POS UN 2011: UN 2011 5 Paket Soal dalam Satu Ruang Ujian

POS UN 2011 (pecetakan) pada lampirannya menyatakan bahwa dalam satu amplop soal harus ada 5 (lima) paket soal berikut LJUN-nya. Hanya tidak dijelaskan apakah tiap paket soalnya berbeda teksnya atau hanya di”oplos” soalnya saja. Pada POS UN 2011 pun tidak dijelaskan pembagian paket soalnya, apakah membagikannya beraturan atau diacak. Yang jelas UN 2011 sudah dikondisikan tiap ruang ada 5 paket soal yang “berbeda”.

Masalah jumlah paket soal, menurut saya ada baiknya juga, namun harus diperhatikan bobot soal, ada baiknya sekolah yang sudah “berlabel” (R)SBI bobotnya harus dibedakan dari sekolah yang belum/bukan (R)SBI. Dan alangkah baiknya UN dilakukan secara online. Sehingga paket soal bisa lebih banyak dan dipastikan variatif. Jika dilakukan secara online, maka paket soalnya berbeda dari sekolah yang dilakukan secara “manual”.

Paket yang disediakan secara online adakah bertingkat, misalnya ada 3 tingkatan, dengan pola sebagai berikut. Nomor 1 bobotnya mudah, jika nomor 1 dijawab benar, maka akan mengerjakan soal nomor dua berbobot sedang, jika nomor satu dijawab salah maka akan mengerjakan soal nomor 2 berbobot mudah, begitu juga jika nomor 2 dijawab benar yang berbobot sedang maka akan menjawab soal nomor 3 berbobot sukar, begitu juga apabila pada soal sebelumnya dijawab benar makan akan mengerjakan soal pada jenjang yang lebih tinggi pada soal berikutnya, jika dua soal berturut dijawab salah maka soal berikutnya berbobot mudah.

Sehingga tiap perserta UN bisa jadi akan mendapatkan nilai yang sama dan mendapatkan nilai minimal, misalnya 6, namun siswa terbsebut berada pada jejang yang mudah atau sedang atau sukar. Apabila pada sekolah (R)SBI 70% siswanya berada pada posisi “mudah”, pihak pemerintah wajib mengontron kembali keberadaan (R)SBI tersebut.

Sementara untuk sekolah yang belum (R)SBI masih tetap dengan 5 tipe soal yang berbeda. Dengan adanya 5 paket soal yang berbeda masih dirasakan memberatkan bagi beberapa pihak. Dengan adanya reaksi “ketakutan” dengan 5 paket soal saja, pemerintah seharusnya sudah bisa menjawab, bahwa pendidikan pada umumnya masih belum mencapai standar  minimal. Tapi bisa juga dengan adanya 5 paket soal akan lebih mendorong motivisi “sesaat” pagi dunia pendidikan untuk lebih baik lagi.

Dan yang masih dipahami tentang UN adalah, kelulusan UN merupakan satu-satunya penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Padahal untuk kelulusan pada satuan pendidikan ada 4 faktor penentu kelulusan, dan sepertinya ketiga faktor lain diabaikan. Menurut hemat saya, nilai UN berapapun (minimal 2.0) tidak jadi masalah yang penting nilai LHBS (Raport) dan Ujian Sekolah diatas 8, maka masih bisa dipertimbangkan untuk lulus.

Saya berharap pelaksanaan UN 2011 berjalan lancar, adil, dan memuaskan semua pihak.

About these ads

223 Tanggapan to “POS UN 2011: UN 2011 5 Paket Soal dalam Satu Ruang Ujian”

  1. setya budi Says:

    Terima kasih POS nya

  2. Ali Tamami Says:

    saya sudah mempelajari POS UN tapi tidak menemukan pernyataan yang mengatakan bahawa dalam satu amplop soal harus ada 5 (lima) paket soal berikut LJUN-nya. Mohon dijelaskan, agar tidak membingungkan. terimakasih – semangat pagi !!!

  3. Ali Tamami Says:

    Oh iya sudah… ternyata bener …. wah negeri ya pak.. ok mudah2n sukses semua

  4. awan sundiawan Says:

    @pa Ali: trims atas kunjungannya

  5. Ibnu Sandi Says:

    Apapun model dan bentuk aturannya, intinya untuk memajukan pendidikan. Model apapun yang dibuat, kalo kita sudah siap menghadapi ujian, apa yang perlu ditakuti …. gitu kan Mas …

  6. zanip,.,. Says:

    sistem yang seperti itu malah membuat siswa semakin malas belajar dan ketakutan karena rumit dan membingungkan selain itu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi menjadi berkurang.

    MOHON SISTEM 5 PAKET ITU DIPERTIMBANGKAN KEMBALI

  7. hamdi pasisingi Says:

    memang dasar anak skarang… jangankan 5 paket, 1 paketpun kagak bakalan terisi penuh jawabannya… ini gara2 belajar krn ujian – klo tidak ujian pasti tdk belajar, mana lagi ditambah dgn main ps, fesbukan n main pacar-pacaran

  8. Haykal Says:

    begini pak kalau saya boleh saran ahsan lebih afdolnya untuk 5 paket soal itu dipertimbangkan lagi karena itu akan lebih men DOWN kan mental siswa sebelum ujian…
    karena 2 paket saja mental anak2 masih ada yang DOWN apalagi kalau 5 paket soal…
    ya kalau saya boleh saran ahsan 2 paket saja atau peraturan UN disamakan seperti tahun lalu rata2nya dinaikkan sajalah menjadi 5,75 tidak masalah… yang penting 2 type soal ajha…
    saya sangat mendukung UN ini tapi maaf jujur saya kurang setuju dengan paket soal yang terlalu banyak…
    kalau saya boleh tau untuk 5 paket itu sesuai absen atau dioplos saat ujuan? seperi absent 1 paket A dan seterusnya?

  9. Haykal Says:

    saya sudah cek ternyata masya Allah segeto rumitkah anak bangsa kita agar bisa lulus UN? masya Allah…

  10. Jofrianus Says:

    apakah soal UN Tahun Mudah-mudah???

  11. Ardi Linux Says:

    baguz

  12. diknas anjink Says:

    SIAPA MENTRI PENDIDIKAN KLO KTEMU DI JALAN GW TELANJANGI. UN 5 PAKET BANYAK YANG G LULUS TAU RASA LO DI CAP GAGAL. CIBA LO UJIAN 5 PAKET BISA LULUS G LO. ANJINK

  13. diknas anjink Says:

    SIAPA MENTRI PENDIDIKAN KLO KTEMU DI JALAN GW TELANJANGI. UN 5 PAKET BANYAK YANG G LULUS TAU RASA LO DI CAP GAGAL. CoBA LO UJIAN 5 PAKET BISA LULUS G LO. ANJINK

  14. Yunita Says:

    gila
    yang bener aja?
    mau bikin para siswa stres ea?
    jgn bkin km jd prcobaan
    tlg d pertimbangkan lg

  15. Yunita Says:

    kejamnya negeri ini

  16. anaksekolahan Says:

    aji gile nihh,,., bisa mati wa kalo pgen l2s.
    kalo ga l2s gw UN bulan 4 ntar, gw jadi teroris aja akhhh., :P :D

  17. anak sekolah Says:

    ya kalau mau 5 paket soal jngan dadakan..
    Un tnggal d hitung bulan, tp pembrthuan selalu berubah, g jelas n tiba2.
    Bisa kan keputusa un diambil saat kenaikan kls 3. Biar smua siap yg rsbi ato g!!

  18. kartika Says:

    ya tuhan ini bukan menjadi anak bangsa lebih baik!

    ne sama saja pemerintah menutup lubang yang lama, dan membuka lubang yang baru yg lebih besar..

    tolong mentri pendidikan berpikir ulang,, jika begini bayak org yg akan menjadi korban

  19. Agus Says:

    Perhatikan no SK nya Donk…. karena ada dua SK yang mencantumkan 5 paket disana disebutkan ITU UNTUK PERCETAKAN SAJA….. pengalaman dahulu memang di sediakan 5 paket tapi di tingkat propinsi biasanya dari ke 5 itu dipilih 2, Jangankan Siswa Pengawas Ruang pasti bingung & pusing tuju keliling kalo bener lima, GUNAKAN LOGIKA JANGAN GUNAKAN EMOSI….

  20. myen 012 Says:

    masya allah ada 5 paket………….!!!!!!!!!!!!!!
    yang dua ja udah pusing…………!!!!!!!!!!!!!!
    capek dech…….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    mohon dipertimbangkan lagi dong…………..!!!!!!!!!!!!!!!
    yang 2 ja udah bayak yang ga lulus…….!!!!!!!!!!!!
    pa lagi 5 mukin siswa ea pada gantung diri……!!!!!!!!!!!!!!!!!

    sekali lagi mohon di pertimbangkan……………..!!!!!!!!!!!!1
    ok……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    cuyyyyyy…………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  21. wisnu Says:

    tolong untuk 5 paket dipertimbangkan dengan seksama…
    pemerintah juga harus melirik mutu Sekolah…
    antara sekolah kota dengan desa kan berbeda….
    kalau peraturannya seperti ini , tolong mutu sekolah disetarakan………
    jangan seperti ini……
    tolong dipertimbangkan kembali….

  22. rahmatsaleh Says:

    blm tentu pra siswa mampuh hdpi ujian thn in
    klo ternyata bnyak kga lulus apa yg pnjabat d’atas
    menanggung nya atas kptusan yg dibuat nya

  23. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas apresiasinya, menurut saya, pemerintah sudah matang memikirkan, merancanakan paket soal. Jika semua pihak telah membaca, mempelajari, dan berlatih soal sesuai kisi-kisi UN pada POS UN 2011, maka tidak akan kaget dengan paket yang banyak pada satu ruang ujian, kecuali jika niatnya untuk saling menyontek jawaban atau saling memberi jawaban pada paket yang sama. Jika kita bersandar pada “kiriman” jawaban maka paket yang banyak tiap ruang akan sangat memberatkan, tapi jika kita optimis bahwa semua paket soal memiliki bobot yang sama maka tidak akan terasa berat. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat pelaksanaan UN 2011, dan doakan semoga lancar, tiap peserta bisa lulus dengan baik.

  24. awan sundiawan Says:

    @all: kelulusan tidak hanya ditentukan dengan UN, silakan buka tabel simulasi kelulusan UN, jika nilai raportnya di atas 8, kemudian nilai UN-nya dapat 2 masih bisa lulus, dengan catatan yang lainnya di atas 5.

  25. aniex Says:

    ahh..bisa stres nie pketnya nambah truz…

  26. rendy Says:

    itu semua terlalu berat bagi siswa nya mbak….?

    sebaik nya soal unas itu 2 paket ajah itu suda susah apalagi5
    mikir donk klo umpama anda berada dalam unas 5 soal bagai mana apa tidak susah…?

    2 paket ajah susah dapet6 xA susah aPa lge 5….?
    pikir baek2 dlo

    sebelum banyak yg gk lulus

  27. rendy Says:

    untuk tahun ini aq rasa 2 paket udha cukub

  28. bibin Says:

    he MENTRI xa kok jancuuk semua xo

    di pikir gk susah apa
    MENTRI xa kebanyakan Ng3nt0d c0k

    jgn kira 5 soal itu gampang bodo
    tolol tolol 10000000x tolol bwat MENRI

  29. imam pujianto Says:

    kenapa ribut dengan 5 paket ? bukankah anaknya cuma mengerjakan satu paket ?

  30. rischa maricha Says:

    wah jng 5 paket dunk,,,,,,,,otak memoriq DAH PENUH NEy,,,,,,,,,,,g’cma mkir UN aj,,,,tp mkir UAS jg. dah mumet owk,,,,tlong dpertimbangkan lg,,,,,,,tp klw bneran 5 paket skalian 1 ruang 20 paket aj,,byar pengawasnya enyag,k;muridnya g;bza nyontek!!!!

  31. Aan Andriyansah Says:

    Sebaiknya soal-soal UN dibedakan juga tingkat kesulitannya untuk sekolah-sekolah yang para siswanya pinter-pinter dan untuk sekolah yang siswanya “untuk mau sekolah saja sudah syukura”. Biar kemdiknas serius dalam membuat pemetaan sekolah.

  32. Aan Andriyansah Says:

    Sebaiknya soal-soal UN dibedakan juga tingkat kesulitannya untuk sekolah-sekolah yang para siswanya pinter-pinter dan untuk sekolah yang siswanya “untuk mau sekolah saja sudah syukur”. Biar kemdiknas serius dalam membuat pemetaan sekolah.

  33. Abu Hanif Says:

    Apapun sistem yang diterapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, selama ada tekanan ” HARUS LULUS” oleh pihak pihak yang punya kepentingan, NILAI UN belum menunjukkan tingkat kemampuan siswa, karena yang spekulasi/asal mbuletin aja kalau “KEBETULAN_ BENER” bisa bagus nilainya… Thank’s

  34. NANDAL FABREGAS Says:

    DEPARTEMEN PENDIDIKAN,.GA SALAH TU,.

  35. Heyri wob Says:

    Tidak adil,masak tahun kemarin cuman 2 type soal. Sekarang kok malah 5 type soal. Astaghfirllah..

  36. Ryan insomnia Says:

    saya setuju,tapi dengan syarat pak mentri juga harus ikut UAN.biar ngerasain penderitaan rakyatnya….!!!

  37. student Says:

    astaghfirullahhaladzim……… knp nasib angkatan q slalu bgni y…….????? slalu di bwt bahan percobaan…….. wah q jd g bisa konsen belajar nih malah mikirin paket……… coba deh di pertimbangkan lagi …………….

  38. redi Says:

    kalau memang UN tahun ini ada 5 paket itu akan menambah beban dan mental siswa,kami selaku siswa yang akan menempuh UN tahun ini merasa sangat dirugikan dengan ada nya peraturan baru ini,kenapa ingin memajukan pendidikan di indonesia harus dengan cara seperti ini,semestinya pemerintah sadar kalau ingin memajukan pendidikan butuh waktu yang cukup bukan sesingkat ini,UN yang tinggal beberapa bulan lagi dilaksanakan tetapi info dan kepastian nya masih simpang siur,tolong pemerintah memikirkan kembali tentang kebijakan ini..

  39. Bernika Says:

    Stlah sya membaca jawaban anda memang benar kita harus berlatih agar g kaget untk mnghadapi un thn ini.
    TAPI KEPUTUSAN TRSEBUT SANGAT MENDADAK SEKALI DAN PERLU DIPERTIMBANGKAN LAGI.
    jika sesuatu dikatakan secara mndadak maka hasil akhirnya akan tdk memuaskan..
    banyak yang down n saat mnerima pelajaran merasa trbebani dgn berita yg SANGAT MENDADAK INI !

  40. Tanto Says:

    5 paket soal….
    pembunuhan namax ni…,
    tlong di prtmbangkan lagi.

  41. Tanto Says:

    5 paket soal….
    pembunuhan ank bangsa namax ni…,
    tlong di prtmbangkan lagi.

  42. prayetno Says:

    sebaiknya dalam satu ruangan yang berjumlah 20 orang ada 20 paket soal, agar anak bangsa ini belajar jadi dirinya sendiri dan berani menghadapi kenyataan hidup hingga bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat.

  43. dhamar Says:

    saya selaku siswa tidak setuju 5paket soal akan membuat siswa down apalagi tidak ada ujian ulang . tamabhan nilaiselain unas pun blm trlalu ckup bg saya. mencerdaskan bangsa tdak semudah membalikkan telapak tangan. harus ada proses yg bertahap tdk sperti ini.

  44. laztry Says:

    ea ampyuuuuuuun,,,,
    paket soal na byk bgt ,,, brfikir donk tntg prasaan kmi jgn asal nentuin az,,,,,,,,
    g adilllllllllll

  45. MARTHA MARGARETHA Says:

    iya………..
    kejam bgt…………duchhhhhh ngerti ga sich mereka ma kita

  46. tasya Says:

    astaga
    paq susah bgt
    ampe stress awaq bkn na rjin bljar jddi mkin mals bljar

    gmn donk nsib kmi

  47. PirMan (Pira Manuk) Says:

    Bisa depresi lh ku karna UN neeee

    weiiiiiiiiiii
    doain Q ya yar ku g depresi

    okayyyyyy

  48. Parjagal Lasiak Says:

    5 paket soal bisa buat aku depresi berat and mental down,, gmn ma teman-teman yang lain ya…?
    Ku harap Pemerintah mempertimbangkan masalah ini,
    amin.. ya rob

  49. stres dini gara2 UN Says:

    makin byk paket UN = makin byk yg gak lulus = makin byk yg gantung diri = makin byk masuk neraka .!

    wktu gw UN SMP ntu UN prtama klulusn dr pusat ..
    lha skrang gw mo lulus SMA eh malah UN prtama make 5 pket soal .!

    bosen ah jd kelinci percobn UN mulu .!!

  50. andrea Says:

    ya mengenai so’al ujian menjadi 5 paket itu sih gak masalah…. tapi itu juga perlu di pertimbangkan lagi.. karena yang saya rasakan kualitas pendidikan skarang masih sangat jauh skali dengan standart jadi saya rasa itu sangat berlebihan. knapa pemerintah tidak melihat bagaiman kualitas skolah2 swasta?!! jangan hanya melihat skolah2 sma2 yg sudah standart nasional bahkan internasional saja… skolah swasta sungguh sangat memprihatinkan baik di bidang peralatan maupun tenaga pengajarnya…. meskipun tidak smuanya….
    ya jadi mohon bagi bapak mentri pendidikan di fikirkan lagi……

  51. Dinda Syifa Zahrina Says:

    saya dengar paket soal ujian tahun ini sebanyak 20 paket .
    maksud saya, setiap siswa dalam kelas memiliki soal yang benar-benar berbeda .
    mohon pemerintah mempertimbangkan hal ini .

  52. Dinda Syifa Zahrina Says:

    Astaghfirullahaladziim .. :’(

  53. yanyan Says:

    si anjing

  54. yanyan Says:

    ya allah ko kejam bgt jngan di jadikan kelinci percobaan
    kalo mau 5 tahun sx ganti sistem ujian nasionalnya

  55. imam m Says:

    bpk ibu guru… klo dr raport nilainya rata2 9 tapi dr UN dpt 2 sj, mn yg menunjukkan kemampuan kami….ko beda jauh gt

  56. mazhend Says:

    Jangankan 5 paket soal, kalo perlu setiap ruang ada 20 paket soal pun gak masalah. Toh Ujian Nasional kali ini tdk begitu penting utk menentukan lulus atau tidak. Yang penting kerjakan dengan jujur aja.

  57. larasati Says:

    Mau ada 20 paket soal / ruang….. biarin aja. Must go on…..

  58. siswa Says:

    saya harap agar mempertimbangkan paket soal trsebut..
    karna 20 atau 5paket terlalu mmberatkn kami para siswa peserta UN..

  59. siswa Says:

    SAYA HARAP MMEMPERTIMBANGKAN UN KALI INI..
    BAGI KAMI PAKET UN TRLLU MMBERATKN KAMI..20 PAKET BQN KAMII STRESS…

    MAU JD APA NEGRI INI KALO PESEERTA UN BNYAK YG GAG LULUZZ..

  60. Fajar Says:

    sebenarnya pembagian paket soal sangat tidak adik. terakhir paket soal 22 dan paket soal 55 pada UN 2010 sangat jauh beda bobotnya. paket soal 55 sangat sukar sedangkan paket soal 22 sangat sangat gampang…………

  61. AU RICAT TAHAN TIKAM Says:

    SUDE SON HAMU ALO AU… BINATANG
    PUKIMAK

  62. KONTOL BUAT PARA KORUPTOR Says:

    gw anak jakarte nantangin para pemerinteh ngerjaen soel un…

  63. pelajar SMA Says:

    HORE UNAS TAHUN 2011 BANYAK YG GAG LULUS !!
    SELAMAT YAA PAK MENTRI.. :)

  64. andi hakim Says:

    wah, marai kempropokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  65. ubed Says:

    pak 2 paket aja

  66. arif setiawan Says:

    un nyusah ke beeeeeeeeeeeeee….
    pening meker ke.o bnyak igo paket….
    lokak banyak kelas 13 taon ini…..

    hhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  67. arif setiawan Says:

    dari tahun ke tahun,
    semakin banyak yang gak lulus…….
    karna susah aku mikirinyo……….

    dak meker susah apo gawekenyo…..
    anjing, kutu kupret……….

  68. air reverse osmosis Says:

    weleh..makin mumet wae tahun ke tahun hahaha

  69. synch Says:

    sekalian 1 ruangan 20 paket aj. 5 paket trlalu tanggung.. :p

  70. peserta unas Says:

    eeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  71. peserta unas Says:

    pak gk bisa di pertimbangkan lagi……
    mohon pak…………….

  72. andre Says:

    apa-apaan ini?
    mau men down mental siswa.????
    5 paket soal bikin para siswa bisa frustasi ni.
    bukannya lulus ntar, malah banyak yang ngak lulus……

    M.nuh keterlaluan banget nih.

  73. peserta UNAS Says:

    q tadi d sekolah q da pengumuman tentang UNAS katanya pembagianya soalnya di acak truz pakek 5 paket kode soal truz, skl nya hruz 5,2 truz nilainya minimal 4,00…..

    truz gimana nii……….
    thun ini kelihatanya banyak yg gk lulus…
    TRUZ PA KITA DEMO JA MENTRI PENDIDIKAN SECARA BESAR”RAN GIMANA MAU GKK………………..

    TK DUKUNG 100X

  74. peserta UNAS Says:

    GIMANA…………………………….

  75. siswa smp yg menangizz Says:

    nasib anak kelas 3 smp dibuat percobaan..
    nga usah dicoba juga udah ketahuan, beda kualitas pengajar..

    ini org nga ngeliat dari aspek psikologis.. probabilitas ? kehidupan itu bkn sekedar hitung2an..
    kasian sya ngeliat siswa2 yg stres karena nga lulus..

    UN boleh dilakukan dengan standar nasional, asal kualitas pengajar disamakan diseluruh Indonesia..
    anak sekolah itu klo diajarin pasti bisa jawab soal ujian.. lah ini, dikasih ujian yg anak sekolah itu belum diajarin..

    cobalah dicek ke daerah2 diluar kota besar, jgn yang dikota besar..

  76. ada deh Says:

    saya ga setuju dengan adanya 5 paket soal UN. kenapa? karena 2 paket soal saja pengawas sudah kerepotan membaginya. bagaimana dengan 5 paket? jangan sampai waktu 2 jam yang berharga bagi peserta ujian itu terbuang sia2 hanya karena pengawas kebingungan membagi soal. lagipula apakah metode ini akan terusa berjalan? apakah kalau ada anak pejabat atau diknas yang mengikuti ujian sistem ini tetap berlaku? saya rasa akan diubah lagi metodenya agar si anak bisa lulus, iya kan? atau ga tetap 5 paket tetapi sudah mendapat soal/kunci yang asli dari orang dalam. saya bukannya suudzon atau apa, tapi memang begitu kan nantinya? kalo memang mau kualitas pendidikan Indonesia itu jadi lebih baik, coba membuat kuisioner untuk dibagikan ke semua pelajar seluruh Indonesia, supaya kita bisa tau suara mereka, aspirasi mereka, opini mereka. karena yang mempunyai masa depan adalah pelajar itu sendiri, jadi mereka berhak menentukan bagaimana jalannya pendidikan untuk mereka. terima kasih. semoga ditampung ide saya

  77. fira Says:

    ya Allah ya rabb,,,angkatan q sllu jdy klinci prcobaan,,,paq 2 paket ja dc,,,bpq mawu pa UN 2011 bnyak yg gagal,,,2 paket ja dahhg bnyak yg bnuh diri krna frustasi,,,gmna lw 5 paket,,,mngkin anak se indonesia abisss mati n bsa” jdy gila,,,

    udahhg lah,,,idup ni dahhg szahh,,,npa makin di buat suzah,,,

    kasiahannn lah ma qta,,,mza gk pnya nurani c,,,2 paket dahhg ckup kli pak…d naikin ja standar klulusan x,,,gk pa” koq,,,

    ato gk sblumm qta ngerjain soal 5 paket tu,,,1qta tntangin dlu pmerintah buat jawab soal 5 paket UN,,gmna??brani gk lo pade,,jgn bza x asal netapin ja,,,

  78. ilham Says:

    ya 9 p2 bDa pe 5 soal.. bGz jd g contek-coNtekn…..
    hehehe..,
    .jadi plJar2 seIndonesia jdi tambah bisa mikir,klo sekolah tHoo g c5 mAen2 duanx…

  79. Nur Ulil Amri Says:

    Walaupun sudah 5 paket, tapi saya bersyukur sistem kelulusan tahun ini lebih adil :)) 3 tahun perjuangan kami masih dipertimbangkan..

  80. Nur Ulil Amri Says:

    @adadeh:
    bukannya pembagian paketnya terserah pengawasnya??

  81. anjar Says:

    kenapa kita sekolah 3 tahun intinya cuma di tentuin sama un yang cuma berapa hari… kenapa? kenapa kelulusan ga ditentuin sama guru sekolah.. toh mereka kan yang tau otak kita.. secara kita 3 tahun sama mereka.. dan diknas kenapa mereka yang nentuin… kita kan ga kenal siapa mereka dan mereka ga kenal siapa kita jadi mereka ga berhak ngasih kita soa dan nentuin kita lulus apa engga.. apa pemerinta ga mikirin rakyat kecil yang ngebiayain sekolah nya pake banting tulang…. ?
    kaian ga adil… kao paket soal ada 5 dan nilai rapot ikut terlibat sama un harusnya kelulusan ditentuin sama sekolah…
    dan kenapa angkatan sekarang selalu jadi bahan percobaan.. coba ingat 3 tahun lalu.. waktu saya smp pemerintah menambahkan pelajaran IPA. saya sebagai pelajar kecewa dengan sikap orang dewasa yang seperti ini.

  82. HELSI Says:

    astagfirllah…..Un bentar lagi tp soal 5paket bru di sosialisasikan…knpa gk jauh2 bulan sblumnya di umum’in psti para siswa2 gk sepanik ini…..tolong bapak2 mohon dipertimbangkan lagi,,,2paket ja msih da yg gk lulus pa lgi 5paket pak,,,gk kebayang ma kmi,,,,,,,,masa depan kmi bergantung di UN ini…

  83. Baswan Says:

    buat apa kebanyakan paket?
    tidak percayakah kepada pengawas ruang?
    mengapa kok dipersulit (tidak dibuat sederhana)?
    menambah kemungkinan salah/keliru, kok dilakukan?
    Belum tahu hasil penelitiannya, kok sudah dilaksanakan?
    Apalagi kalau setiap paket soalnya tidak acak nomor, tambah tidak adil lagi?
    Cara pengaturannya bagaimana?
    kalau seperti ini
    DCBA
    CBAE
    BAED
    AEDC
    EDCB
    DIGONALNYA MASIH BERDEKATAN
    SAYA MENGUSULKAN
    1. PENYUSUNAN PAKETNYA BEGINI
    5241= EBDA
    1352 = ACEB
    2413 = BDAC
    3524 = CEBD
    4135 = DACE
    KEUNGGULANNYA DALAM HAL BARIS KOLOM DAN DIAGONAL TIDAK ADA YANG SAMA
    2. paketnya acak nomor saja soal sama
    3. percayalah guru itu mulia, perbuatannya pun mulia. guru #gayus

    satu paket itu sudah lebih adil,

  84. iwan Says:

    un kali ini memang memusingkan, siap-siap aja beli obat pusing yang ampuh. Usul Mendiknas: jangan 5 paket soal tapi 20 paket soal aja sekalian. inilah hancurnya pendidikan kita yang selalu uji coba, ganti menteri ganti peratuarannya.

  85. mr.Bob Says:

    tiga tahun kita sekolah, tapi pengujiannya masa dlam tiga hari, ga adil wak.!!!!!!!!!!!!
    think about it `mentri pendidikan`

  86. Rian Says:

    Assalmmualaikum bapk awan sundiawan, sy minta di perjels apakh dlm 5 pakx s0al UN itu pd stiap pakt nya akan berbeda s0al atau kah hanya diacx sja s0al nya?? Tl0ng djawab.

  87. Theara Says:

    apaan UN jd 5 pket soal ???
    Ha ????
    Siapa it yg bwt aturan ??
    Ky ga prnh rasain skul aja…
    Pkir donk,,,
    5 paket soal djamin pst byk yg ga LULUS…
    tlong dpkir klo mw bwt aturan…
    Sesai pa egk ma otak ank skg…
    Coeh

  88. irwan Says:

    sumpah ini benar” gak ada belas kasihan kpda ank bangsa, apakah mereka akan memikirkan resiko dgn soal 5 paket ini? karena tahun kemarin yg 2 paket aja bnyak yg tidak lulus gmna yg 5 paket dan tidak ada ujian ulang?, depdiknas sudah memikir kan ini lebih matang? krn kalau begini caranya siswa/siswi akan lebih memikirkan untuk UN dr pd UAS atau pun ujian praktek, tkutnya bila mereka lebih fokus ke UN dan ujian yg lainnya akan mendptkan nilai kecil otomatis mereka tidak bisa membantu nilai untuk UN, tolong lebih di matangin lagi,, terimakasih

  89. irwan Says:

    ow y gw tambahin lg bwt ilham:
    klo lu berpkir seperti itu, itu sm saja lu menyepelekan UN, lu tuh terlalu pede untuk bisa mengerjakan soal UN, mngnya lu pikir yg ingin UN itu hanya lu saja?
    harus ny lu mikir ujian ini, bukan ujian se jakarta doang tetapi se nasional (seluruh indonesia), gw si bs nerima tp gw g bs nerima dgn sikap mendiknas seperti ini, krn UN 5 pket ini sngat mendadak takutnya org yg kurang pendidikan di daerah lain akan tidak lulus, smoga lu bs lebih memikirkn ini, dan tidak egois

  90. supra Says:

    Walah…walah… kok pada ribut soal paket, baik siapkan aja ilmu yang akan di uji… kan ujian mengerjakan sendiri2 kagak niru teman sebelahnya…. walaupun 20 paket saya kira gak masalah, hanya mudah2an soal2nya perpaket sudah setara… selamat belajar anak2ku semua semoga sukses un nya….

  91. heru Says:

    Sesuai dengan Tugas pengawas UN yang tertuang dalam POS BSNP, pengawas membagikan secara acak. jadi tidak bleh terpola. artinya jika dalam satu ruang ada 5 paket , maka setiap anak tidak tahu siapa yang dapat paket serupa dalam ruang itu. Demikian juga ruang lain.
    Apapun… tetap semangat ! pagi !

  92. ridho Says:

    mohon dipertimbngkan lgi dech…..

    ntar byak korban berjtuhan…

    kmi ddari smk mitra meminta agr pket 5 soal diubah menjadi 2 pkaet……

    by:siswa smk mitra

  93. fbrgaz Says:

    Aslmkm
    tlng doNg mzlah yg 5 paket ntU di btalKan!cobA khususnya mnTri pndidikan brada d kndsi sPrti kami,
    bukan hanya UNAS saja yg kmi hdapi,tapi ada UAs,Ujian prktek dan SnMPTN!KALIAN MAU NGLIat gnerasi pnrus bngsa ada yg bnuh dri gr2 uNas…
    Ini negara indnsia,yg muTu pndDKANNYA mzh bruk,
    !tlng doNg yg 5 paket nich di hapuskan…
    Kmi mhoN DAn meminta kpda pihak2 yg brsngktan,agar uNas yg 5 paket d hpuskan,
    SMANGAT

  94. fbrgaz Says:

    pkir pakek otak…
    Kami stres gr2 5 paket nich!tlong dDngar kLuhan kmi!jngn diem aja…
    Ok
    wslmkm

  95. hady ray Says:

    pak,,pak muhammad nuh,,yang koment banyak nih pak tentang lima paket tersebut,,jangan bikin percobaan yang bikin anda gigit jari nantinya,,guru aja belum tentu bisa lulus UN kalo di kasih lima paket tersebut,,tolong lihat yang dibawah pak nuh,,emang yang mau ikut UN anda apah,,guru mungkin,,strees pak se INDONESIA kalo yang bikin orang strees juga !!!

  96. noval Says:

    ass,,,,,
    pak,,,paket soal A dan B aja banyak yang tidak lulus,,,apalagi dikasih 5 paket,,,,,mau diapakan pendidikan Indonesia,,,

    bayangkan kalau semua sekolahan tidak ada yang lulus,,,,apa kata dunia,,,,mungkin banyak orang mati karena bunuh diri,,,

    dan banyak demo dimn2 pak,,,,

  97. nasron Says:

    assalamu’alaikum , , , ,

    kenapa cuma 5 paket sja , , g’ skalian aj a-z , , ,

    misalnya anda yg menjalani , , apa anda g stress sendiri ? ?

    bpk jg punya anak kan , , bayangkan anak anda yg tidak lulus , , , apa yg anda rasakan ???

    masalah moral masalah akhlaq..
    biar kami cari sendiri…
    urus saja moralmu..
    urus saja akhlaqmu…
    “PERATURAN YANG SEHAT YANG KAMI MAU…”

  98. has Says:

    kenapa takut dengan 5 paket soal kan yang dikerjakan cuma satu paket soal saja

  99. has Says:

    tahun depan tiap peserta beda paket secara keseluruhan

  100. Noval Says:

    tolong dong denah tempat duduk yang soalnya 5 paket

  101. henny Says:

    tlong dnk d prtmbang kan,,,,,,,,,,
    sdng 2 paket ja bnyk ngk lu2s,,,,,,,,,,,,,,,,
    apalgi 5 pket,,,,,,,,,,,,
    AMPUN,,,,,,,,,,,,,,,,,

  102. niky Says:

    kmii sangadh berharap pertimbangan 5 paket soal itt pak , ,,krna mndengar nya saja ,,, ,,mental sudah lmah!!!!!
    bisa” anak bngsa , , ,,bnyak yg stress

  103. Yudi-Aja Says:

    Mau 2 paket atau 10 paket, muridnya cuma ngerjakan satu paket, yg komen kayaknya banyak yg nggak paham. Justru yg bingung pihak sekolah, repot bikin kuncinya……..wkwkwk

  104. JAKA Says:

    Sebaiknya di pikirin lagi pak…….!
    lebih baik dana untuk bikin 5 paket itu
    di gunakan untuk mensejahtrakan rakyat………!
    jka kita menyulitkan anak bangsa….!
    samasaja dengan membunuh anak bangsa…!
    dan merusak keseimbangan negara…..

  105. Trie Says:

    Wahhh ampun donk para pejabat pendidikan ,,, 2 paket ajja udah susah apa lagi 5

  106. panji Says:

    astaghfirullah.. ini memang benar2 mmbuat mental saya down sbg pelajar.. apa kah memang sprti ini sistim pendidikan di Indonesia???

  107. bonar Says:

    Tolong bapak mentri Pendidikan dengarlah suara z jnganLah membuat sistem pendidikan indonesia menjadi hancur…

    Tolong sekalih lagi 2 Pket sJah,,,
    kerena law 5 paket anak – anak peserta ujian nasonal bisa sterezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz menghadapinya

    TOLONG pAK…………………………………………………………………

  108. hendra Says:

    ampunnnn,DOWN mental gua klo gini caranya GAN,
    TOLONG PERTIMBANGKAN LAGI

  109. kan meng-anjing ne Says:

    Wooooiii ANCUUUK . .
    Syapa bintangnya yang mbuat 5 paket soal UN ni . . ?
    masih ada OTAK kagak yg mbwt prturan ni. . ?
    Tolong deh lu gunakan OTAK lo tu untuk mikir . .
    Jangan seenak lo aja mbuat peraturan . .
    Yang UN tu kami . .
    jadi tolong deh . .Lo ubah praturan tuh . .
    2 PAKET jA dah CuKUp . .

  110. king Says:

    ayo semangat, ker! nyapa wedi? tugas kera cuma berusaha maksimal, hasilnya serahkan pada yang maha kuasa, ok?

  111. karina tri utami Says:

    adohh..ojo ngono tah pak..2paket we wes mumet kok po meneh 5paket..2paket mawon nggih pak??????

  112. Halik Says:

    Mari kita tunggu hasil UN tahun ini, apakah banyak yang stres, gila atau bunuh diri ?????????????!!!!!!!!!!!!???????????* ^_^ *************

  113. neza manist Says:

    TIDAKAH KASIAN NEGERI INI KEPADA KAMI, MAU LLS AZA SUSAH AMAT (AMAT AZA NGGAK SUSAH)

  114. zaenal Says:

    apakah soal dalam 1 ruang jadi 5 paket? kalau jadi apakah diknas bisa merubah keputusannya.karna siswa sekarang banyak yang setres memikirkan 5 paket tersebut????????????????…………..>>>>>>>>>>>>>>

  115. usul Says:

    apakah setiap hari 1 anak mendapat soal paket yang berbeda?

  116. PHETO Says:

    bapak???????
    tolonglah jangan buat kami mati kurus……..
    krna mkrn UN yg 5pket….
    tolooonngggggggggg ngarti dewek laaahh………..
    mending di kasih bocran tah apa

  117. YHOGA Says:

    tolonlah,,,, jngan mkin bkin ssah smua anak bangsa yang pengen LULUS…..

    Kami butuh belas kasih dari bapak,,,

    tolong yc,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    jangan bkin kami tambah susah dlam UN,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    MAKASIH>>>>>> matur nuwun >>>>>>> THANKS

  118. agoeng Says:

    2 PAkett azz dahh DOWN Og …….
    aPaLLagi 5 PakEt pakkkkkkkkkkk???????????

  119. hadi luqman hakim Says:

    mohon dgn sangat di pertimbangkan lg.. 2 paket soal saja sudah sngat susah apalagi 5 paket soal…

    kami ingin LULUS ujian pa, mohon permudahkanlah kami untuk lulus ujian..

    terima kasih

  120. sa'adah Says:

    coba deh d pkirkan,,,!!!!!!
    apakah dengan 5 pket bsa mencpai hsil yang d inginkan,,,???????????
    apakh bsa mmjukan dunia pndidikan,,?
    ataukah hanya menyulitkan para siswa saja,,,?
    ????????

  121. maryati Says:

    buat para siswa,, belajar saja…….. toh kalian hanya mengerjakan 1 dari 5 paket koq.
    jangan terlalu didramatisir…….. tujuan pemerintah pasti untuk pendidikan yang lebih baik.
    jangan lupa berdoa… pasti smuanya akan baik2 saja.
    Slamat berjuang anak bangsa…….!!!!!

  122. uefa Says:

    bersiaplah……. SINGLE FIGHTER….. kuharap 5 paket itu gak bakal terjadi GILA AJJA SKULL 3 TAHUN bisa STRESSSSS gara-gara 5 PAKET n aq harap tak ada lg UAN krn yg tw tngkt kecerdsn hanya skull

  123. nursam_cad Says:

    mengapa tahun ini paket soal.ea d rubah n nggak ad un ulang bagi yg tdk lulus….
    ini nama.ea nggak adil….

  124. oka Says:

    samakin lama semakin suliiiiiiit. . .

  125. WAHYU Says:

    APAKAH GK SOLUSI UNTUK YG LAIN……………………………………………….

  126. UN 2011: Soal 5 Paket Menyulitkan Siswa? « Awan Sundiawan Says:

    [...] POS UN 2011: UN 2011 5 Paket Soal dalam Satu Ruang Ujian [...]

  127. gunawan Says:

    Mohon di pikirka kembali soal UN yang 5 paket…2 saja dah bikin pising dan banyak yang gak lulus apalagi 5 paket soal bisa stres siswanya…Apakahpemerintah mau bertanggung jawab kalau terjadi hal yang tidak di inginkan kepada siswa-siswi di indonesia……..!
    Jadi mohon di fikirkan kembali…………..!
    Makasih…………!

  128. dan Says:

    paK,,,moHOn D perTImbAngKAn lagI 5 PAket SOal,,,
    anak Pda stREzzzzz Cma mKrin UJian,,
    dan anak Ujian Bsk JG peneruS bangsa KIta,,
    jadi aq rasa 2 paket saja jg udah cukup.

  129. bayu Says:

    gak peduli berapa paket ketika gua berusaha dan berdoa sama Tuhan gua yakin lulus :)

  130. hufron Says:

    walaupun ada 5 paket tapi gue harus tetap optimis untuk lulus…….
    ya Allah gue harus lulus… Amienn…

  131. Hartoyo Says:

    SOAL LIMA PAKET GAK MASALAH. YANG PENTING TEKNIS PENGATURANNYA DALAM RUANG UJIAN DIATUR DG JELAS. MASALAHNYA DALAM POS UN 2011 TIDAK DIATUR SECARA JELAS. KALAU PERLU 20 PULUH PAKET, AGAR MASING2 PESERTA DALAM RUANG MENDAPATKAN 1 PAKET YG BERBEDA. SPERTINYA PARA KOMENTATOR DIATAS MASIH BANYAK YG BELUM NGERTI ESENSI DARI PAKET TERSEBUT. WAHAI PARA SISWA PERSIAPKAN DIRI KALIAN….. JATAHMU TETAP 1 PAKET.

  132. peserta uan Says:

    mohon dipertimbangkan kembalimmm apa dgn ini indo akan maju pdahal yg yg pnter yg bnyak akal……

  133. Herman Says:

    DASAR DINAS PENDIDIKAN GAK PUNYA OTAK KALI YA…
    JELAS JELAS 2 PAKET AJA UDA BINGUNG PA LAGI NI 5 PAKET…
    KEPIKIRAN TERUS NI….
    MOHON DIFIKIR KEMBALI AKAN KELULUSAN KAMI

  134. hendra Says:

    2 paket aja susah,.,,,
    malah 5 paket,,,
    gk ada solusi apa jgn 5 paket,,,
    pasti banyak yg gk lulus,,,

  135. makmur elmustafa Says:

    saya sudah mempelajari POS UN tapi mash bingung tentang 5 (lima) paket soal sehingga kesulitan dalam sosialisasi kepada siswa. Mohon penjelasan..saran saya klw mau dibedakan baiknya bikin 20 paket jd semua siswa dlm satu kelas akan mengerjakan paket yang berbeda, pngawas pun tdak akan kebingungn mengatur dan siswa mengerjakan soal lebih independek, g’ ngyntek2 lg…

  136. imam ali Says:

    assalamualikum
    saya mau nanya apa antisipasi pemerintah thdp ank2 yg gagal dlam un, disini sya bebicra bkn hasil fisik tp keadaan dr masing2 peserta bgaiman klo ada yg stres,depresibahkn diantar mereka itu da yg gagal sebelum berperang krna alasan td bhkn da yg mau bunuh diri krna tdk lulus un?? apa lg cra penilian kelulusan nya spt itu??
    kita tau cra/proses pddkn anak2 yg tingl djkt,sulawesi,papua,sumatra,kaliamntan itu berbeda sdngkn patokan sama yaitu stndr mnurut pusat…. apa tidak da cra lain?
    dan apa antisipasi pemerinth thd hal diatas??
    bgaimana klo masalah ini pemerintah mengecek terlebih dahul;u kondisi dr masing2 peserta klo perlu pemerinth menyerahkan masalah un ini nkpd pemda setempat( sekolah masing2) ttp acuan nya ttp berpatokan kpd pusat…
    dan klo perlu lg tlong donk ttg praturan 5 paket itu di rubah aja mnjadi 5 paket tp soal nya sama dlm 1 ruangan mnurut sya itu akn lbh efektif trims…

  137. liez putra borneo Says:

    pakkkkkk diknnnnnnnnaaaaaaaaaassssss
    kalian semua mau jadikan kami kelinci percobaan kalian,,,
    2 paket aja udah bnyak yg seetreezzz apa lgi 5,,,paaaakk ini malah bukan mempermudah ke adaan, malah mempersulitt kamiiiii………

  138. kartika Says:

    apa kebijakan tersebut sudah pertimbangkan?????
    apa tidak memikirkan beban yang ditanggung siswa?????
    itu sangat memberatkan, dan membuat siswa tambah terbebani!!!!!!
    MOHON DIPERTIMBANGKAN LAGI…
    TERIMAKASIH

  139. awan sundiawan Says:

    @all: Setelah saya perhatikan, mereka itu akan kesulitan dalam menghadapi kunci jawaban, dan sepertinya pula sejak SMPnya sudah dikondisikan untuk menerima jawaban, padahal ketika saya duku jaman EBTANAS yang soalnya satu paket, sulitnya lumayan juga, artinya dengan banyaknya paket tidak berpengaruh pada kesulitan soal.

  140. yuten Says:

    maaf menteri pendidikan…………….saya sarankan ………..tlong dipertimbangkan lagi tentang rencana anda membuat un mnjdi 5 paket soal…coba anda bayangkan apabila anak anda yg tidak lulus un nanti.apakah anda tega,melihat dia stres krna gak lulus.kecuali anda gak pnya anak.mungkin anda gak akan berpikir sejauh itu.2 paket ja, byk jga yg gak llus………aplg 5?asal anda tawu manusia ne gak bisa hdup sndiri.bgtu pun un..law membuat praturan jgn mendadak donk….

  141. khairunnisai Says:

    3 MINGGU LAGI UJIAN NASIONAL,,,
    MASIH ADAKAH BAIKNYA NEGERI INI UNTUK MENGGUNAKAN 2 PAKET SOAL A DAN B,,,, SAJA

  142. ...... Says:

    alloh swt..:-O

  143. ...... Says:

    M.NUH
    gila habiz kebanyakan boking kali yaa…….

  144. menteri pendidikan Says:

    Pada Ujian Nasional (UN) tahun 2011 ini, akan ada sesuatu yang berbeda. Jika sebelumnya hanya ada 2 paket soal untuk peserta UN, kini soal yang dibagikan ada 5 paket untuk satu ruangan.

    Kalau 5 paket artinya ada 5 macam soal sehingga memperkecil peluang untuk saling kerjasama, menyontek, demikian seperti ditegaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemendiknas) Prof Mansur Ramli.

    Berikut ini tanya jawab Ibu Vit (detik) dengan Prof Mansur Ramli :

    Apa pertimbangan 5 paket soal dalam satu ruangan di UN?

    Pertama agar di ruangan ujian, kalau 5 paket artinya ada 5 macam soal sehingga memperkecil peluang untuk saling kerjasama, menyontek. Kemudian kedua, juga memperkecil siapa pun yang mau intervensi karena kesulitan. Itulah alasan utama kenapa diperbanyak paketnya.

    Semula dirancang bila memungkinkan adalah 20 paket. Tapi tampaknya agak sangsi, jangan sampai di percetakan nanti muncul kekhawatiran tidak mampu atau ada soal yang lembarnya terbalik-balik.

    Ke depannya akan diperbanyak lagi paket soalnya?

    Ini kita bertahap dengan mencoba 5 paket. Ke depan, dipertimbangkan untuk ditambah paket. Jadi kita semakin membangun sistem. Ini merupakan cara untuk mengurangi kesempatan mencontek, mengintervensi.

    Ini tentu belajar dari pengalaman UN sebelumnya?

    Dari pengalaman, di UN ternyata banyak siswa yang tidak lulus karena ada intervensi. Kalau percaya diri, peluangnya lulus tinggi. Contoh, ada beberapa sekolah karena ditemukan intervensi maka ujian dibatalkan. Ketika dihitung yang lulus, hanya 60 persen.

    Lalu ketika ujian dibatalkan lalu diuji kembali dan diawasi ketat, yang terjadi justru lebih dari 90 persen lulus. Artinya kalau diberi kesempatan untuk percaya diri, tanpa diganggu (orang yang berikan jawaban), peluang lulusnya lebih tinggi. Ini karena bahan ujian sudah dibagi. Sepanjang siswa belajar, maka kesempatan lulus tinggi.

    Tahun lalu masih banyak juga yang mencoba intervensi siswa?

    Ya, banyak spekulan yang menjual jawaban yang tidak benar. Kalau ada yang membeli ini karena orangtua dan siswa berpikiran pendek. Berpikir yang penting lulus tanpa berpikir panjang. Sehingga mereka percaya saja dengan penjual jawaban itu. Karena jawabannya salah ya tidak lulus.

    Sosialisasi 5 paket soal UN sudah selesai dilakukan?

    Sosialisasi kepada yang terkait sudah. Kalau kepada siswa, nanti ketika ujian ya sudah akan langsung ada paket soal. 5 Paket ini untuk SMP dan SMA. Ini semua sudah ada Prosedur Operasi Standar (POS)-nya.

    Kapan UN dilakukan?

    Untuk tingkat SMP pada tanggal 25-28 April 2011. UN susulan untuk SMP dan sederajat pada 3-6 Mei 2011. Pengumuman UN 2011 tingkat SMP paling lambat 4 Juni.

    Sedangkan untuk tingkat SMA diadakan pada tanggal 18-21 April. UN 2011 susulan untuk SMA dan sederajat pada 25-28 April. Lalu, hasil UN untuk SMA akan diumumkan di sekolah masing-masing pada 3-6 Mei. Kalau tidak salah, jadwalnya sudah benar begitu.

  145. m.nuh Says:

    kentu ae penak…

  146. diena Says:

    un skrg cm mnyengsarakan kita ja pemerintah g brpikir kita mnjadi trtekan kl sprti ni.

    contoh negri org lain mreka tdk da un tetapi mreka mnerapkan sistem yg brbeda.

    sya bnci dgn pemerintah skrg

  147. Dayo pedak Says:

    Pak bro ,
    Kita liat hasil Try Out / TKM terakrir , apakan nilai siswa bisa mencapai SKL ?

    Klo nilai UN d bawah rata” , apa paket soal ini tetap berjalan ?

    Menurut saya dengan 5 paket soal ini ,
    Sangat tidak efektif .

    bagai mana kalau indonesia / jakarta 60 %nya TL (TIDAK LULUS) ?

  148. dayo 54 cenat-cenut tgl 18 april :( Says:

    Benar bagai mana kalo hasil try out terakhir ancur ?
    Apa masih tetap berjalan 5 paket soal ini ?

  149. frasetya kresna hadi Says:

    3 tahun saya meraih ilmu ,
    3 tahun ayah mencari uang ,
    3 tahun waktu yg lama ,
    Dan d tentukan dengan 3hari ?

    Kusut men :(

    Tolong d pertimbangkan lagi …
    Dengan kebijakannya .

    Trimkas..

  150. Dian Nurdiansyah Says:

    SEMANGAT SEMUA SISWA YANG AKAN MENGHADAPI UN.KITA SEMUA BISA.KITA MASUK BERSAMA DAN HARUS LULUS BERSAMA.JALANI SAJA SEMUA INI.SAYA YAKIN ALLAH ADIL DAN TAHU BAHWA KITA TELAH BERJUANG KERAS.UN 5 PAKET BUKAN SAATNYA KITA DIAM DAN PASRAH.AYO KITA BERUSAHA.MENURUT SAYA PELAJARAN YANG PALING SUSAH ADALAH FISIKA(g penting deh kyknya ngasih tau ginian)TAPI SAYA TETAP AKAN BERUSAHA SEMAMPU SAYA.SEMANGAT PARA SISWA SISWI INDONESIA!

  151. andir Says:

    mendiknas main pukul rata aja tuh banyak sekolah yang PBMnya g berjalan dengan lancar dengan sarana yang g memadai dan guru yang masih kurang .ini memperkosa hak guru huiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  152. SOMA Says:

    .Mw 5Paket, 2Paket atau 20 Paket,,,
    .No Problem…
    .Emang yg diujikan Paketnya???
    .knapa musti Kberatan dg 5 Paket?
    .ga bs Nyontek?
    .ga bisa liat jwbn tman?
    .Kalo ky gitu mwnya ga usah diadain UN sekalian tp DN(Diskusi Nasional)… :p
    .kalo ga Lulus?
    .iy tgl ngulang setaUn… Bkn 3thn..
    .lbh baik nGulang seTaun drpd Luluz dg hsl tdk Jujur, akhirnya tdk bs trsrp diDunia Krja gara” tdk Kompeten…

    .napa yA?anak” pljr Indonesia lbh takut ga Lulus drpd ga Naik Klz?? Pdhl kan sama” cm nGulang Setaun… :p

  153. tiwie Says:

    tolooong
    jangn bikin tbah pusing dengan adnya 5 pket.
    heemmmmmm
    d bikin bhan percobaan aja.
    dan tolong d beri penjelasan langsung dari menteri pendidikannya.klaw 5pket ya 5 pket.jngan bkin bngung.soalnya guru-gru juga lum bisa mastiin.ada 5pket atau 2pket

  154. farhan Says:

    mau di jadikan apa negara ini coba coba mau banyak yang gak lulus thun 2011 ??????
    saya berani jamin bnyak yang gak lulus jika ada lima paket so’al krna sya jga prnah jdi siswa

  155. aditt Says:

    dulu saya sekolah masih sol nya a dan b sekarang ko ckarang di tambah sampai paket e saya tidak setuju caranya kya gtuuu

  156. aditt Says:

    Tolongg jangan di buat pusing sampai 5 pakettt ituu nanti tambah siswa nya tambah pusing bagaimana nanti ke depan nya bertindak lah secara cpat jangan sampai 5 paket kaya gtuuu ,,,, nanti siswa kita banyak yang pusingg ,, gara” adha 5 paket soal ujiann…..????

  157. anak SMA Says:

    saya mohon dengan sangat pak mendiknas , UN tetap bikin mental siswa down , di daerah saya ada anak yang tidak lulus UN SMA , dia menjadi gila dan bunuh diri , ini kisah nyata , karena kami rakyat , kami hanya bisa mengadu ke pemerintah , saya mewakili semua aspirasi murid” SMA , alangkah sedihnya kalo tidak lulus ujian , saran saya , tetap la 2 paket dan setandart kelulusan lebih tinggi , dan perbaikan sistem pengawas . di kelas saya sendiri telah di pasangi kamera agar dapat membantu pengawasan terhadap peserta ujian . kami sangat sangat terkejut mendegar UN tahun ini 5 paket , sedangkan tahun lalu ada 2 paket . mohon di pertimbangkan kembali , terima kasih atas perhatian bapak , saya ucapkan terima kasih yang sebesar” nya . ———- dari perwakilan seluruh anak indonesia .

  158. siswi SMA kelas 3 Says:

    UN tinggal menghitung hari.. 5 paket soal denger-denger sudah fix? heemm.. apa jadinya nanti kalau tahun ini masih saja ada yang tidak lulus seperti tahun-tahun yang sebelumnya. bahkan angka ketidak lulusan tahun ini malah semakin tinggi? oh Tuhan.. (~_~”!) tapi apa bener hasil Raport semester 4, 5 dan 6 bisa membantu kelulusan kami? kalau memang benar.. “alhamdulilah”

  159. I'm Says:

    mohOn dpertimbangkan kembali,,,,,,,, apa pemerintah tidak mendengar kata hati pelajar di indonesia…..?????????????
    kami semua ingin SUKSES,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  160. suwandi Says:

    Mudah-mudahan semuanya bisa jujur baik guru yang mengajar, pemerintah dan murid yang ujian. mudah2an lulus semuanya!amiiiiiiiiiiiiiiiiiin………………

  161. anak SMA kelas 3 Says:

    @soma: jangan belaga pinterr deh kmuu tuuh !!!! Huhhhhh abong abong geus pnterr !!

    Pemerintah toloooong mempertimbangkan kembali donggs !! Jgn sampe 5paket !!
    Oke 5paket asal kami mohon jgn di acak !!!
    Anda berfikir secara logika dongs !!!
    Otak manusia tuh gg terlalu pintarr bngett ada lemah nya !!!
    Urusin dulu noh anggotamu yg KORUPSI !!!!
    BNR2 GG ADIL !!!!

  162. SMA KK XII IPA Says:

    OMG……… taon nie 5 Paket?????
    ap gag slah buat pndidikan di Negara kita????

  163. anak SMA kelas 3 Says:

    iyaah ih , 5 paket gila ajeh deh !!
    Okeh bung 5paket asalkan paket NYA JANGAN DI ACAK SETIAP HARI NYA DONGS BUNG !!!!
    JANGAN MENTANG2 ANDA SUDAH JADI ORG SUKSES , SEDANGKAN KAMI ANAK2 PELAJAR INDONESIA STREEEEESSS MENDENGAR 5PAKET !!!!!!!!
    TOLONG HARGAI PERASAAN ANAK INDONESIA !!!!

  164. nax kls 9 Says:

    meskipun udah belar dgn giat kalau paket nya ada 5 sih pasti pusing , apalagi klw di bogor meskipun rata rata nya 8 and UN dpt 2 mana ada SMA negri yg mau nerima ??..
    Tolong di pertimbang kan lg tentang 5 paket .. Makasih.

  165. Calon Anak Lulus UN Says:

    aduhhhhhh!!!!!!!!!! masa 5 paket

    yakin nie??????????
    ga bkal keliru nie,,,, udah lahhh ga sah bnyk” pket,a……
    nie cie sma ajjah ngebkin susah pelajar,,,, dan bkin kurng PD pda siswa,,,,

    ga smua siswa itu bsa prcya dri dlm UN
    skli pun ada motivsi dr dlm hati trkdng bsa ajjah goyah…..

    pha pemrntah ga prcya yua sma pngaws nya??????????

    pa bu,,,,, jgn brikan pket bnyk” dund…
    nie sih sma ajjah bwt pljar mkin bodoh,,,,,,,,knpa? krna nie hubungan na dgn mental,,, ga da yg mnginginkan u? ga lulus,,, smua,a psti mao lulus

    qlo ga lulus kcian yg nda,,,,,,
    saiia berkata bgni karna saiia pun mrsakan na apha lagi dlam ruangan saiia cma ada 9 orng
    dan itu hrus 5 pket????????
    byum lgi jrak brjauhan,,,, d tambah pengawas na 2
    apha sgto ga mendebarkan????????

    qlo cma 1 pngawas cie no problem,,,, qta mcie bsa tenang ngerjain,a
    lahh ini 2 pengawas 9 siswa,,,,,,
    kacauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  166. haris Says:

    semoga ALLAH mmberikan keajaiban untuk anak klz tiga tahun ini
    amin

  167. Anak kelas3 sma Says:

    Tolong dongs !!!
    HAPUSKAN 5PAKET GANTI DG 2 SAJAH DONG!!!
    SEBAB INI AKAN MENIMBULKAN MENTAL SISWA DOWN ,, !!!!
    MESKIPUN SUDAH BELAJAR TETAPI SYA MERASAKAN NYA , 5PAKET BIKIN PUSING !!!
    BUKAN HANYA PUSING BAGI SISWA TETAPI BAGI PENGAWAS NYA PUN !!!
    SAYA HARAP PEMERINTAH MEMPERTIMBANGKAN NYA KEMBALI .
    TOLONG DENGARKAN ANAK2 BANGSA YG MAU LULUS !!!!

  168. Anak Kelas 3 smp Says:

    Woyy…nihh bener 5 PAKET…!!!
    Hapus ajj 5 paket nya …!!!
    Ganti dengan 2 PAKET saja…!!!
    Ini akan menimbulkan PD seorang siswa dalam mengerjakan UN…!!!

    “”TOLONG HAPUS 5 PAKET MENJADI 2 PAKET”””
    “PLEASE”…!!!

  169. Anak Kelas 3 smp Says:

    3 tahun saya meraih ilmu ,
    3 tahun ayah mencari uang ,
    3 tahun waktu yg lama ,
    Dan d tentukan dengan 3hari ?

    Kusut men

    Tolong d pertimbangkan lagi …
    Dengan kebijakannya .

    Trimkas..

  170. milozall Says:

    SEMAAAAANGAAAADHHHH 11 hari lagi PASTI LULUS UAN BUKANLAH KOMPETISI tapi JADIKANLAH UAN SEBAGAI PENYEMANGAT untuk MASA DEPAN OKE!!!

  171. Mel_nag XII IPA Says:

    y allah apha slah kmi smwa shngga pmerintah bgtu kejam kpd kmi.
    Pak klw mw 5paket tlg penddkn n fsltas sklh dlengkpi, bgaemana mw llus klo fslts n guru.a spti t

  172. Nisa Says:

    kami mohon demi hidup dan mati kami ,pertimbangkanlah 5 paket soal itu ……andaikan saja anak-anak kalian yang menjalaninya pasti dia juga akan sangat terbebani ,,,,,,,,

  173. TAHRIR Says:

    .MAU JD APA BANGSA INI…!!!!!!!!!!!!!
    ..LO PKET AMPE 5 MAU JD AP…PIKIRRRRRRRR……..!!!!!!!!!!!!DONG……!!!!!!!!!BKIN STRESSSSSSSSSSSSSSSSS SISWA AJA….!!!!!!!!PAK MENTRI PIKIR DONG….JNGAN S,ENAK Y AJA,,,,,BRENGSEK..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  174. no name Says:

    loh kok pada ribut sih ada 5 paket? emang masalahnya apa? buat saya mau berapapun paketnya, atau setiap murid di kelas beda paket pun asal belajar dan siap. g masalah tuh. orang-orang yang khawatir gara-gara paket UN di tambah itu rata2 alasannya “MAKIN SUSAH BUAT KERJA SAMA”. wah. malu-maluin bangsa aja. makanya segala sesuatu itu niatnya yang baik dong, bukan asal nilai bagus tapi g berkualitas. ayo! UN 5 PAKET MAJU!!! SEMANGAT!!!

  175. dzakir Says:

    IDICHHH,LAW 2 paket aja udah bnyak kesalahn 2 kelalaian,apalagi 5 paket.
    apa persiapan untuk 5 paket itu udah bnar2 ready…..??? saya tidak mau ankatan saya jadi bahan percobaan.
    tolong tinjau kembali kputusan tersebut.

  176. rain Says:

    un 5 pket soal, ckup membuat ngeri, banyak yang protes,, bguz cech, tpi kugh ky’e jdi ghost ya buat pelajar th sekrag?? jdi deg-deg.an nie.

  177. kontooollllll Says:

    pepek lah kau be yang un
    kontol lh kau be yang un
    kampang lah kau be yg un
    jipod lah kau be yang un
    jembut lah kau be yg un
    kimak lah kau be yang un
    anjink lah kau be yang un
    babi lah kau be yang un
    FUCK TO PEMERINTAH !

  178. orang tua wali murid yang un Says:

    kamu neh dag meker nyari duet susah kge anak2 kami dag lulus kayag mn ??
    nag krjo apo bsok kimak budag ko !!!!!
    kito be single ngrjoen soal un.x !!!?????
    minum tuak dlu tp ???
    selo aku yang bayarrrrrrrrr!!!!! tuak sabrani lah !!!!!

  179. ali ridho Says:

    mw 5 paket 10 pket ato 20 pket yg penting kta cmn ngerjain 1 pket..iya gga??knapa takut

    1 minggu lgi semangat cuyy..

  180. MENTRI KENA KENTOD ANJINK. Says:

    MENTRI NYA KEBANYAKAN COLI NIE….MUNGKIN KECAPEAN MIKIR KARENA DIKENTOD ANJINK KALE,,,,KOWKWOKWOW

  181. MENTRI KENA KENTOD ANJINK. Says:

    AZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  182. MENTRI KENA KENTOD ANJINK. Says:

    PEMERINTAH KERJANYA CUMAN LIAT VIDEO POORNO YG KAYAK DI DPR SEKARANG…ANJINK…

  183. boy ajo nyooooooooooo Says:

    apo lah ko ,, ndak masuak stek alah pemerintah ko ,, assssssssuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  184. zpoken Says:

    ya allah sunggu susahnya ujian nanti

  185. Anas Says:

    ayo.. belajar jujur yok! UN taun ini kyaknya gak ada celah buat curang nih… baca infonya : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=403583336#post403583336

  186. SIAP2 INI AKAN KUBALAS! Says:

    Potret ketidak adilan bangsa Ini.

    Bagi yg msh Sma kls 3 pasti merasakan bahwa tahun kita ini Pasti di jadikan Kelinci Percobaan ama si Dinpen.,

    Bukti;
    1.Waktu kita sd kls 6 baru diadakan UN & Paket A dg B.
    2.Smp Penambahan Matapelajaran IPA di UN kasih taunya juga di Peujung UN.
    3.Yang paling Parah SMA ini,Paket jadi 5,trus sampai sekarang Belum ada Kepastian.

    Hufffft. . ,

    Apakah dg itu bisa merubah mental penerus Bangsa ini Pak?

    Mohon Pak Dinpen jg jd Org munafik & jg sekedar mencari nama bahwa diri dianggap disiplin padahal ada maksud terselubung.,

    Lebih baik Anda bercermin & Urusi ini,msh byk anggota Anda yg tak beres.Korupsi dimana2,Nonton bokep saat Rapat,Berbuat mesum.
    Apakah itu Pantas sebagai Pemimpin,mengurusi hal yg tak penting dr pd yg Penting & darurat?

    Ya sudahlah,yg penting kami bisa belajar dr sikap2 bapak2 kami,Semoga Kami Penerus Bangsa ini bisa Lebih Baik dr Anda2 Semua. ,

    Amin. ,

  187. lhago, siswa yang baik Says:

    5 paket . 50% d negara indonesia gakk lulus

  188. che chee Says:

    jayus semuax. .batin anak SMA khususnya clas 3 tersiksa. .dibuat kelinci percobaan,coba aja mzalkan bpak2 smua jadi kita yg akn tempur dg soal 5 pket pzt stres. .g cuma ithu kecemasan akan trus ada. .dg adax 5 pket soal ithu g akan buat kualitas dunia pendidikan di indonesia smkn maju. .tpi semaki memburuk. . . .mana katax mau mlindungi jiwa anak bangsa. .membunuh btin anak bangsa itu yg iya. .maksh ats percobaan kalian smua

  189. adi Says:

    kalo seandainya yang tidak lulus lebih dari 60% apakah negara akan merasa bangga??????
    terus negara bilang….
    WIHHEBAT ANAK BANGSA INI….
    RARA-RATA G’ LULUZZZ…

  190. che chee Says:

    menyebalkan sekali kenapa harus 5 paket soal. . .??!???apakah anda2 semua tdk memikirkan kami nasib kami semua,generazi penerus.jika banyak yg tdk lulus apa hanya ank yg brsgkutan,0rg tua bhkan scl aja yg malu!?q rasa tidak,negara pun akan malu. .hruznya 2 pket itu sudah cukup membeban kan siswa tdk hrz 5 pket utk memperbaeki dunia pndidikan. .jagnlah eg0is,99% siswa mgatakn tdk setuju tp knp mch tetap 5 paket. . .

  191. SHL Says:

    ahhh apa2an ini?makin lama makin sulit
    bikin pusing aja ni pemerintah
    kayaknya pemerintah waktu jaman mereka sekolahan gak pernah nyontek kali ya?
    Bapak2/Ibu2.please ya.tolong pertimbangkan lagi.
    Kami down.

  192. che chee Says:

    emang og pemerintah n khususnya mentri pendidikan membuat kta semua down. Misal banyak yg g lulus,teruz nasibnya low gmna!apa kah bsa bgkit dlm keterpurukan.udahlah gak uch neko2.zaman dah semakin tua jgn membuat tambh ribet. .pikirkan batin kt smua,krna yg ujian ithu kta bkan pemerintah ato pun mentri pendidikan jgan se enaknya aja. . .tp wlo beneran 5pket apalah daya kt hrz tetap semangat mnjalani percobaan ini,kt hrz ykn bisa. .bktikan kalo kt bisa

  193. rul nuruel Says:

    pendidikan dindonesia sdh trtg9l mlh dtmbh lg dg 5 paket, waduuuh. . . . .tmbh puyeng rek,, mw jd ap negara kt nech, tlng bwt aparat pemerintah ,trtm menteri pendidikan , tlog dprtmbgkn kmbl yaitu mmbwt kbjkn tntg 5paket,, kshn kami,, 2paket mch bnyk yg tdk lu2s aplg 5paket…
    Nech jj bwt klgsugn bangsa dan negara.,.

  194. pembuat soal Says:

    kalo kalian rajin belajar, biar 20 paket, kalian tentu siap. apa bedanya?? kalo 1 paket dikerjakan sendiri2, itu sama dengan 20 paket.

  195. pembuat soal Says:

    bapak ibu guru yang berbuat curang :
    1. memberi jawaban
    2. memalsu data nilai raport
    jangan harap anda lolos dari jeratan hukum

  196. la lanz Says:

    yg bner ja pak msa kta cpe cpe skolah 3 thn tp d tentuin lulus tdkny cmn sma 3 hri. . . ?
    klw gtu mh udh we jngn cpe cpe skolah 3 thn. . .
    udh we ikutan yg 3 hri za . . .

    emang negara ni sdh ancur,
    mreka para penguasa d atas pngin anak pnrusnya lbh tmbh ancur,

    mreka tdk mkir. . .
    coba kalau mereka jd siswa psti mreka juga mrasakn stres sprti siswa skrng rskan,

    klw gtu mh udah we bnuh skalian para siswa yg da di indonesia.

  197. la lanz Says:

    emangnya fasilitas pendidikn d indonesia sdh sepadan blump dngn 5 paket soal. . ? boro~boro sepadan yg da d negri jg fasilitasny msh acak acakan apalagi swasta. . . . cmn 1 yg hrus d ucapkn, fuck to diknas

  198. trie Says:

    pikirkan lagi UN tahun ini please????

  199. wawan Says:

    tanggung spuluh paket aja….
    apapun pket nya yang penting smua soalnya samaaaaa

  200. war_wer speed Says:

    bentar lagi tinggal 2 hari lagi ya alloh..
    semoga ada keajaiban gitu…..

  201. iki yg lebih mantab.. Says:

    Mengapa UN Layak Dihapuskan
    OPINI | 14 April 2011 | 09:50 112 71 2 dari 2 Kompasianer menilai aktual

    1302749407589016408Kebijakan Ujian Nasional (UN) sudah banyak yang menentang. Bahkan sejumlah orangtua yang keberatan atas kebijakan ini, beberapa tahun lalu memenangkan gugatan di tingkat Mahkamah Agung. Namun Mendiknas nekat menyelenggarakan. Ini berarti penyelenggaraan UN melawan hukum. Yah, sepertinya memang sayang melewatkan proyek senilai Rp 592 miliar.

    Well, tulisan ini tidak akan semata menyoal anggaran UN dan perbuatan melawan hukum secara kolektif yang dipandegani mendiknas, walaupun hal itu juga sangat pantas menjadi perhatian tersendiri. Faktanya, rakyat menggonggong UN tetap berlalu. Lebih dari itu, masih banyak alasan yang lebih penting sehingga UN harus dihapuskan dari muka bumi.

    Ada keperihan yang mendalam saat saya menyaksikan jeritan, ratapan dan tangisan anak-anak yang tak lulus UN. Mereka menggelepar-gelepar, merasa jerih payah yang telah dilakukan selama tiga tahun sia-sia hanya karena ketidaklulusan satu mata pelajaran yang dikerjakan dalam waktu 1,5 jam.

    Saya seorang ibu yang membayangkan apa yang mungkin terjadi tiga tahun lagi, bila anak saya duduk di Kelas VI SD. Artinya, seperti UN tingkat SMP dan SMA, maka tidak lulus satu pelajaran saja, anak akan tidak lulus dan terhambat kelangsungan pendidikannya ke jenjang berikutnya. Padahal anak saya peringkat I di sekolah paling top di Kota Solopolitan. Tapi saya tetap khawatir.

    Haha, gampang sekali Mendiknas memutuskan program UN terus berlanjut, dan dengan enteng mengatakan, “Tidak lulus itu biasa…!” Sungguh sayang, tidak ada empati sama sekali. Benar-benar zalim Mendiknas ini. Walau alasannya terdengar keren: meningkatkan mutu pendidikan.

    Tapi yang terjadi dengan UN adalah sebaliknya. Sejak UN digelar untuk kali pertama, sudah dianggap sebagai sumber kecurangan. Kecurangan dilakukan untuk mengejar angka kelulusan, dan juga menjadi tolok ukur kualitas sekolah, yang tentu saja semuanya hanya kamuflase, karena dilakukan dengan curang! Anak-anak pedalaman yang mayoritas lulus itu, karena diajari sama gurunya. Ini sudah menjadi rahasia umum. Tahun 2010, peringkat kejujuran naik, tapi konsekuensinya banyak sekolah yang tidak meluluskan hingga 100% siswanya. Dengan kata lain, kelulusan berbanding lurus dengan ketidakjujuran. Apakah ini bisa dinamakan peningkatan mutu pendidikan?

    STANDAR KELULUSAN TERUS NAIK
    Demi alasan yang sama, setiap tahun standar minimal kelulusan dinaikkan. Satu saja di antara beberapa mata pelajaran UN tidak lulus, maka siswa dinyatakan tidak lulus. Sehingga juara olimpiade matematika bisa tidak lulus karena jeblok di bahasa Inggris. Anak yang sudah mendapat PMDK pun tak sedikit yang tidak lulus.

    Kehadiran Permendiknas Nomor 45 dan 46 tahun 2010 diyakini membawa perubahan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional. Mulai tahun pelajaran 2010/2011, kelulusan peserta didik ditentukan dari nilai akhir (NA). Dalam hal ini Nilai Akhir (NA) diperoleh dari perpaduan Nilai Sekolah (NS) dan nilai UN dengan perbandingan 40%:60%. Namun tetep aja UN menentukan kelulusan dalam porsi besar (60%).

    Beginilah, sebab UN mementingkan hasil, mengesampingkan proses. UN menafikan peran guru, orangtua, dewan pendidikan dan komite sekolah yang telah bertahun-tahun menempa pendidikan anak-anak itu. Masa depan pun terancam hancur karena hanya karena 1 pelajaran jeblok. Ya begini bila mutu pendidikan didasarkan pada angka-angka.

    KESENJANGAN
    Satu lagi, anak di sekolah yang keren di kota besar, belajar di kelas ber-AC, mengikuti bimbingan belajar setiap sore, mengerjakan soal yang sama dengan anak di yang tinggal jauh di pedalaman, mendaki gunung dan menembus hutan agar bisa mencapai sekolahnya yang reyot. UN dijalankan dengan tidak melihat berbagai kesenjangan itu. Inilah Indonesia, “pendidikan untuk semua” selalu didengungkan, namun hanya lips service. Kalau mau UN dijalankan dan MENENTUKAN KELULUSAN, bikin semua anak merasakan fasilitas pendidikan yang sama dulu…!!

    KEMANA YANG TIDAK LULUS?
    Yang paling parah, selama ini tidak semua anak yang tidak lulus mau mengikuti ujian ulangan, yang bahkan untuk tahun ini mekanisme tersebut dihapuskan, alias tidak ada ujian ulangan. Lalu bagaimana nasib mereka?

    1. Sebagian mereka masuk RS jiwa.

    2. Sebagian yang lain mati bunuh diri.

    3. Sebagian lagi memilih tidak bersekolah alias PUTUS SEKOLAH, karena dalam pikiran orangtua-orangtua murid yang sangat sederhana, sekolah yang sudah dibayar mahal hanya menjadi sumber masalah ketika anak tidak lulus. Mereka pikir tidak ada gunanya sekolah. Angka putus sekolah pun meningkat. Bukankah ini bertentangan dengan program Wajib Belajar?

    4. Sebagian kecil mengikuti Program Kejar Paket dengan sembunyi-sembunyi dan malu-malu.
    EBTANAS
    Dulu, ketika saya SD, SMP dan SMA, ada sistem Ebtanas. Nilai Ebtanas Murni (NEM) tidak menentukan kelulusan, namun digunakan saat siswa melanjutkan ke jenjang berikutnya. NEM bagus, dapat sekolah bagus. NEM jelek, dapat sekolah jelek. Sangat fair. Sementara kelulusan diserahkan kepada Dewan guru setelah melihat proses belajar mengajar tiga tahun. Tentu ada yang protes, cara seperti ini akan mendatangkan masalah karena rawan terjadi KKN. Namun setidaknya selain itu, cara ini jauh lebih manusiawi, tidak mengancam program wajib belajar.

    EPILOG

    Baiklah kalau mata hati dan pikiran sudah tertutup, dan UN tetap harus dijalankan, karena anggaran ratusan miliar rupiah juga sayang untuk tidak digunakan (sayang fee-nya maksudnya). Maka silakan tetap menjalankan UN, tapi JANGAN MENENTUKAN KELULUSAN, melainkan untuk memetakan pendidikan. Gunakan result UN itu untuk melihat mana daerah yang butuh perhatian lebih agar tidak terjadi kesenjangan. Daerah yang hasil UN-nya buruk, diberi fasilitas lebih, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, guru yang berkualitas. Sebagai gantinya, terjadi pemerataan pendididikan. Beginilah cara benar meningkatkan mutu pendidikan.

  202. udin Says:

    unasx jngn 5 pket
    2 paket aja udah susah apalagi 5 pket bsa stresss ni kepala??????

  203. nn Says:

    udalahh
    kita trima aja
    toh 5 paket itu gak kita krjain smua kan?
    knapa hrus pusg2?
    klulusn tdk dtntukn UN sj
    gausa panik , yg pnting kita ykin aja
    n blajar jg brdoa

    maaf kalo diantara kalian tdk stuju , sy bsok snin jg pserta lo…
    memg ada rs cemas, tp sy coba klahkan itu..
    prcaya pd kmampuan sndrii
    :))

  204. adjie purbojati Says:

    DOAKAN SAYA BIAR LULUS YA BRO..

  205. muslim abdullah Says:

    ujian nasional tinggal menghitung jam lagi cuyyy

  206. muslim abdullah Says:

    doakan saya biar lulus yahhh cuyyy…

    majulah indonesia…..

  207. XII IPA Says:

    napa gag bkin 20 paket aja??
    sekalian tuch bikin anak2 bangsa prustasi hanya karena ujian nasional yang super susah.
    apa sich bedanya paket tersebut??
    ……
    aku sich sebagai siswa SMA yang akan menghadapi ujian nasional merasa sangat berat denagn adanya 5 paket soal ini. karena yang saya pikirkan, sangat menyakitkan apabila tidak lulus hanya karena gagal dalam ujian nasional yang hanya berlangsung 4 hari. . . . .

    pi aku berdoa semoga seluruh anak di Indonesia bisa mengahadapi Ujian Nasional dan Lulus 100%.
    Amiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnn………:))

  208. zall Says:

    aduh reyod UN sekarang maa.., v mudah2n yaa alloh kami senantiasa diberi hidayah – MU.
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

  209. anak smp Says:

    widiehhh banyak amat…..BAHLUL…madesu….musthope…mera’bal…..prikitew ……selekedep…becandanya jelek…..semuanya dehh…….wah pusingnih… 2 aja udah susah apalagi lima…..ya tuhan tolonglah hambamu ni yg akan menhadapi UN tinggal 7 hari lagi semoga saya lulus dan seluruh anak sekolah yg menghadapi ujian biar bisa lulus amiiinniinn…

  210. sucisucisuci Says:

    wah tdi UN bikin pusingg..
    pemerintah ga pnya HATI BGT seh..

  211. EVAN Says:

    KAMI PENGEN LULUS,, TAPI PEMERINTAH MENYUSAHKAN KAMI.

  212. Nadya Says:

    ya allah adda 5 paket lagie ,, aduuchh ,,,,
    mudah-mudahan lulus semmua…ammiend

  213. muhamad ali Says:

    amin mudah-mudahan lulus semua okkkk

  214. nurus saadah Says:

    Bagaimana kalau ada siswa yang lapor dia ragu-ragu dalam menulis kode soal? apa perlu secepatnya lapor kebenarannya, terus kemana mohon secepatnya ditanggapi. trims

  215. maulida Says:

    ea allah paket oug 5
    gg pnya perasaan pa mentri pendidikan

  216. SIAP2 INI AKAN KUBALAS! Says:

    Alhamdulillah,sekolah kami Lulus 100%,

    tak mumpan jebakan kau Dinaspen,Kami sangatlah kompak. ,

  217. Indra KanGenband Says:

    MATA KAU LAH!!!!! BAGUS KALI UCAPAN KAU

  218. ahmad Says:

    gak apa-apa biarpun paket 5……yang penting kita belajar dengan giat dan selalu optimis kita pasti berhasil……

    belajar dengan giat. berusaha, berdo’a dan solat itulah kunci sukses….

    semoga teman-teman semua lulus dengan nilai yang memuaskan dan dapat membanggakan orang tua..amin……doakan aku juga ya….dan teman-teman yang lain……………..by.ahmad MAN 1 KETAPANG

  219. awan sundiawan Says:

    @all: semoga peserta UN lulus semua dengan lancar.

  220. dietha_yhuphi Says:

    gila…….pecah otakku kalau tau ada 20 paket ujian dalam satu ruangan.HADOH,.,.,.,!!!!!!!!!!

  221. dietha_yhuphi Says:

    eh…kok 20 sorry 5 mksudnya gra2 tmn

  222. awan sundiawan Says:

    Ya UN 2012 sama dengan UN 2011 masih lima paket.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.649 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: