Peserta PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2012 Harus Lulus Uji Kompetensi Awal

Pola mengikuti PLPG untuk tahun 2012 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perbedaanya pada perekrutan. (Mulai) Tahun 2012 setiap guru harus yang akan mengikuti PLPG sertifikasi guru harus mengikuti ujian komptensi awal secara on-line. Apabila lulus maka berhak untuk mengikuti PLPG, jika tidak lulus maka menunggu kesempatan tahun berikutnya.

Secara ringkas untuk sertifikasi guru (mulai) tahun 2012 sebegai berikut.
a. Pola PSPL
1) S-2 atau S-3 dan golongan IV/b
2) S-3

b. Portofolio
1) Penyusunan Portofolio
2) Jika memenuhi syarat kelulusan mendapat Sertifikasi Pendidik
3) Jika tidak memenuhi syarat kelulusan maka mengikuti PLPG

c. PLPG
1) Mengikuti Uji Kompetensi Awal
2) Jika tidak lulus Uji Komptensi Awal maka tidak bisa mengikuti PLPG untuk tahun ini.
3) Jika lulus Uji Kompentei Awal mengikuti PLPG dan mengikuti Uji Komptensi Akhir
4) Jika tidak lulus Uji Komptensi Akhir, maka mengulang satu kali untuk mengikuti Uji Kompetensi Akhir.
5) Jika Lulus Uji Komptensi Akhir maka berhak mendapat Sertifikasi Pendidik.

Apakah pola sertifikasi guru semakin dipersulit?

Bagi yang merasa dipersulit mungkin jawabannya “Iya semakin dipersulit saja”, bagi yang pola pikirnya untuk meminkatkan kompetensi sebagai guru yang profesional mungkin jawabannya “Tidak juga, karena hal terserbut sebagai ujian untuk meningkatkan kompetensi”, dan bagi yang meyakini kepada-Nya, bahwa manusia pasti dan akan selalu diuji sesuai dengan kemampuannya.

Semoga para guru yang belum atau akan disertifikasi pada tahun 2012, dapat mempersiapkan diri mulai sekarang agar dapar menempuh dan menyelesaikan “semua ujian” yang akan dihadapi.

Tetap semangat untuk para guru yang akan atau belum juga yang sudah mendapatkan sertifikasi untuk terus meningkatkan kompetensinya, semoga menjadi keberkahan, amin.

About these ads

132 Tanggapan to “Peserta PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2012 Harus Lulus Uji Kompetensi Awal”

  1. Yosep Setiawan Says:

    Semoga semakin berkualitas dan ikhlas

  2. mohamad och Says:

    bagaimana dengan guru yang belum bisa membuka internet,kan makin kesulitan ikut ujian awal sistem on line

  3. diana ariani Says:

    Mohon info lebih lanjut mengenai gambaran tes yang akan kami hadapi, supaya persiapan dari sekarang, maklum waktunya mepet.

  4. Rohadi,S.Pd.I Says:

    Sangat setuju dengan sistem yang tersebut di atas karena salah satu ciri guru profesional setidaknya paham IT, saya sebagai guru muda menyambut baik hal tersebut ketimbang ngumpulin portofolio yang nyatanya banyak dirakayasa mudah2an tujuan pemerintah meningkatkan kualitas penddikan terwujud melalui guru yg profesional dan bermartabat

  5. Budi Rubayanti Says:

    Setuju. Kalo secara online, pastinya kita dituntut untuk paham IT dan guru jangan sampe gaptek…

  6. awan sundiawan Says:

    @Yosep Setiawan: amin, terima kasih atas dukungannya
    @mohamad och: mulai sekarang silakan untuk belajar membuka internet, agar ketika waktunya dapat berjalan dengan lancar
    @diana ariani: materinya silakan pelajari KTI, PTK, profesional guru, pendalaman materi mata pelajaran yang diampu, metodologi pembelajaran, dan materi pemecahan masalah kasuistis pembelajaran
    @Pak Rohadi, S.Pd.I: terima kasih atas dukungannya, betul sekali semakin ke sini seleksi guru yang sertitifikasi akan semakin ketat
    @Budi Rubauanti: ya seperti itu
    @Pariyospd: amin

  7. dea Says:

    kok guru masa kerja dibawah 5 tahun bisa ikut plpg seperti guru masa kerja diatas 2 tahun

  8. dea Says:

    ralat guru masa kerja dibawah 5 tahun bisa ikut plpg seperti guru dengan masa kera 20 tahun

  9. jhon warjono Says:

    Pak…kalau tdk lulus plpg 2011 apa bisa ikut sertifikasi 2012….trim,s

  10. awan sundiawan Says:

    @Dea: yang ikut PLPG masa kerjanya minimal 6 tahun pada 31 Desember 2011, bisa jadi kasus tersebut PNS-nya guru baru 2 tahun tapi dia punya SK guru bantu.
    @Jhon: jika tidak lulus 2011 mudah2an 2012 bisa ikut lagi, hehehe

  11. agung Says:

    tolong brikan contoh soal seleksi plpg

  12. chairul Says:

    Pak Awan, apadasarnya bapak menyebutkan perhitungan 6 tahun sebagai syarat sertifikasi guru dihitung sampai dengan 31 desember 2011. soalnya saya tmt 01 januari 2005, apakah dengan tmt saya tersebutsekarangini memenuhi syarat untuk ikut sergu tahun 2011.

  13. mohamad ochud Says:

    KIRA-KIRA BAGAIMANA TEKNIS PELAJKSANAAN UJI AWAL SISTEM ON LINE ITU? TRIM,BIAR KAMI PUNYA GAMBARAN,KRN HAL INI SANGAT BARU BAGI YANG AWAM INTERNET.

  14. saif asr Says:

    mestinya sejak awal begitu, yg pertama harus berskur g sulit tp ttp wajib belajar terus

  15. ivan kurniawan Says:

    hmmm…bban guru sdah bnyak,pmerintah ingin mbantu tp dgn cara mnambah bban baru tlbih dhulu,kl bliau2x bs lulus bgus tp kl tdk??ksihan para guru itu…bs stress++!(keikhlasannya sm skli tdk dihrgai)

  16. awan sundiawan Says:

    @Agung: bahan2nya PTK, KTI, Motodologi Pembelajaran, dan studi kasus mungkin tidk jauh dari itu.
    @Chairul: untuk tahun 2012 diambil berdasarkan usia itu kriteria utama, apabila ada yang masih tua dari kita, maka dia yang didahulukan.
    @mohamad: saya juga belum tahu persis, hanya pengalaman tes online, ya mengerjakan soalnya melalui komputer, setiap peserta akan diberi username+passwod, nanti soalnya akan muncul sendiri secara acak dan waktunya sudah ditentukan.
    @saif: ya saya setuju
    @ivan: ya kita juga harus iklas untuk terus meningkatkan kompetensi sebagai guru agar ada perubahan yang lebih baik.

  17. Kuswara Says:

    setuju, dengan uji kompetensi melelui online ….yang masih muda harus lebih update dengan IT.

  18. awan sundiawan Says:

    @Kuswara: terima kasih atas dukungannya, dan semoga yang lebih muda bisa lebih meningkatkan kompetensinya.

  19. noer saman, bks Says:

    mau bagaimanapun caranya sistem plpg itu tidak ada masalh bagi yang tua maupun yang muda, karena bisa di atasi dgan belajr………
    MENURUT ANALISIS SYA……… BEGINI COY…
    yang menjadi permasalahn serius adalah setelahnya, karna banyak guru meliiiiid en males….. yang tidak menutup kemungkinan guru PNS en PLPG jg jd contoh bagi guru HONORER untuk berbuat itu yang ngajar hnya memberikan LKS kepada siswa yang selanjutnya ngobrol en ngopi… di rung kantor masa bodoh… anak mau jadi apa nanti…….. mau jadi apa negri ini, jadi jaln keluarnya harus ada pemantauan yang ketat dari pihak pemerintah untuk mengatasinya, karena “SEPROPESIONAL DAN SEPINTAR ENSTEINPUN HASILNYA AKAN NOL JIKA GURU MENGIDAP PENYAKIT MELI………..D. WALAUPUN UANG TUNJANGAN DAN TRANFORT BANYAK.
    propesional itu waktu PLPG, itu jg cuma sekali waktu mikro teacink. selanjutnya kebali seperti smula. jd intinya harus ada pengawasan dari pihak terkait tapi hati2 jagn sama temen gayus yang menjadi tim pengawasnya, malah nambah penyakit lagi bagi negri ini
    inti ke dua . menurut sya guru propesional adalah guru yang bisa mencerdaskan muridnya dengan jalan apapun yang mengarah ke hal2 yang positif. dan jauh dari ke malasan en kemelidan walaupun dia itu belum PNS at PLPG, bagi sya jika guru yang memiliki ke 2 tipe trsbt adalah guru yang propesional bangat…… “PLPG en PNS bukan jaminan bahwa ia adalah guru propesinal pak……. TOLONG PIKIRKAN,
    /DULU OEMAR BAKRI MENGAJAR TAMPA IT, TAPI SISWANYA BANYAK YANG MNJADI MENTRI, BERARTI IT BUKAN MENJADI SYART UNTUK MENJADI PROPESOINAL. ini pendapat loh……TKS…

  20. awan sundiawan Says:

    @Noer Saman: terima kasih atas penjelasannya, semoga semua guru baik PNS atau bukan PNS baik yang belum disertifikasi dan yang sudah disertifikasi memiliki kemampuan untuk meningkatkan kompetensinya dengan baik.

  21. manahan Says:

    Setuju dengan pandangan noer saman, sebab dalam pandangan saya yang pernah mengikuti PLPG 2011 dan TIDAK LULUS, jelas tahu sekali mana peserta PLPG yang SAMA SEKALI TIDAK BISA IT tapi mereka bisa LULUS, membuat PTK, perangkat mengajar saja dengan tulisan tangan karena tidak bisa mengoperasionalkan IT, artinya IT bukan segalanya, saya suadh tidak muda lagi, sya bisa mengoperasionalkan IT walaupun minimal dan saya TIDAK LULUS, janganlah mengukur keprofesionalan dengan hal hal yang di lapangan masih banyak yang belum sepadan, bisa jadi LPTK penyelenggara PLPG juga perlu diukur keprofesionalannya

  22. supardi Says:

    sistem uji kompetensi hanya akan memperburuk kualitas pendidikan nasional indonenesia yang muda ,berambisi tapi tapi tidak rajin dia akan melenggang lulus uji kompetensi karena ingatannyamasih segar sementara yang yg sudah 50 tahun keatas tinggal menunggu pensiun harus bertatih tatih meninti jembatan lulus sertifikasi padah pp jelas no.14 tahun 1978 mengamanatkan pelatihan ,pembinaan dulu baru di uji, permainan apa lagi bung? buat pendidikan ambruk..
    apakah menjamin dengan uji kompetensi seseorang menjadi profesional ?Hanya dedikasi ,pengabdian yang tinggi,serta (Pinter ,bener dan mau bekerja keras membuat pendidikan ini maju ?

  23. sanna ida hanani Says:

    saya skarang masi kuliah smstr 7, yg insya allah lulusnya akhir 2012.tmtny 1 januari 2005.kira2.bisa ga sih ikut setifikasi th 2013?

  24. Nyun Says:

    Assalamu’alaikum, ikutan nimbrung ahh, …. sekalian nanya nih mas….. jadwal pelaksanaan uji kompetensinya kapan mas……. ??????????????????????

  25. awan sundiawan Says:

    @manahan: terima kasih Pak atas pengalamannya, yang saya tahu peserta yang tidak lulus kebanyakan dari ujian tulis dan sebagian kecil dari praktik mengajar, jadi tidak berkaitan dengan bisa atau tidak menggunakan IT untuk lulus/tidak lulus.
    @supardi: semoga kekhawatiran Bapak tidak terjadi, karena yang saya alami uji kompetrensi itu bukan hapalan tapi pengalaman sewaktu mengajar, soalnya studi kasus.
    @sanna: semoga bisa ikut.
    @Nyun: www. silakan tunggu sampai Januari dan sering2 buka web sertifikasi guru.

  26. rika Says:

    apakah peserta plpg dikenai biaya? berapa?

  27. evy Says:

    kapan penetapan sergur 2012?kenapa belum ada panggilan dr dinas ke sekolah?tolong diinformasikan . setahu sy jadwal bulan desember mengurus berkas. terima kasih

  28. awan sundiawan Says:

    @Rika: untuk yang mengikuti PLPG setahu saya hanya biaya perjalanan saja
    @evy: silakan berkoordinasi dengan dinas pendidikan kab/kota/ atau kemendag setempat atau lihat alamat ini http://awan965.wordpress.com/2011/12/10/calon-peserta-sertifikasi-gguru-tahun-2012-bedasarkan-usia/, semoga bermanfaat

  29. rika Says:

    apakah daftar calon peserta plpg dari kemenag sudah ada? bisa di lihat dimana?

  30. luluk juliati Says:

    berarti uij kompetensi awal saama dengan materi plpg, padahal kita belum mendapatkan materi plpg !
    Pak………..kita udah usia sdh setengah abad kalau membaca biasanya lupa,, kalau memang ada uji kompetensi awal yang tua jelas kalah dong!
    utnuk kuata 2012 untuk rayon kabuapaten jombang berapa pak?
    Sebetulnya saya setuju dengan adanya uji kompetensi untuk memasuki gerbang plpg, agar yang lulus sertifikasi betul2 profesional dalam menjalankan tugasnya dan mencerminkan seorang profesioanl yang sungguh!!!!!

  31. luluk juliati Says:

    beri informasi uji kompetensi 2012

  32. awan sundiawan Says:

    @rika: sudah ada, hanya saya tidak tahu alamatnya, silakan konfirmasi kepada Kemendag setempat
    @luluk: materi uji kompotensi belum tentu sama, biasa uji kompotensi berupa soal studi kasus dari pengalaman di lapangan (mengajar) jadi yang tua/lebih lama mengajar akan banyak pengalaman.

  33. Soleh Says:

    pak awan,,apakah pelaksanaan tes awal menggunakan sistem gelombang??
    setelah lulus tes awal kapan pelaksanaan plpg??

  34. yanti Says:

    tes awal dilaksanakan dimana pak awan???
    apakah soal yg diujikan untuk seluruh Indonesia sama pak??

  35. iahetyrochayati Says:

    tolong berikan kouta tiap jenjang pendidikannya!

  36. awan sundiawan Says:

    @Soleh: Mohon tunggu informasinya dari Dinas Pendidikan setempat atau silakan Bapak hubungi bagian kepegawaian di Dinas Pendidikan Kab/Kota.
    @Yanti: sepertinya akan dilaksanakan serempak se-Indonesia jika tes-nya on-line.
    @iahetyrochayati: untuk kuota silakan hubungi kepegawaian Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

  37. abdul qodir assegaf Says:

    info yg kami terima, bahwa ujian awal tdk secara on-line, tapi manual serentak secara nasional pada tgl,28 januari 2012.. materi yg blm diketahui dan kami masih bingung..apakah materinya berbeda/ sesuai dengan mapelnya (utk SMP,SMA ) atau sama semua?…mohon penjelasan. terima kasih!

  38. fairudiah Says:

    kalau pengangkatan 2006 kelahiran 1977 dan punya sk honor satu tahun yang ditanda tangani oleh Kakanwil depag Prov tapi saya lulus nya di dinas pendidikan,itu gmn pak??..mohon jawaban nya…terimakasi

  39. awan sundiawan Says:

    @pa Abdul Qodikr: terima kasih informasinya, sepertinya materinya sama mengenai keguruan.
    @fairudiah: Silakan koordinasi dengan kemendag dan dinas pendidikan kab/kota setempat.

  40. timbul Says:

    kalau uji kompetensi dari internet bisa jadi yang pintar disuruh ujian..kan penipuan juga

  41. syafriani Says:

    kalau pada tes awal tahun 2012 gagal apa bisa ikut pada tahun 2013 dengan mapel yang berbeda pak?
    mohon unfonya

  42. eniherlina Says:

    Mohon berikan soalnya seperti apa? kalau sistem on line,bagaimana yang dipedesaan?

  43. awan sundiawan Says:

    @timbul+@syafriani+eniherlina: informasi lebih jelasnya silakan hubungi bagian kepegawaian di Dinas Pendidikan Kab/Kota masing2. Normalnya jika tidak lulus 2012 ada kesempatan 2013. Sepertinya untuk ujian online akan dilaksanakan di ibukota kab/kota masing2 tentunya dengan penjelasan terlebih dahulu, namun ada info tesnya secara offline memakai lembar jawab kertas biasa.

  44. heri Says:

    Metri Uji Kompetensi meliputi apa saja Pak? Apa mencakup 4 kompetensi guru ya? Makasih sebelumnya, atas info yang Bapak sampaikan,.

  45. awan sundiawan Says:

    @Heri: semoga dapat ikut lagi pada kuota tahun berikutnya, untuk lebih jelasnya silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

  46. MAIYULASTRI Says:

    Semoga say bisa lulus dalam uji kompetensi awal

  47. awan sundiawan Says:

    @Maiyulastri: sip tetap semangat semoga lulus

  48. Sediaro Zendrato, SPd. Says:

    Syukurlah, Mendiknas terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan peningkatan kompetensi guru melalui jalur sertifikasi secara bertahap. Saya sangat setuju metode pentahapan bagi guru yang dipanggil sertifikasi. Ujian tertulis sebelum mengikuti PLPG adalah salah satu motifasi bagi guru untuk belajar dan belajar meningkatkan kompetensinya di bidang administrasi (program) begitu juga di bidang proses pembelajaran dan penilaian. Pasti ini penekanan materi tes nantnya di samping kompetensi kepribadian dan sosial. Selamat bagi guru mengalahkan tantangan yang bermartabat dan bersifat edukasi. Hidup Indonesiaku. Hidup Guruku.

  49. ainur Says:

    Semoga kita semua diberi kemudahan dan kelapngan oleh Allah SWT shg dpt lulus sertifikasi………….. amin

  50. Yeni Mulyani Says:

    Dengan adanya uji kompetensi guru, mudah2an pendidikan semakin eksis dan para pendidik lebih bermartabat dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Saya sangat setuju dengan uji kompetensi sistem online karena akan memacu para guru yang belum paham IT untuk belajar meningkatkan kemampuannya, sehingga guru tidak gaptek lagi.

  51. awan sundiawan Says:

    @Sediaro Zendrato, SPd: terima kasih atas dukungannya
    @ainur: amin
    @Yeni: terima kasih atas dukungannya

  52. baym.alli jon Says:

    saya kira cara seperti itu adil rasanya, sebab selama ini yang lansung plpg banyak belas kasihan atau sogok menyogok antara peserta dan panitia.. maka dengan adanya tes kometensi disitu akan dilihat guru yang betul-betul berkualitas untuk mengajar peserta didik, yang penting yang melakukan tes orang pusat lansung…… brafo guru ……………… majulah pendidikan indonesia…agar tercipta SDM yang berkualitas dan tidak korup.

  53. Awan Says:

    @baym.alli jon: trims atas dukungannya semoga berjalan dengan lancar

  54. ADRIANSON YAYAN,S.Pd. Says:

    Belajar wajib bagi seorang guru…. salah satunya belajar IT untuk meningkatkan kompetensi walaupun bukan segalanya….Uji komptensi bagus ….untuk lebih baik….jangan salahkan siapa-siapa kalau kita ketinggalan sglanya karena tidak mau belajar….mulai skrang siapkan …sglalanya untuk sertifikasi 2102…jangan lengah teman-teman guru…belajar…dan belajar…terussssssssssssssss…….tangkap kesempatan ini….Pak Awan..maksih atas informasinya…….Allah memberkahi kita……..

  55. awan sundiawan Says:

    @ADRIANSON YAYAN,S.Pd.: Terima kasih atas dukungannya Pak, semoga dunia pendidikan lenih maju.

  56. Kang Dazzaryy Says:

    Pada dasarnya saya setuju dgan adanya tes kompetensi….tapi yg menjadi pertanyaan apakah yg lulus uji kompetensi dijamin menjadi fropesional? Bukan tes tertulis yg menjadi ukuran seorang guru bisa fropesional
    untuk lulus banyak cara,, belajar dg sungguh2 pasti bisa,,tapi untuk fropesional itu sulit.. memerlukan latihan mental.
    mudah2an tidak ada kecemburuan sosial bagi peserta yg akan sertifikasi melalui PLPG yg dibebani dg perasaan lulus dan tidak lulus dg yg sudah menikmati sertifikasi Melalui Fortopolio dg tidak ada perasaan harap-harap cemas.
    mudah2an cara yang diambil oleh pemegang kebijakan tidak akan semakin jauh dari tujuan UU yakni jadi guru froesional..

  57. Nonik Says:

    Alhamdulillah, bisa ikutan nimbrung. Tambah paham seputar sergur n pernak-perniknya plus pelik2nya (mohon diralat jika salah). Kepentingan saya di sini, pertama, usul bahwasannya dalam rangka meningkatkan keprofesionalan guru, alangkah bijaksananya jika para guru yang sudah mengantongi sertifikat pendidik, tetap ada pengawasan lewat tindakan selanjutnya, misal, uji kompetensi keprofesionalan kembali. Dengan begitu makna keprofesionalan tetap berkelanjutan. Tidak terhenti pada satu moment saja. Saya setuju dengan beberapa kawan di atas bahwa ada banyak ketimpangan, keironisan, tentang guru yang menurut pengakuan pemerintah sudah “profesional” tapi kenyataan di lapangan masih “membingungkan”, hehehe…!! Hati-hati, wali murid sekarang ini semakin pintar n makin vokal. Kedua, apapun program pemerintah asal dalam rangka peningkatan SDM, saya dukung, selalu optimis saja insyaallah berbuah manis dan ikhlas. Ketiga, saya mohon doa dari teman-teman semoga bisa lancar, ikhlas, dan makin dapat ilmu bermanfaat. AMIN.

  58. novida ayu subiandari, SE Says:

    untuk uji kompetensi awal…..apa saja bahan2 + alat_alat yg harus kita bawa pada saat tes????? trima kasih…………

  59. Daryono Says:

    Sertifikasi dengan didahului tes awal saya setuju saja, tapi juga dipikirkan bagaimana yang usia diatas 50 tahun bukan S1 yang belum pernah buka internet atau komputer terutama ibu-ibu guru ,apa kira kira bisa, kalau usul saya si tes online nanti saja bila guru yg usianya diatas 50 th dan blum S1 sudah sertifikasi semua, kasihan nenek nenek belajar komputer sama cucungnya, gak bisa bisa hanya ingin sertifikasi,

  60. sayi hatiningsih Says:

    assalamualaikum….apakah saya bisa tau kisi-kisi uji kompetensi yang diujikan besok ?? ibu saya seorang guru SD..

  61. wayan bagus Says:

    Saya setuju saja dengan adanya uji kompetensi awal supaya yang lulus betul-betul propesional tapi asal jangan dalam pelulusannya ada kong kalikong antara peserta dan pihak pengelola………….! Perekrutannya harus betul-betul berdasarkan hasil uji kompetensi yag sebenarnya dan tidak dibuat-buat trimakasih. Semoga aja semua peserta lulus agar guru di Indonesia sejahtra semuanya. Amin!

  62. jentry Says:

    pak kasih kisi-kisi dong….

  63. awan sundiawan Says:

    @Kang Dazzaryy: semoga yang masuk kuota PLPG 2012 diberi kelancaran dan setelah lulus PLPG menjadi guru yang benar profesional.
    @Nonik : kalau tidak salah, guru yang sudah disertifikasi mulai 2013 ada penilaian kinerja guru, dan setiap 4-5 tahun sekali akan dinilai keprofesionalisme oleh LPTK yang ditunjuk, jika tidak memenuhi kriteria maka sertifikatnya akan dicabut kembali.
    @novida ayu subiandari, SE: metodologi pembelajaran, 4 kompetensi guru, PTK, KTI, dan materi mapel yang diampu, bawa pensil 2b standar, penghapus, tanda peserta, dll. nanti juga ada penjelasan dari Dinas Pendidikan setempat
    @Daryono : kalau tidak salah ujian online tidak jadi Pak, ujiannya terulis seperti ulangan siswa, kalau tidak salah yang usianya mulai 50 tahun dan belum S1 dapat ikut PLPG.
    sayi hatiningsih: kisi2nya metodologi pembelajaran, 4 kompetensi guru, PTK, KTI, dan materi mapel yang diampu.
    @wayan bagus: semoga pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai harapan.
    @jentry:kisi2nya metodologi pembelajaran, 4 kompetensi guru, PTK, KTI, dan materi mapel yang diampu.

  64. M Ramli R Says:

    saya calon peserta sertifikasi guru 2012. saya setuju ada uji kompetensi awal, yang penting secepatnya di INFORMASIKAN kapan pelaksanaannya, apa saja materinya. ok?

  65. winarti, S.Pd Says:

    pak saya guru bahasa inggris SD, calon peserta tes awal sertifikasi 2012. Saat pengisian data AO saya memilih mapel bahasa inggris karena saya merasa selama ini saya yaa….mengajar mapel b.inggris saja di skul ( 24 jam seminggu ) menurut bapak bagaimana? Apakah seharusnya saya memilih guru kelas SD? Trims atas jawabannya.

  66. ratna wulansari Says:

    Apapun yang terjadi semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, bimbingan dan keikhlasan seluas samudra kepada semua guru untuk memberikan yang terbaik untuk anak didik kita agar menjadi manusia yang bermanfaat, berakhlak mulia yang bisa menjadi khalifah bukan perusak di bumi ini. AMIN YA ROBBAL’ALAMIN. Dan Balasan yang sangat kita harapkan dari ALLAH SWT dan Keridhoannya. TETAP SEMANGAT!!! ALLAH bersama KITA!

  67. Ani Rohmah Says:

    apakah uji kompetensi itu sudah pasti dngan sistem on line? atau tes tulis secara serempak? karena sy msih mendengar bahwa uji kompetensi ini berbentuk PG seperti ujian anak sekolah. Apa pun bentuk tes nya yg pnting seluruh guru Indonesia bs mengikutinya.

  68. Siti Sahrah Says:

    Mohon info lebih lanjut mengenai gambaran tes yang akan kami hadapi, supaya persiapan dari sekarang, maklum waktunya mepet.

  69. awan sundiawan Says:

    @M Ramli R: siapkan saja untuk ikut uji kompetensinya, masalah waktu tunggu informasi dari Dinas Pendidikan setempat
    @winarti, S.Pd: jika ada mapel bahasa Inggris Ibu piliha saja itu, jika tidaka da pilihan maka ibu dapat memilih guru kelas.
    @ratna wulansari : terima kasih atas dorongannya dan apresiainya semoga yang diharapkan dapat tercapai
    @Ani Rohmah: 99% akan dilaksanakan offline seperti UN Bu.
    @Siti Sahrah: gamabran tes seperti UN, materinya metodologi pembelajaran, 4 kompetensi guru, PTK, KTI, dan penguasaan materi mapel yang diampu.

  70. totok Says:

    bukan guru saja yang disertifikasi tapi kepala sekolah harus lulus sertifikasi awal, dengan keteria lulus topel bahasa inggris dan ledersip dengan kejujuran

  71. awan sundiawan Says:

    @totok: saya sangat setuju…

  72. Sumadi Says:

    Cara perektan calon PLPG 2012 merupakan yg terbaik bila dibandingkan dengan sistem yang sdh berlaku. Saya sebagai guru sangat mendukung sitem perekutan calon peserta PLPG tahun 2012, dengan adanya tes awal maka dimungkinkan guru yang lulus dapat mengikuti pendidikan yang akan dijalankan.

  73. awan sundiawan Says:

    @Sumadi: trims atas dukungannya, semoga PLPG dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.

  74. Mohammad Anwar Says:

    Semuga langkah tersebut betul-betul dapat meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pendidik yang di pundaknya masa depan bangsa ini dipertaruhkan.

  75. awan sundiawan Says:

    @Mohammad Anwar: terima kasih atas dukungannya.

  76. Melda Says:

    bagaimana agar kita dapat sertifikasi pola PSPL. Apakah kita yang mengajukan atau secara otomatis Pak Awan?
    Terimakasih atas informasinya.
    Salam
    Melda

  77. shiam nur Says:

    Sebaiknya bagi guru yang sudah mendapat sertifikasi, juga sama harus ada uji kelayakan.Cobalah beliau-beliau yang ada di atas turun kelapangan! Apakah mereka sudah layak dikatakan sebagai guru PROFESIONAL?

  78. awan sundiawan Says:

    @Melda: Untuk Pola PSPL harus:
    1) S-2 atau S-3 dan golongan IV/b atau
    2) S-3
    Caranya silakan mengajukan diri/melaporkan ke Dinas Pendidikan setempat, jika datanya sudah akurat di Dinas Pendidikan maka akan secara otomatis akan ikut popa PSPL.
    @shiam nur: Saya sangat setuju dengan pendapat di atas, kalau tidak salah LPTK akan memverifikasi semua guru yang sudah disertifikasi untuk melihat kemajuan dalam peningkatan kompetensi guru/profesional guru, semoga berjalan lancar.

  79. jambe Says:

    tidak ada keadilan lebih baik jangan ada sertifikasi karena menambah beban bagi guru khususnya guru sd yang sejak pagi ngurusan anak2 dan guru2 sd jalur fortopolio melenggang dengan mudah dapat sertifikat profesional padahal dia masih minta bantuan bikin portopolio bahkan kinerjanya sama sekali tidak menunjukan autput yang baik bagi ana didik

  80. awan sundiawan Says:

    @jambe : jangan hawatir, mulai 2013 semua yang telah lulus sertifikasi akan dinilai kinerja guru, apabila ada yang tidak sesuai dengan kinerja guru sebenarnya, bisa jadi sertifikatnya akan ditarik kembali, dan harus PPG lagi, hehehe, semoga semua guru mulai saat ini dapat meningkatkan profesionalisme sebagai guru.

  81. Supriyanto,S.Pd Says:

    SEMOGA SY LULUS…AMIIIN 3X

  82. awan sundiawan Says:

    @Supriyanto,S.Pd: amin Pa, semoga sesuai harapan

  83. yus yenimar s.Pd Says:

    ass pak,saya mohon informasi waktunya,krn kami jauh dr daerah.

  84. awan sundiawan Says:

    @yus yenimar s.Pd : silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat.

  85. ZAENAL Says:

    Sangat baik……tapi bagi mana dengan guru-guru yang gagap teknologi ???

  86. ZAENAL Says:

    tolong ……jangan sampai guru-guru yang berada di kedalaman tak bisa mengikuti PLPG ?????

  87. dodo aryo Says:

    tidak adil memang benar karena ada perbedaan perlakuan dgn yang dulu, klo toh ada tes awal plpg mengapa tidak semua yang PNS diikutkan tes baru diranngking…? begitu juga yang portofolio klo perlu dites lgi.Bukankah sdh diranking lewat usia,ms kerja,gol dll…

  88. umaroh Says:

    aslm pak apa benar kita harus sediakan dana kurang lebih 1 juta tuk media dan lain-lain kalo yang gak punya gimana

  89. awan sundiawan Says:

    @ZAENAL: untuk tes kompetensi kalau tidak salah seperti UN, jadi tidak menggunakan komputer.
    @dodo aryo: semakin ke sini sepertinya semakin muda, sehingga pemerintah mengganggap yang muda akan lebih kreatif.
    @umaroh: www, untuk media pembelajaran buat saja yang paling mudah, efektif dan sederhana, hehehe.

  90. makripudin Says:

    ass….wr…wb…. pak. tolong berikan contoh soalnya sedikit saja. dan kapan pelaksanaan ujiannya? koq inpormasinya simpang siur.

  91. As Azni Says:

    Klw uji kompetensi menjadi ukuran bisa ikut plpg atw tidak….tentu x ada pilih kasih yg duludgn kini…..tolong pak jadwal ujian x kq membingungkan…..

  92. manna pohan Says:

    apakah ujian tes nya harus secara on-line? apakah tidak ada ujian nya secara teks (teori saja)?
    mohon dibalas.

  93. awan sundiawan Says:

    @makripudin :www, untuk pelaksanaan silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat, contoh soalnya uraian dan pilihan ganda, materinya kompetensi guru, PTK, KTI, metodologi pembelajaran, materi pelajaran yang diampu, dan studi kasus dalam pembelajaran.
    @As Azni:untuk jadwal silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat, tidak pilih kasih kok, ya yang lulus uji kompetensi bisa ikut PLPG, yang lulus ujian PLPG akan mendapatkan sertikat sertifikasi guru, hehehe.
    @manna pohan: kalau tidak salah ujiannya tulis, seperti UN (silakan baca kementar saya di atas!).

  94. santos Says:

    jadwal tes awal online apakah benar tgl 28 januari 2012. mhon konfirmasinya …OkAY

  95. awan sundiawan Says:

    @santos: untuk lebih jelasnya silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat.

  96. purnawati Says:

    malam pak, yang pastinya kapan ni tes awal sergu 2012, n gambaran soal yg diuji

  97. Andhika Putra Kusuma Says:

    Apakah pola sertifikasi guru semakin dipersulit?
    ya karna kami calon peserta merasa kurang mendapatkan sosialisai tentang materi yang akan di pelajari tentang portofolio atau plpg yang terpenting lagi kenapa aturan plpg selalu berubah-ubah yang tiap tahunya untuk itu kalau meningkatkan profesii apa tidak ada cara yang lain trims.

  98. muhammad solikin Says:

    saya lulus plpg tahun 2011 , sertifikasi guru memang sangat mempengaruhi terhadap dunia pendidikan . Disisi lain memang membuat guru berusaha mencari cara bagaimana mengajar yang baik,namun disisi lain tidak sedikit berdampak besar pada psikologis para guru,yang belum ikut plpg menjadi ketakutan sehingga tidak bisa konsentrasi dengan baik pada tugasnya sedangkan bagi yang sudah lulus beban psikologisnya juga tidak kala besar karena dalam bekerja dibebani berbagai tuntutan dan sanksi-sanksi sehingga hidup terasa sangat berat.

  99. BUWANG S Says:

    mudah….mudahan tidak hanya usia yg jadi bahan pertimbangan tapi…… masa kerja dan tahun lulusan S-I nya juga dapat menjadi bahan pertimbangan.dan tidak lupa hasil ujian yang menjadi tolok ukur intelektual seorang pendidik. jangan sampai masa kerja lama tidak diterima yang baru diangkat jadi prioritas…. betapa kecewanya bagi yag mengabdi sudah llaaammmmaaaa…..>

  100. deuis mulyati Says:

    ASSALAMUALAIKUM,SAYA MAU BERTANYA SAYA LULUSAN S1 PGSD UNTUK GURU KELAS SEPERTI SAYA DI SD APAKAH HARUS JUGA MENGUASAI SATU PELAJARAN JUGA YANG MESTI DI AMPU BEGITU PA ALWAN,TERIMAKASIH.

  101. mas Says:

    kenapa yang awal di permudah terus kebelakang di persulit , coba pak yang sudah lulus itu di uji lagi aku yakin dia tidak akan lulus wong mengajarnya aja asal-asalan ,SILABUS ,RPP aja g pernah buat . baru kalau ada monef bingung cari silabus, RPP kesana kemari apa itu profesional pak

  102. siti aminah Says:

    menurut kabar yang aku tau sih katanya uji kompetensi awal akan dilaksanakan tgl 25 februari ini

  103. Meita Prima Muis Says:

    Mohon jadwal pelaksanaan UKA diumumkan segera spy km lbh siap tempur….^-^

  104. Casiyah, S.Pd Says:

    semoga bisa menemukan formula yang pas dan bijak bagi penghargaan pengabdian para pahlawan tanpa tanda jasa. tetap semangat ^_^ setulus ibu pertiwi tanpa pamrih ikhlas untuk semua ……anak bangsa…..

  105. meifasari Says:

    kalau didaerah mungkin tertulis kali ya????? tgl 28 januari itu langsung 4 kompetensi yg diujikan atau..totalnya brp soal dlm wktu brp jam????

  106. elimciamistasik Says:

    mungkin berbagi pengalaman bagi yang akan sertifikasi.
    Saya adalah kebetulan lulus tes on line tahun 2011, dan hanya 14 orang dari 1300 an dari seluruh indonesia yang lullus tes on line 2011.
    Ketidaklulusannya mungkin sebagai berikut :
    1. memang kurang menguasai materi pelajaran.
    2. Soal dibuat untuk guru, sehingga banyak jawaban yang hampir benar, sehingga perlu ketelitian.
    3.Akses internetnya kurang cepat, sehingga sering loading, padahal waktu dibatasi 100 menit utk 40 soal.
    4. Ada kesalahan data jurusan pelajaran, ini diakibatkan kesalahan dari sekolah atau dari dina kab., karena dari pusat cuma copy paste saja. misal guru matematika yang keluarnya pelajaran biologi, ya babak belur,
    5. Batas lulus 75%

  107. elimciamistasik Says:

    oh, saya guru matematika SMKN 1 Ciamis, jawa barat, dan tes online di rayon UNSIL tasikmalaya.

  108. elimciamistasik Says:

    Ujian on line 2011 yang saya tahu sebagai berikut:
    peserta melaksanakan ujian di ICT centernya rayon masing-masing, sementara soal ujian langsung on dari jakarta.
    Bulan juni 2011 saya ikut ujian on line di UNSIL tasikmalaya dan yang lulus 1 orang.
    Lalu bulan September 2011, saya dipanggil lagi untuk uji Fortofolio, lalu dites Mengajar dan wawasan pelajaran maupun wawasan kependidikan.
    Itulah pengalaman saya tahun 2011. Semoga sebagai bahan acuan bagi rekan-rekan yang akan menempuh sertfkasi th 2012 ini.
    Lalui saja dengan tenang. Oke….

  109. awan sundiawan Says:

    Seleksi sertifikasi kita jangan menggap dipersulit tapi dipahaminya sebagai pentertiban yang lebih rapih, mengapa yang dulu sepertinya mudah, karena mungkin sebagai penghargan kepada yang sudah mengabdi sebagai guru sudah cukup lama, dan semakin ke sini dipercaya bahawa komptensi guru2nya sudah lebih mapan. Kepada yang telah berbagai pengalamannya saya ucapkan terima kasih, untuk masalah pelaksaan uji kompetensi lebih baik berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

  110. Eti Says:

    Pak maaf saya mau tanya :
    Saya sertifikasi bahasa daerah (sunda) tapi kenapa di website sergur itu kok gda kisi-kisi untuk ujian kompetensi awal ya? Mohon informasiny kalo tau..

  111. arpan Says:

    ASSLAMUALIKUM ……rekan -rekan guru ..calon peserta sertipikasi 2012 semangat terus biar apapun ujianya jangan denta r smangat 45 …biar umur sudah senja tapi napsu tetap pagi ha ha ha ,hanya kita wajib berdo,a smoga kita smua dalam keadaan sehat amin ,oh ya pak aswan saya hanya ingin tau apakah bahan ujian unyuk kami guru penjas yang waktu nya slalu dilapangan apakah bahan ujian nya sama dengan guru budang studi umum ?…….

  112. awan sundiawan Says:

    @Eti: mungkin tim penyusun kisi2 bersifat nasional, jadi yang mulok basa Daerah belum dimuat
    @arpan: bapak bisa meliharnya di sini http://sergur.kemdiknas.go.id/index.php?pg=kisiuka, semoga bermanfaat

  113. maulana Says:

    Sertifikasi Guru ada Test Online, Bagus. Jujur dengan masa kerja dan cermat tentang ketentuan masa kerja Bagus berarti jujur dan cermat, agak “ribet” pastinya iya tapi klo semua itu telah dilalui dengan sukses hasilnya sangat manis. Tapi bagi yang terputus ditengah jalan JANGAN MENYERAH berarti TUHAN punya rencana hebat buat kita agar kita menjadi guru yang smart, hebat, berkualitas, dan tentunnya anak didiknya akan hebat seperti gurunya, bahkan bisa lebih. GURU KENCING BERDIRI MURID KENCING BERLARI (Maaf klo perumpaannya memakai kata-kata kotor)

  114. Vera Says:

    Terimakasi info nya.

  115. awan sundiawan Says:

    @maulana: terima kasih atas apresiasi dan dukungan yang positif bagi guru-guru yang akan sertifikasi.

  116. deuis mulyati Says:

    ,kira-kira tgl berapa tesnya dilaksanakan ? tes online nya jadi tidak pak ?

  117. kadir di Mks Says:

    BANG AWAN.. ADA BEBERAPA TAWARAN YANG INNGIN SY SAMPAIKAN, TERUTAMA BUAT PENGAMBIL KEBIJAKAN DI NEGERI INI TENTANG SERTIFIKASI GURU:
    1. SEMANGAT SERTIFIKASI GURU ADALAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DAN MUTU PELAYANAN SERTA KUALITAN PENDIDIKAN-KAN?
    2. KLU DEMIKIAN ADANYA, SEHARUSNYA PEMERINTAH * TDK PERLU MEMBEBANI GURU DGN BERBAGAI TETEBENGE SERITIFIKASI YANG PENGURUSANNYA SANGAT MELELAHKAN DAN MAMBUANG-BUAH WAKTU DAN TENAGA.
    3. TAWARAN SY ADALAH APAKAH TDK LEBIH BAIK JIKA SERTIFIKASI DILAKUKAN DGN CARA SISTEM JATAH DAN SELEKSINYA BERDASARKAN (MISALNYA) MASA KERJA, USIA DAN GOLONGAN SAJA.
    4. SETELAH ITU, TUGAS PEMERINTAH DLM HAL INI MENDIKNAS SANGAT SEDERHANA YAITU MELAKUKAN PENGAWASAN. PEMANTAUAN, EVALUASI (SUPERVISI) DA…N JIKA DARI HASIL PENGAWASAN ADA YANG KURANG ATAU TDK PROFESIONAL BERDASAKAN KETENTUAN. MAKA INILAH YANG HARUS DIBINA, DIBIMBING, BAHKAN KALAU PERLU DIDIKLAT SAMPAI STANDAR SEBAGAI GURU PROFESIONAL TERCAPAI. MUDAH KHAN!
    5. SEMOGA MENJADI BAHAN PERTIMBANGAN BUAT PENGAMBIL KEBIJAKAN. TRIMS”

  118. awan sundiawan Says:

    @deuis mulyati: untuk tes online sepertinya dibatalkan, untuk jadwal tes silakan hubungi Dinas Pendidikan setempat
    @kadir di Mks: saran Bapak sangat bagus, dan ada beberpa point dari saran Bapak yang akan dilaksanakan yaitu yang berkaitan dengan Penilaian Kinerja Guru. Saya sependapat dengan saran dan ide dari Bapak, terima kasih atas apresiasinya.

  119. lilis Says:

    thanks ditunggu info terbarunya

  120. Aryanti Supriartini Says:

    Mohon soal-soal tes uji kompetensi awal supaya bisa d pelajari

  121. ENI SURYANI Says:

    APAKAH MASA KERJA DAN USIA DAPAT DIRERHITUNGKAN DALAM KELULUSAN UKA ?

  122. jhon evert Says:

    kita jadi bingung dengan pendidikan kita. disatu sisi ingin meningkatkan mutu pendidikan namun disisi lain di persulit. para pengambil kebijakan negeri ini seperti tidak sadar bahwa mereka berasal dari guru yang mereka tes. apa mereka tak malu menguji orang yang membuat mereka seperti sekarang ini. orang awam seperti kita pun dibuat bingung dengan pola pikir pengambil kebijakan negara saat ini. ntah mau kemana negara ini mau di bawa. sungguh kasihan sekali nasib kalian, wahai para guruku. mungkin waktu yang dapat menjawab semua ini.

  123. eni badri Says:

    program sertifikasi saat ini tak kan dapat menjadi jaminan untuk meningkatkan mutu pendidikan di bangsa ini.
    karena pada kenyataannya banyak para guru tidak profesional meskipun sudah sertifikasi. jadi ini hanya sebuah usaha yang mubazir dan sia-sia. apalagi dengan cara yang sulit saat ini, para guru hanya mengharapkan gaji lebih dari yang sebelumnya. tidak ada bukti dan fakta yang dapat dijadikan acuan peningkatan pendidikan bangsa ini setelah para gurunya lulus sertifikasi. marilah kita berfikir dengan jernih dan akal sehat. berpikirlah sebelum berbuat.

  124. nguteuk Says:

    Yang namanya guru sejak jaman dulu (kecuali jaman penjajahan belanda guru pernah menjadi primadona dgn gaji 150 gulden ya setara 80 jt/bulan) selalu menjadi hinaan dan bukan profesi yg diminati di tanah air ini, sehingga paradigma yg mengakar antara hasil pendidikan dan mutu guru selalu dipandang negatif. Sebetulnya yg berperan paling penting adalah 1. pendidikan keluarga, 2. pendidikan sosial masyarakat, 3. baru ke pendidikan formal di lembaga2 pendidikan. Jadi hasil dari mutu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, tidak melulu tanggung jawab guru saja. Kalo Indonesia ingin maju harus berani merevolusi pendidikan jgn hanya mengekor ke dunia lain, tp pny jati diri sendiri dan siapkan para petugas yg berwenang utk membabat habis oknum2 dunia pendidikan dan hama2 pendidikan, mereka bagi duri di dalam daging.

  125. lia Says:

    betul…betul….betul gue sangat setuju , sebab memang banyak guru -guru yg tak bertanggung jawab denga tugas yang diembannya.Terkadang ada rasa kecewa melihat kenyataan yang mana guru yang senior yang seharusnya sudah mendapatkan penghargaan sertifikat yang kerjanya ok,tapi belum dipanggil dan lebih gila lagi hak mereka yang sudah lama didata malah diambil orang lain, sementara yang sudah dapat sertifikat dan mudah lagi baik umur maupun panengalaman malah ogah-ogahan.l

  126. Drs Untung Sudarmo Says:

    Pk Awan Yth : dgn jln bgmnpun kebijakan ada yg menguntungkan dan ada yg kira2 menghabiskan dana project. Nmun sy rasa yg sangat perlu dimemorandumkan,dan di WAHANAKAN adalah bagaimana caranya meningkatkan kwalitas guru2 Indonesia ini,yg mengacu bahkan paling utama adalah KARAKTER GURU YANG BETUL mampu mengajar,mendidik membimbing,disiplin tinggi,tunjukan senioritas,dedikatif tinggi,produktif,efisien,berwawasan,comprehensip,tegas. Karena kebanyakan semakin gajianya tinggi,terus lupa diri,menikmati duduk bahkan ngantuk lupa dengan tugasnya.itu kebanyakan type guru jaman skrng. Suka mengkritisi tanpa didasari Hati Nurani/Realita.Usulanya muluk2 macam layang2,dia lupa kalau guru itu diawasi Yang Maha Kuasa.Kalau teman2 itu sadar kalau kerja itu seolah oah dimanapun,kapanpun bagaimanapun dilingkungan kita itu ada alat perekam yng mengawasi cara kerja kita ada SKIPY/CCTV/KAMERAMEN…… pasti teman2 tu,akan merasa selalu terawasi.Artinya mbok ayo pada Intros dan Ekstrospeksi agar anak didik tidak jd korban kemalasan/blooder kinerja.Bahkan ada guru berdiri 1 jam pljrn aja sudah ngk mampu ,krn tdk ada persiapan psicomotornya terkuras ngobrol diruang guru. Trs semakin besar gajinya,semakin banyak pula makanannya.
    Sory Pak Awan,Mantapkan dulu menjadi guru yang KARAKTERNYA BENER2 MAU BEKERJA.Drs Untung Sudarmo Psical Education of SMK Yaspika Karimun Kepri

  127. Drs Untung Sudarmo Says:

    Pak AWAN, yang saya amati jg teman2 guru skrng ini kebanyakan kurang menguasai Psicologi : Jiwa Anak2,Jiwa Perkembangan,Jiwa Adolesen/Pubertas,Jiwa Dewasa dan Jiwa Umum. jd ndidik asal ada bukunya ya itu yg diberikan kpd anak didik alias Texs book thinking. Tlng jg pk usulkan TATAR DULU KARAKTER GURUNYA DULU,agar bisa mendidik karakter siswanya.Jangan ngak ya pak ya??????????Drs Untung Sudarmo Psical Education of SMK Yaspika Karimun Kepri Hp : 085274652222// 085668016999.

  128. Drs Untung Sudarmo Says:

    Contoh Kinerja yang benar adalah utamakan praktek lapangan. jangan theoritis,jg jgn terlalu tehnokrat.Lebih2 klau jd guru di SMK,rumpun apapun yang diampu hrs mengutamakan kinerja lapangan.Negara2 Industri,dan produksi mengutamakan kenerja lapangan bukan theori lapangan.Namun krn gurunya malas,muridnyapun jg pemalas. Akhirnya tuntutan dan senjata mutakhirnya adalah PANDAI2LAH KAMU. Drs Untung Sudarmo.

  129. usnadi Says:

    ok….guru tidak anti uji kompetensi…..siap …..tapi penyelenggara jangn terekesan asal2an.Biar pada tahu masing masing kompetensinya gimana, kalau merasa kurang yang diperbaiki dong…..

  130. awan sundiawan Says:

    @l.ilis: sering2 berselancar di dunia maya dan sering bersilaturahmi
    @Aryanti Supriartini : untuk soal2 UKA tidak ada yang punya Bu, silakan saja pelajari kisi2nya
    @ENI SURYANI: Uji kompetensi tidak berhubungan dengan usia dan masa kerja bu
    @jhon evert: saya pikir pemerintah berniat bagus, agar para guru/pendidik terus meningkatkan kompetensinya sesuai dengan perkembangan jaman.

  131. awan sundiawan Says:

    @eni badri : menurut saya lebih berbuat untuk kebaikan daripada tidak sama sekali, program sertifikasi bertujuan agar para guru kedepannya lebih profesioanal dan lebih baik lagi, sertifikasi sebagai pemuci para calon guru dan apra guru untuk terus meningkatkan kompetensinya.
    @nguteuk : saya setuju dengan pendapat terserbut.
    @lia: semogha itu hanya kasuistis saja
    @Drs Untung Sudarmo : saya setuju dengan pendapat bapak yang penuh ide.
    @usnadi: ok Pa, tetap semangat untuk menjadi guru profesional yang lebih baik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.634 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: