN Says:

    LAPORKAN….LAPORKAN…..LAPORKAN…….LAPORKAN…..

  44. JUJUN Says:

    @panji. Bobrok naona kang jawa barateh ?, hayang jadi guru honor? Lulusan UPI lain maneh? tolak ah lulusan upimah….

  45. JUJUN Says:

    @H.Fani AR, penomena seperti ini seperti air dan oli, seperti kebaikan dan keburukan, tak pernah bisa bersatu sampai kiamatpun,semoga menjadi berkah adanya. guru honorer kemenag maju terus.

  46. awan sundiawan Says:

    @all: semoga dari kejadian/peristiwa yang telah menimpa dapat dijaikan pembelajaran, hikmah untuk menjadi orang yang baik, dan tidak terpuruk terus dengan sebagian kecil peristiwa, Allah SWT selalu memberikan jalan yang terbaik baik, kita, pecayalah Allah SWT telah mengatur semua urusan manusia.

  47. bolkuntel Says:

    terus keng edi ruhendi, perjuangkan aspirasi teman-teman yang tak lulus, maju terus pantang mundur, jangan takut ama upi, doa orang yang terdolimi akan terkabul

  48. awan sundiawan Says:

    @bolkuntel: semoga kita dapat mengambil hikmahnya.

  49. Pahlawan tanpa tanda jasa yg teraniya UPI.. Says:

    Panitia UPI Otoriter, Aturan dibuat semau sendiri..sy sudah Kroscek ke Rayon lain..Kebanyakan yg ga lulus ijazah S1 diatas 2005..Coz aturan UPI yg lulus ijazah dibawah tahun 2005, bukan berdasarkan TMT..sedangkan rayon lain berdasarkan TMT..Sok pinter UPI, bnyk peserta guru dari Depag pada d buat nangis karena d bentak2 oleh oknum panitia y..peserta d suruh pulang dari hari pertama PLPG..padahal keputusan peserta da di pusat bukan UPI..Bubarkan PANitia UPI, ganti dengan yg lebih kompeten…

  50. awan sundiawan Says:

    @Pahlawan tanpa tanda jasa yg teraniya UPI.: semoga dapat kita ambil hikmahnya, kalau tidak salah kriteria guru SMA minimal S1, jadi bagi peserta PLPG guru SMA harus sudah ngajar 2005 atau sebelumnya dengan gelar S1 kependidikan atau memiliki Akta IV (mohon di cek lagi pada UUD guru dan dosen untuk kriteria guru SLTA), mohon sabar Pa, rejeki kita sudah ada yang ngatur.

  51. nursaman Says:

    pak… ko yang tidak lulus administrasi, setelah pengumpulan data kembali, akhirnya di remedial juga ci……? nanti nilainya di kemanain ? mungkin kalau yang tidak lulus itu karna nilainya kurang di remedial kembalai, masuk akal.

  52. awan sundiawan Says:

    @nursaman: Bapak sudah konfirmasi ke UPI? masalah itu saja juga tidak tahu, hehehe. Semoga kejadian yang tidak lulus tidak terjadi lagi pada PLPG selanjutnya.

  53. nursaman Says:

    WAN… KALU ANE BELUM KOMPIRMASI KE UPI MANA MUNGKIN ANE NANYA BEGITU HE.HE… GIMANA CI.. ENTE…. SEBENARNYA ENTE TAHU GA?!…

  54. SOMAD Says:

    BENAR PAK SAMAN, PANITIA UPI DIMANA LOGIKANYA ITU?…. KO KURANG ADM, UJUNG2NYA REMEDIAL PADAHAL PELENGKAPAN BERKAS SUDAH BERES KATANYA ? SEMAKIN EROR AJ DIE HA….HA…HA…. NANATI NILAINYA DI KANTONGIN KALI SAMA PANITIA HI…HI…HI…

  55. ADE IRAWAN S.Ip Says:

    kasihan guru honorer jawa barat yang plpgnya di rayon 110, mereka jadi bulan-bulanan panitia, dengan adanya peraturan2 yang ga jelas sungguh benar sangat Ga jelas itu saya bisa menjamin untuk tahun ini. padahal bisa saja hal ini di laporkan ke pihak yang berwajib, karna menrupakan ketidak adilan.
    bersabarlah….. karna hukum karma itu PASTI berlaku dalam dunia ini….. TERUS BERJUANG GURU HONORER……

  56. SUKRON Says:

    pak emang benar, katanya brkas peserta plpg di upi yang tahun ini kebocoran?. makanya ada pengumpulan berkas kembali. jika memang benar bertapa cerobohnya panitia pak. buat malu pihak upi sja

  57. gayus? Says:

    ssss….t hati-hati ada penyelewengan…..???!!!

  58. irma Says:

    maksudnya apa pak gayus ? tolong kami kasih tahu dong…

  59. bayu Says:

    enak aja pak. AWAN SUNDIYAWAN? berkata “rizki itu sudah ada yang ngatur” yang kami maksud permasalahan ini bagaimana bisa begini?, semakin eror aj , masalah rizkimah jangan ikut campur ente, ane sudah tahu sejak dulu…. hi…hi…

  60. condeh Says:

    di anggap apa guru nih….. sama upi, kasihan sekali mereka…. panitianya jelas sudah tidak benar nih….. banyak guru yang setres mengahadapi semua ini…..

  61. awan sundiawan Says:

    @nursaman: untuk masalah kelulusan saya tidak tahu, karena yang mengetahuinya UPI, ada beberapa peserta yang tidak lulus melalui Dinas Pendidikan masing2 mengonfirmasi ke UPI.
    @SOMAD: terima kasih atas informasinya Pa.
    @ADE IRAWAN S.Ip: mohon dijelaskan aturan yang gak jelas/yang buat2 oleh UPI, hehehe
    @SUKRON: oh begitu, saya tidak tahu hal itu karena saya bukan orang UPI, semoga PLPG tahun 2012 tidak terjadi seperti pada tahun2 sebelumnya.
    @bayu: hehehe, terima kasih kalau sudah tahu Pa, hehehehe. Permasalahan di atas itu saya juga tidak tahu, karena saya bukan orang UPI.
    @condeh: menurut saya tidak semua guru tidak dianggap Pa, mohon bersabar, dan pasti ada jalan keluarnya.

  62. amanda Says:

    masalah plpg di rayon 110 ini, patut di curigai temen-temen….. sepertinya ada keperluan pihak lain ?..

  63. SUSILO Says:

    dengan permasalahan seperti ini kira2 apa yang di cari pihak upi ya.?
    MMMMM….SY RASA PANITIA UPI JUGA TIDAK BISA MENJAWABNYA TUH…..

  64. darso Says:

    PANITIA RAYON 110 YANG ANEH TAPI NYATA ….
    Dialog seru…..
    sy : 1. “pak kenapa ada aturan yang baru di upi masalah plpg 2011″
    PANITIA : “sudah aturan pemerintah seperti itu
    sy : aturan yang mana pak?!!!!!
    PANITIA : (kikuk dia ga bisa menjawab dan bingung)
    sy : 2. pak kenapa ko ADM sudah di lengkapi nilai sY lulus akhirnya remedial jg, kan ga nyambung pak?
    PANITIA : jawaban NOL besar
    POKONYA BANYAK LAGI KEANEHAN YANG SY TEMUKAN DI PANITIA INI….
    YANG SYA SANGAT HERANKAN “KENAPA DIA GA MALU YA… APA SUDAH GA TAHU MALU…. KATANYA (UPI) univesitas pendidikan ILOK AH

  65. darso Says:

    UPI kamu harus buktikan bahwa kamu itu Universitas Pendidikan. karena saat ini kami rasa kamu itu seperti Preman kecil yang sembunyi di balik aturan ga jelas…..

  66. SAJILI Says:

    PAN RAYON 110 ULAH SOK GEDE HULU AH SOK KATULAH…

  67. ds Says:

    mari kita galakan budaya malu…….

  68. sarmud Says:

    panitia rayon 110 upi pendidkannya apaan sih…… ko banyak sekali kekeliruan dalam plpg ini.

  69. Mr.? Says:

    benar pak @sarmud: banyak sekali kedustaan dan kekeliruan di panitia 110 ini.

  70. Mr.? Says:

    sangat memperihatinkan panitia 110, untuk tahun depan mungkin lebih baik mengundurkan diri saja dari rayon sertifikasi guru, karna banyak yang lain juga yang tentunya mampu dalam hal ini

  71. PRD Says:

    @Mr?. satuju….. lebih baik begitu karna sudah tidak di percaya lagi jadi rayon.

  72. ojan Says:

    URUSANTEH….. KAOS BUDAK LETIKNYA…. DI UPI MAH….

  73. Fikri Says:

    kang saya mau tanya, kamrin tante saya ikut plpg rayon upi bandung sudah liat di link yang akang sebut, tapi koq belum ada hasilnya, gmna itu kang, tante saya peserta asal riau

  74. awan sundiawan Says:

    @BUWANG S : coba [ilih Prov+Kabupaten+Dinas Pendidkan/kemendag, kemudian tuliskan nama lengkapnya, semoga berhasil menemukan.
    @All: semoga dengan kejadian tersebut dapat diambil hikmahnya.

  75. fikri Says:

    Dmana pilahan prov+kab/kotanya,
    koq tdak ada ya,

  76. awan sundiawan Says:

    @fikri: maaf, maksud saya, pilih instansi dan daerah, dan kalau tidak salah untuk daerah Riau tidak tercantum, silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat, karena Rayon UPI khusus untuk daerah Jabar, kalaupun ada dari luar itu hanya “titipan” dari LPTK dari Riau atau silakan cek di Rayon LPTK Riau.

  77. Dasmiati Says:

    pak gimna cara melihat kelulusan yang berasal dari sumatera barat.,.,.
    saya Ibuk Dasmiati.,.berasal dari SMA N 1 2×11 Enam lingkung/.,,.,
    kemarin saya ikut di upi bandung.,.

  78. Sadikin Says:

    ass..kang salam kenal kang,,kang kalo yang lulus plpg ngambil izasahnya dmn?dan info tunjangannya bs sya dapatkan dmn?

  79. bolkuntel Says:

    kang kapan yah pembagian sertifikat dari upi

  80. gilang Says:

    PLPG menyebabkan rumah tangga saya hancur….istri saya didekati peserta lain yang berinisial “YYP” salah seorang guru SBK di sekolah Islam terkenal di KP bekasi…”Cinta Lokasi”…berlanjut…saya tidak terima…orang mau nambah ilmu koq malah nambah dosa…gimana ni yang berwenang…..PLPG malah menimbulkan masalah karena lamanya mereka bersinggungan…adakah cara lain yang aman bagi rumah tangga??coba analisa kembali…saya yakin bukan hanya rumah tangga saya yang jadi korban…

  81. dadan Says:

    nice inpoh gan… valid nian…

  82. awan sundiawan Says:

    @Dasmiati: Ibu dapat menguhungi Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat (maaf saya telat jawab)
    @Sadikin : pengambilan ijazah dapat ditanyakan ke Dinas Pendidikan kab/kota masing2
    @bolkuntel : mudah2an bulan Mei sudah dapat dibagikan
    @gilang: maaf itu urusan pribadi bukan tidak berkaitan dengan urusan kedinasan/PLPG, hehehe
    @dadan: terima kasih atas kunjungannya.

  83. Bravo Says:

    Jadwal plpg 2012 rayon110 upi kenapa tidak bisa di akses di internet? info di websitenya semuanya berita lama.. PSG rayon lain dapat di akses……..

  84. awan sundiawan Says:

    @Bravo: ya betul sekali rayon UPI Bandung belum mempublish daftar, jadwal, dan tempat PLPG, saya juga sedang menunggunya.

  85. Sri Nasty Says:

    Saya peserta PLPG kuota 2012 dari Blora Jateng. Kompetensi Keahlian Teknik Survey & Pemetaan. Sebelumnya saya ditempatkan di UNES, Tapi data terbaru untuk kompetensi saya TSP, saya ditempatkan di UPI. Rayon UPI belum ada tanda2 publish data2 PLPG 2012. Kumaha iyeu Kang…..Trims. Diantos pisan…

  86. awan sundiawan Says:

    @Sri Nasty: sepertinya begitu, untuk guru SMP, SMA, SMK upi belum mempublikasikannya, saya juga sedang menunggunya.

  87. Sri Nasty Says:

    Kang Awan, jadual peserta PLPG Rayon 110 UPI 2012 utk SMK dah ada kabar….? Teman saya guru SMA Kuningan kok sdh ditempatkan di UNSIL…? Trims Kang

  88. awan sundiawan Says:

    @Sri Nasty: untuk jadwal dan tempat pelaksanaan PLPG belum saya dapatkan, tapi untuk LPTKnya dapat dilihat di sini http://awan965.wordpress.com/2012/05/17/pemanggilan-peserta-plpg-guru-tk-dan-sd-kabupaten-kuningan-tahun-2012/, semoga bermanfaat

  89. Sri Nasty Says:

    Trims Kang Awan, kalau sdh ada info jadwal & tempat tlg dipublish ya Kang

  90. Nanang Says:

    untuk sementara peserta PLPG rayon UPI tidak bisa di akses di internet silakan tanyakan ke dinas masing-masing, untuk tahap 2 daftarnya sudah ada.

  91. awan sundiawan Says:

    @Nanang: trims atas informasinya

  92. tia Says:

    Untuk jadwal PLPG Rayon UPI sudah ada? Saya blum mndpatkan dari info dan panggilan dari dinas, makash

  93. tia Says:

    Untuk jadwal PLPG Rayon UPI (SMK) sudah ada? Saya blum mndpatkan dari info dan panggilan dari dinas, makash

  94. nurul Says:

    Aslam…. kang mau tanya. bagaimana kabar kelanjutan peserta plpg upi banndung 2011 yang tidak lulus? kami sllu menggu kabarnya… mhon kejelasanya kang … tks

  95. awan sundiawan Says:

    Untuk jadwal dan info yang tidak lulus PLPG silakan menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota masing2 semoga berhasil mendapatkan infonya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.650 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: