Bangunan SMPN 1 Kuningan Akan Dijadikan Museum? Gara-gara Ditemukan Bunker di Bawah Ruang Guru

Saat ini isu yang terdengar nyaring di Kabupaten Kuningan adalah adanya perpindahan sekolah favorit ke jalan baru lingkar utara, yaitu SDN 1/SDN 7 Kuningan  dan SMPN 1 Kuningan. SDN 1/SDN 7 Kuningan karena lokasinya di pusat kota dan sangat berdekatan dengan pusat perbelanjaan, agar lebih nyaman dari dari kebisingan pusat kota maka akan direlokasi ke tempat yang lebih nyaman. SMPN 1 Kuningan dengan ditemukannya bunker bekas penjajah (Belanda/Jepang ?)  di bawah ruang guru, dan lokasinya kurang luas maka akan relokasi ke lokasi yang strategis, luas, dan nyaman, hal ini karena SMPN 1 berstatus RSBI jadi harus memenuhi kriteria luas area sekolah.

Relokasi (RSBI) SMPN 1 Kuningan lebih santer daripada SDN 1/SDN 7 Kuningan, karena bangunan  SMP Negeri 1 Kuningan memiliki fakta sejarah yang kuat. Sejak berdirinya bangunan SMPN 1 Kuningan sampai sekarang tidak ada pemugaran karena sudah masuk pada bangunan cagar budaya. Menurut catatan sejarah beridirinya SMP N 1 Kuningan sebagai berikut.

Periode I : Tahun 1918
Bukti Dokumen Egendom Nomor : 5238 Tahun 1928 Sr. Ukur No. 15 Tanggal 26 – 2 – 1938. Berdasarkan bukti inilah maka SMPN 1

Kuningan didirikan pada tahun 1918.

Periode II : Tahun 1951
Bukti Surat Putusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan RI Nomor : 2160/BIP tanggal 23 Juli 1951. Berdasarkan bukti inilah, maka SMPN 1 Kuningan mulai beroperasi secara resmi pada tahun 1951 dengan kepala sekolah pertama adalah Bapak Setia Miharja.

Periode III :  Tahun 2004
Bukti Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMP Dirjenmandikdasmen Depdiknas Nomor : 867a/C3/KEP/2006 tanggal 13 Juni 2006. Berdasarkan bukti inilah, maka SMPN 1 Kuningan ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) di Kabupaten Kuningan.

Periode IV : Tahun 2008
Bukti Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMP Dirjenmandikdasmen Depdiknas Nomor : 230/C3/KEP/2008 tanggal 8 Februari 2008. Berdasarkan bukti inilah, maka SMPN 1 Kuningan memasuki periode baru sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pertama di Kabupaten Kuningan. Pada periode terakhir ini, sebagai RSBI pertama di Kabupaten Kuningan, SMPN 1 Kuningan telah sedang dan terus melakukan upaya peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan terhadap pelayanan prima bagi peserta didik, orangtua, dan masyarakat, diantaranya sumberdaya manusia, teknologi, dan manajemen. Semoga dengan upaya ini, SMPN 1 Kuningan terus dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan dan kehadirannya akan tetap menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Beberapa bukti foto mengenai SMPN 1 Kuningan (diambil dari berbai sumber).

Pelajar SMPN 1 Kuningan ketika Penjajahan Belanda

Pelajar SMPN 1 Kuningan ketika Penjajahan Belanda

Bangungunan ruang kelas pada foto sampai sekarang masih utuh sepetrti terkihat pada foto.

Aula SMPN 1 Kuningan

Aula SMPN 1 Kuningan

Bentuk dan bangunan Aula SMPN 1 Kuningan masih kokoh sampai sekarang seperti terlihat pada foto, hanya sekarang pinti gerbangnya dipindahkan menjadi dua, yaitu ke sebelah utara dan selatan, tampak jelas di belakang aula tidak ada bangunan. Bangunan kelas adanya di sebelah kiri dan kanan aula. Sedangkan ruang guru yang sekarang adanya di belakang bangunan aula.

Karena ruang guru yang sekarang termasuk bangunan baru, ketika direnovasi ditemukan ruang seperti bunkker persis di bawah bangunan ruang guru.

Bunker yang pertama ditemukan oleh tukang gali bangunan, hari Sabtu (30/7/2011), sewaktu akan memasang cakar ayam ditemukan adanya bangunan keras dalam ruang guru bagian belakang. Seteleh dijebol ternyata ada ruang bawah tanah tigginya 2 m. Kemudian pada tanggal  2 Agustus 2011 ditemukan lagi menjadi 3 ruangan besar, dan ada pintu-pintunya. Penggalian dihentikan karena akan diselidiki oleh pihak yang berwenang (masih menunggu keputusan Balai Arkeologi melalui Pemda Kuningan) untuk dipastikan bahwa bunker tersebut memiliki fakta sejarah yang kuat. Berikut foto-foto penemuan bungker tersebut.

Bungker pertama di belakang ruag guru

Bungker pertama di belakang ruag guru

Besi beton yang digunakan cukup besar, melebihi ibu jari.

Bunker yang ada di bawah ruang guru sedang di periksa oleh Tim dari Kodim

Bunker yang ada di bawah ruang guru sedang di periksa oleh Tim dari Kodim

Bagian dalam bunker masih kokoh

Bagian dalam bunker masih kokoh

Dari bunker 1, terus ke timur masuk bunker 2, ke timur lagi masuk bunker 3, tapi masih banyak lumpur dan semua dindingnya berlapis beton kokoh. Di bagian atas, isi bunker ke 2 lumpur 30 cm, setelah dikuras ternyata banyak jalan/lorong.

Dengan ditemukannya bunker-bungker tersebut, direncanakan bangunan SMPN 1 Kuningan akan dijadikan museum (museum perjuangan masyarakat)/tempat wisata sejarah di Jawa Barat, dan secara otomatis bangunan SMPN 1 Kuningan direncakanan direlokasi ke jalan baru lingar utara. Dengan direlokasinya ketiga sekolah (pendidikan dasar) favorit di kota Kuningan ke jalan baru, maka akses jalan baru akan semakin ramai dan kota Kuningan semakin lebar.

Kapankah relokasi ketiga sekolah tersebut? Jawabannya masih dalam tahan rencana.

Mengapa direlokasi? Jawabannya (mungkin) untuk lebih nyaman dan ideal untuk lokasi pendidikan, dan (mungkin) menghilangkan kemacetan di pusat kota, semoga pembangunan kota Kuningan semakin tertata rapi dan masyakat pun meningkat dalam kesejahteraannya.

About these ads

18 Tanggapan to “Bangunan SMPN 1 Kuningan Akan Dijadikan Museum? Gara-gara Ditemukan Bunker di Bawah Ruang Guru”

  1. Puspita Dewi Says:

    Saya benar-benar takjub dengan kejadian yang luar biasa ini. Bangunan SMP N 1 memang kaya akan sejarah, jadi pantaslah kalau dijadikan museum. Tapi aneh rasanya, kalau bangunan sekolah SMP N 1 berpindah lokasi hihihi……

  2. Dwi Syafaradis Says:

    Saya sebagai murid SMPN 1 Kuningan jga merasa kaget saat mengetahui tentang adanya bunker. Tapi, saya jga bangga dapat bersekolah di sekolah yg bersejarah.

  3. 엘 리 사 Says:

    saya setuju dengan puspita dewi, aneh rasanya kalau SMP 1 Pindah ke lokasi lain =___=
    saya pernah masuk ke bunker itu, kebetulan itu disuruh sama Pak Irsan, guru matematika saya waktu kelas 1, hihihi asik-asiik.. :D
    tapi sayang, bunkernya terlalu sempit, paling cukup buat 8-9 orang sih kata saya mah =__=

  4. Dannz Qrent Abizz Says:

    saya setuju karena smpn 1 kuningan pada jam kerja sering menyebabkan kemacetan dan polisi sudah kewalahan

  5. zuko Says:

    bener saya setuju dengan Dannz Qrent selain sibuk biar bunkernya di urus atau kalau perlu buat nyimpen NAZARUDDIN aja..!!

  6. awan sundiawan Says:

    @all: semoga kita dapat mengambil hikmahnya, dan SMPN 1 Kuningan tetap menjadi SMP terbaik di Kab. Kuningan, dan kab Kuningan menjadi tujuan wisata sejarah.

  7. leony Says:

    jadi penasaran pengen liat sendiri itu bunker, soalnya alumnus juga hahaha
    belum dibuka buat umum yah?

  8. hanifah Says:

    bagus juga jika dijadikan museum,tapi alangkah baiknya jika direncanakan dengan matang dan melibatkan arsitek yang berkualitas, sehingga tidak berakhir sebagai museum yang sepi dan angker,..

  9. risya rantika slalu setia Says:

    PEngen TAu apa sih dalam bungker itu ???
    katanya ada lorong lorong yang sangat panjang dan ada jeruji penjara bekas belanda katanya kata koran itu juga
    klu misal nya pindah lokasi smoga ja bangunan smp n 1 kuningan lebih bagus ya dari yang sebelum nya dan harus tetap strategis dekat perpus , dekat tempat kursus pokoknya semua deh
    amiennnnnnnnnn……
    do’a kan aja a soalnya aku punya cita cita buat sekolah di smp negeri 1 kuningan aku sekarang kls 6 bentar lg aku mau ke smp 1 kuningan smoga lokasi pindah nya g sekarang dan g terlalu jauh ya

  10. fadlan Says:

    saya juga mau ke smp 1kuningan soalnya smp 1 kuningan terbagus dan banyak guru guru yang hafal seperti pak san,bu leni,pa irsan,pa arif

  11. fadlan Says:

    amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  12. awan sundiawan Says:

    @leony: setelah dicermati oleh tim ternyata itu bukan bunker, tapi ruang pembuangan kotoran, heheh
    @hanifah: semoga seperti harapan kita semua, bahwa SMPN 1 Kuningan dijaga kaasliannya
    @risya: mungkin jika pindah lokasi, SMPN 1 Kuningan akan lebih luas dari sekarang, hehehe
    @fadlan: sip

  13. cecep Says:

    kang Awan, semuanya baru sebatas wacana. Planning memang sdh ada, tp kita juga mesti hati2 dalam mengambil keputusan. Pihak sekolah, Pemda, ataupun Intansi terkait tidak bisa mengambil keputusan sepihak, karena tentu ada akibat positif dan negatifnya, ada yang setuju ada juga yang menolak mentah2. Pang paling bijaksana adalah, segera dibentuk Tim untuk mengkaji secara baik dan benar, mengakomodir semua pihak,termasuk dari para alumni. sehingga kalaupun nanti SMPN 1 Kuningan bener2 pindah, tidak akan menimbulkan masalah bagi pihak manapun. Satu lagi, mampukah Pemda mendanai pembangunan gedung dan sarana lainnya yang tentu akan memakan biaya sangat besar????

  14. awan sundiawan Says:

    @cecep: terima kasih atas penjelasannya dari kang Cecep yang jentre, semoga tidak terjadi polemik ya kang, hehehe

  15. Nadia Hanifah Says:

    Aku maunya SPENSA KUNINGAN tetap di tempatnya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    jangan pindah =_= -_-

  16. Aktris Bai Jing di Ketahui Meninggal Karena Dibunuh | RuangKabar.com Says:

    [...] Kepada IslamSuami bunuh aktres terkenal ChinaISU-ISU LOKAL YANG BERKAITAN DENGAN MATERI PEMBELAJARANBangunan SMPN 1 Kuningan Akan Dijadikan Museum? Gara-gara Ditemukan Bunker di Bawah Ruang Guru // .recentcomments a{display:inline !important;padding:0 !important;margin:0 !important;} [...]

  17. rahasia (tebak siapa) ???????????????????????????????????????4 Says:

    emm sebaiknya jangan di pindahkan karna jika di pindahkan relokasi bakalan lama dan murid murid akan terkena imbasnya kusus nya akselerasi termasuk saya
    1.pelajaran ketinggalan
    2.pasti kebanyakan murid gak mau
    3.dekorasi luksan dan hasil karya kreatif murid masa di biarkan hargai kreatifitas seseorang
    tolong jangan lakukan itu,lagi pula itu hanya pembuangan kotoran
    mohon maaf jika ada kata kata saya yg salah
    ♡♧♧♧
    ∏____________
    {▣▣▣][▣▣▣}
    @@@@@@@@@@@@@@@@
    HAPPY TRAIN ~~~~

  18. diana Says:

    Liat foto2 SMPN 1 Kuningan jadi ingat masa-masa SMP dulu, jadi kangen ke Kuningan… Kalau dipindahin gara2 adanya bunker saya rasa kurang efektif ya… emang tu bunker mau dipake apa yak.. apa karena ada nilai sejarahnya aja.. mending disitu aja..secara dari lokasinya udah strategis disitu, paling macet pas anak2 bubar aja..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.650 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: