Permainan Dalam Dinamika Kelompok (Materi MOS/MOPD)

Dalam mengisi acara MOS/MOPD saya mencoba akan membuat berbagai permainan untuk siswa dalam materi dinamika kelompok, mudah-mudahan berjalan baik dan bermanfaat. Saya berharap permainan ini membawa dampak baik dalam kehidupannya.

Menyusun Batang Koreng Api

Baha: batang korek api minimal 30 batang, botol bekas

Waktu: 15 menit

Instruksi:

Buatlah kelompok kecil (7-10 orang), kemudian tiap kelompok berbaris ke belakang (buat 1 banjar). Dihadapan barisan masing-masing kelompok sediakan batang korek api dan botolnya. Secara berurutan mulai dari orang paling depan mengambil satu batang korek api simpan di atas mulut botol, kemudian orang kedua mengil satu batang koreng api simpan juga diatas tutup botol, begitu terus sampai batang korek api habis/atau waktu habis.

Kalau berhasil maka akan tersusun batang korek api denga rapi di atas mulut botol.

Tujuan:

  1. kekompakan kelompok
  2. menyelesaikan ide/kreativitas dalam menyusun batang korek api
  3. harmonisasi dalam melakukan penyusunan batang korek api
  4. melatih kecepatan dan ketepatan berpikir.

Membuat Sebuah Bangunan dari Sedotan

Bahan : sedotan sebanyak 50 buah
Waktu : 30 menit

Instruksi:

Buatlah bangunan apa saja, bisa rumah, gedung, rumah ibadah, dan lain lain dengan menggunakan sedotan ini. Bangunan yang kalian buat harus kokoh dan tidak gampang roboh ketika ditiup angin. Bagunan tersebut kokoh atau tidak akan dibuktikan dengan apakah bangunan tersebut roboh atau tidak ketika ditiup oleh fasilitator.

Tujuan dari Games ini:

  1. kerelaan untuk menerima dan mendengarkan pendapat dari teman sekelompok
  2. melatih kepekaan imaginer (kecerdasan spatial) dapat berimajinasi bangunan apa yang bisa dibuat dari sedotan
  3. melatih kecepatan berfikir
  4. melatih mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
  5. mau menerima kegagalan untuk dijadikan pelajaran untuk yang akan datang

Review:
1. apakah maksud dari permainan ini?
2. sudahkah setiap anggota kelompok menyumbangkan pemikirannya?
3. bagaimana cara berfikir dengan cepat, dan tepat?
4. bagaimana menahan emosi ketika sedang membuat bangunan?
5. ketika gagal apakah yang anda lakukan??

Lingkaran Berbelit

Tujuan
Menyadarkan peserta tentang pentingnya rasa 1 tim untuk memudahkan proses belajar dan bekerja dalam kelompok.

Langkah-langkah:

  1. Peserta berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian memegang tangan 2 peserta lainnya (missal : tangan kiri memegang tangan si A, tangan kanan memegang tangan si B) sampai membentuk suatu belitan besar.
  2. Semua kerjasama untuk coba membentuk kembali lingkaran sempurna tanpa melepaskan tangan yang dipegang dan tanpa berbicara.

Menggambar bersama
Latar Belakang
Sebuah kelompok baru dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila terjadi komunikasi antar orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Tujuan
Peserta menyadari arti pentingnya komunikasi dalam suatu kelompok.

Langkah-langkah:

  1. Peserta dibagi dalam kelompok kecil (5 orang) dan setiap anggota kelompok memiliki nomor urut sendiri-sendiri dari nomor 1 sampai 5.
  2. Tiap kelompok mendapat selembar kertas plano dan sebuah spidol untuk menggambar.
  3. Secara berurutan setiap menit, setiap orang dalam kelompok masing-masing diminta menggambar pada kertas plano yang ada, dengan syarat : tidak boleh bertanya atau bicara satu sama lain, setiap orang menggambar apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri, kemudian dilanjutkan oleh yang lain pada kertas yang sama menurut apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri pula, dan seterusnya sampai seluruh anggota kelompok memperoleh bagian waktunya masing-masing untuk menggambar.

Bahan Diskusi :
a. Berapa kelompok yang mampu menghasilkan gambar yang utuh dan jelas?
b. Apa kesan dan perasaan setiap orang terhadap hasil gambar kelompoknya?
c. Bagaimana seharusnya proses yang ditempuh agar hasil kerja bersama itu memuaskan semua orang dalam kelompok yang bersangkutan ?

Menggambar Wajah Pasangan
Tujuan:

  1. Membantu peserta untuk memandang langsung ke dalam mata pasangannya, saling mengenal cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini bisa membantu peserta untuk saling terbuka dan tidak lagi kikuk dengan yang lainnya.
  2. Melatih peserta satu cara sederhana tentang menggambar dan menghilangkan perasaan peserta bahwa mereka tidak mampu menggambar.

Langkah-langkah:

  1. Dengan sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan dan mulai menggambar wajah pasangannya. Bisa mulai dari mana saja tetapi tidak boleh melihat kertas sama sekali.
  2. Gerakkan tangan mengikuti arah gerak pandangannya yang menelusuri garis wajah pasangannya.
  3. Setelah selesai menggambar, masing-masing pasangan bergantian mewawancarai pasangannya, mengenai nama, tempat tinggal, pekerjaan, umur, keluarga dan sebagainya. Waktunya cukup 5 menit saja untuk setiap peserta.
  4. Kemudian setiap pasangan tampil di depan kelompok memperkenalkan pasangannya dengan cara menunjukkan gambar pasangannya sambil menyebutkan :”Nama saya…(nama pasangannya), tempat tinggal….dan seterusnya.

Mutiara Dalam Guci
Tujuan
Merangsang kreativitas dan keberanian peserta untuk berpendapat.
Langkah-langkah:

  1. Gambarlah sebuah guci dengan berisi berbagai benda di dalamnya, di papan tulis (atau di tempat yang bisa dilihat oleh sluruh peserta).
  2. Katakan kepada peserta bahwa itu adalah gambar sebuah guci yang berisi penuh dengan bermacam kerilik, pecahan beling, dan batu-batu yang tidak berguna. Di bagian dasar ada mutiara yang sangat mahal harganya.
  3. Tanyakan kepada peserta, bagaimana caranya mengeluarkan mutiara itu dalam waktu yang singkat dan gampang.
  4. Diskusikan apa hikmah yang bisa dipetik dari permainan ini.

Pecah Balon
Latar Belakang
Bila peserta terlalu banyak menguras pikiran atau berdebat tanpa penyelesaian yang memuaskan pada kegiatan sebelumya, hal ini akan sangat mempengaruhi konsentrasi mereka untuk mengikuti kegiatan berikutnya.
Tujuan
Memberikan kesegaran kepada peserta dengan melampiaskan emosinya.
Langkah-langkah:

  1. Bagikan kepada setiap peserta sebuah balon dan seutas tali raffia (kira-kira sepanjang 2 jengkal).
  2. Mintalah mereka meniup balon masing-masing.
  3. Mintalah mereka mengikatkan balon tersebut di kaki kirinya.
  4. Mintalah seluruh peserta berdiri di tengah ruang belajar.
  5. Jelaskan kepada peserta bahwa tujuan kegiatan ini adalah memecahkan balon orang lain sebanyak mungkin dengan cara menginjak balon-balon tersebut.
  6. Beri aba-aba untuk mulai.
  7. Bahas bersama peserta apa saja yang mereka rasakan, lihat dan dengar selama kegiatan tadi. Kenapa begitu ? Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
  8. Sekarang topic yang direncanakan sudah bisa dimulai.

Bahan-bahan:
Balon dan tali raffia sebanyak jumlah peserta.

Rantai Nama
Tujuan
Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.

Langkah-langkah:

  1. Peserta besama pemandu berdiri di dalam lingkaran
  2. Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
    Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri di sebelahnya (kiri atau kanan) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. Peserta ketiga menyebutkan nama peserta pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
  3. Proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, dimulai dari peserta yang terakhir menyebutkan rantai nama tersebut.

Variasi
Buat lingkaran, setiap peserta secara bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta yang lain menirukan, begitu seterusnya sampai selesai satu putaran. Putaran kedua, semua peserta mengulangi lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan urutan seperti semula.

About these ads

68 Tanggapan to “Permainan Dalam Dinamika Kelompok (Materi MOS/MOPD)”

  1. yuliana Says:

    nah sbgai pembimbing mos……
    ini neh yg w butuhin!

  2. awan sundiawan Says:

    Terima kasih atas apresiasinya.

  3. Wiro Sableng Says:

    Selamat Malam… Week End enggak ada acara ya mending blogwalking aja. Setelah ngebaca artikelnya, Wiro Sableng ngasih komen begini :

    klo butuh informasi tentang angkutan umum di jakarta, cerita wiro sableng, mampir aja di mari gan..

  4. Bang Doel Says:

    Boleh copy ya untuk materi/bahan ajar dinamika kelompok prajabatan di kantor kami. Trims sebelumnya

  5. andi cha Says:

    tahnks….

  6. Kusnanto Says:

    terima kasih atas kepedulian anda, ini akan memajukan bangsa ini. Trust me!

  7. loeckman Says:

    Thanks,
    Tuk Infonya

  8. vhyvhy fivers Says:

    copy yaah :)

  9. mirda Says:

    thanks a lot , sir ! lagi kebagian jadi panitia nih

  10. Aditya Barala Says:

    terima kasih banyak……

  11. kukuh budiharso Says:

    bagus artikelnya…. salam kenal http://budiharso.wordpress.com

  12. Amax Jabrix Says:

    gan jawabanya ada yg belum di kasi tauin nih..
    coba jawab dlu..
    yang judul Mutiara Dalam Guci….
    jawabanya apaan gan..

  13. Imam Mawardi Says:

    Thanks for your material of Dinamika Kelompok. Anda begitu kreatif membuat berbagai permainan.

  14. muhamad ALI saifudin Says:

    thanks bro. It is what i need. Mogga bermanfaat. A good moment to share

  15. Hendra Says:

    makasih ya atas info permainannya.. ^_^
    buat mopd tahun ekarang insyaallah aya gunakan

  16. Suprapto Kasanwaridi Says:

    Bagus materinya. Semoga bermanfaat bagi peserta didik. Amien……

  17. Moh Amin Syafrudin Says:

    thanks ya.. bikin kegiatan jadi fresssshhhhh…

  18. iim Says:

    Thank’s… ya…..ditunggu artikel lainnya

  19. abuaida Says:

    meski isinya tidak uptodate, yang penting oke. siiiiiiplah

  20. awan sundiawan Says:

    @all: semoga bermanfaat, jika ada model yang baru silakan tulis di kometar tulisan ini.

  21. Hasanudin.S.Pd Says:

    Bagus artikelnya salam kenal kang Hasanudin guru MTs Al-Hidayah Tamansari Bogor

  22. awan sundiawan Says:

    @Hasanudin, S.Pd:Salam kenal juga Kang, semoga bermanfaat

  23. Arum Says:

    Thanks banget buat ide-idenya :)
    Pas banget habis ini gue jadi panitia.

  24. gik Says:

    terima kasih mas………… semoga dapat pahala….

  25. awan sundiawan Says:

    @Arum+@gik: terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

  26. linda Says:

    tambah lagi dong permainan yang menarik………….

  27. Zvha C' Blahbloh Says:

    hahahaduhhhh
    adda yang llain sllain ini tidak >.<")

  28. Nana Guava Says:

    “Thank untuk ide2nya, kreatif dan sangat membantu untuk mengisi acara MOPD”

  29. Nuh S Says:

    I like this game very much.. Amaizing, Bro !!!

  30. gilang Says:

    mksihh
    izin copy yahh…

  31. Lily Sii Says:

    makasih ya.a.a.a….ni yg aku cari sbg materi MOS

  32. LYLA Says:

    izin copy ya mas..

  33. fauzi Says:

    bleh d pkai ya.,.,

  34. Angga Putra Says:

    Thanks ya kk..
    Bermanfaat bgt..

  35. Uswah Agung Mulia Says:

    Thanks yah. . . . Q bisa px materi bwt bes0k

  36. Che Says:

    Makasih untuk infonya.. Sangat bermanfaat untuk masa orientasi siswa tahun ajaran baru ini..

  37. SUTISNO OO8@YAHOO.COOM Says:

    TRIM INFO MCAM PERMAINANNYA

  38. shilvi Says:

    ijin copi ya, mksh

  39. funtasik Says:

    thanks infonya…………..hatur tengkyu

  40. dian lukman purnama Says:

    thanks atas info nya,,,,
    smoga yg mmbuat nya dapat mngembang kan ide nya lagi,,,agar bisa beramal lagi,

  41. gilang smpitalqudwah Says:

    mksh bnyk idenya yaa!
    lumayan mmbntu niee!
    smga jdi aml jariah yaa!

  42. asdfghjkl Says:

    Trimakasih yaa atas idenyaa
    soalnya game ini saya butuhin buat ngisi acara :)

  43. juwita Says:

    permainanx seru bgetttttt……

  44. susnadi Says:

    mantappp!!!! ini yg selama ini saya cari terimakasih sekalian ijin kopas

  45. awan sundiawan Says:

    @ALL: trims atas kunjungannya, semoga bermanfaat

  46. arief Says:

    creative pisan euy thank you so much , bisa sekalian kuncinya ga???

  47. awan sundiawan Says:

    @arief: untuk sementara kucinnya bisa dicari sendiri, hehehe

  48. sri padmi Says:

    terimakasih seribu

  49. awan sundiawan Says:

    @sri padmi : sama-sama semoga bermanfaat.

  50. Ninditya Says:

    Makasih, ijin copas

  51. putra Says:

    Makasih gan…….

  52. awan sundiawan Says:

    @Ninditya dan putra: silakan dengan senang hati, terima kasih atas kunjungannya.

  53. Amerita Eka Suci Says:

    Thank you .. Besok aku dan teman OSIS lainnya bakkal ngegunain permainan ini .. :)

  54. firman Says:

    waduuuh,..manteep brother bisa nambah games di MOS untuk adek” besok ni,…heheee thanks ya brother =D

  55. awan sundiawan Says:

    @Amerita Eka Suci, @firman: Ok, selamat menggunakan dengan baik dan benar, hehehe

  56. rianni Says:

    Ka,jwbn mutiara dlm gucii donk..tktx bs byk prsepsi..

  57. awan sundiawan Says:

    @rianni: coba tebak dulu sendiri, hehehe, banyak persepsi juga gpp, yang penting hepi dan enjoy.

  58. sugiyarti guru SMA N 1 Wonogiri Jateng Says:

    makasih infonya sangat membantu kami dilapangan pak…

  59. awan sundiawan Says:

    @sugiyarti guru SMA N 1 Wonogiri Jateng : terima kasih bu, semoga bermanfaat.

  60. triwahyun Says:

    makasich info..nant mo tk pake pd mos d madrshku ya…

  61. Ma'aniputra LA Says:

    thanks ya semoga permainanx nanti sukses di mos smp satap 8 maiwa

  62. Sunaji Al-hubby Mukhorizky Says:

    thank atas artikelnya

  63. ena Says:

    Thnkz for infonya ..:)
    artikelnya bgus .. good job ;)

  64. Febriansyah Says:

    Trims infonya, izin comot ya hehe :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.692 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: