Mengenal Turbo Pascal

Saya mencoba menulis “materi dasar mengenal Turbo Pascal for Windows” yang mudah-mudahan berguna bagi mereka yang suka atau ingin mengenalnya. Apalagi sekarang ini bahasa pemograman Pascal dijadikan acuan untuk materi olimpiade komputer dan kontes pemograman.

Salah satu bahasa pemograman yang dilombakan dalam Olimpiade Sain versi Depdinas adalah bahasa Pascal, kepada siapa yang mebutuhkan materi dasar pemograman dengan bahasa Pascal. Silahkan ambil di sini materi-dasar-pascal. Semoga bermanfaat.

Yang isinya sebagai berikut.
1. Mengenal Struktur Pascal
2. Elemen-elemen Pascal
3. Input dan Output
4. Pengulangan
5. Penyeleksian Kondisi
6. Operasi String
7. Fungsi Standar Aritmatika
8. Fungsi Standar Tranfer
9. Matrik atau Larik
10. Prosedur dan Fungsi

Silahkan ambil di sini materi-dasar-pascal. Semoga bermanfaat.

Ditulis dalam Teknologi. 51 Comments »

51 Tanggapan to “Mengenal Turbo Pascal”

  1. eNPe Says:

    terima kasih atas tulisan bapak. sangat bermanfaat :D

  2. awan sundiawan Says:

    @Bu eNPe: trims atas kunjungannya. :D

  3. TonKin Says:

    nanti kapan kapan saya coba Pelajari…

  4. obay Says:

    Saya baru mau coba-coba belajar bahasa ini.
    Makasih ya Mas… moga bermanfaat bagi kita.

  5. awan sundiawan Says:

    @Tonkin: ya belajarlah dari sekarang
    @obay: selamat mempelajari bahasa ini… (Pascal) :D

  6. gerry Says:

    wah bagus nih utk saya yg mau ikut olimpiade

  7. Lolitus Longgarus Says:

    Terima kasih ya pak, aku baru awam mengenai turbo pascal kalau ada informasi yang lebih tentang turbo pascal tolong kirim ke email aku ya. Tapi ini sudah bermanfaat bagi aku yang masih baru belajar.

  8. soni harja Says:

    bang gimana sih cara membuat permainan dengan pascal?

  9. sunita Says:

    thaks ya tulisan na…
    smoga bermanfaat buat saya untuk mendalami pascal

  10. Eko Fajar Prasetyo Says:

    saya mau bertanya tentang pascal,

    yaitu tentang membuat program yg dpt mengurutkan anka dri 1 sampe sekian,tetapi setiap ada bilangan genap,bilangan tersebut menjadi minus.
    contoh;

    Input : 10

    1,-2,3,-4,5,-6,7,-8,9,10

    seperti itulah hasil compile yang akan dihasilkan,

    sekian dari saya,tolong jawab pertanyaanya,

  11. Eko Fajar Prasetyo Says:

    saya mau bertanya tentang pascal,

    yaitu tentang membuat program yg dpt mengurutkan anka dri 1 sampe sekian,tetapi setiap ada bilangan genap,bilangan tersebut menjadi minus.
    contoh;

    Input : 10

    1,-2,3,-4,5,-6,7,-8,9,-10

    seperti itulah hasil compile yang akan dihasilkan,

    sekian dari saya,tolong jawab pertanyaanya,

  12. Rei Says:

    Pak, saya sedang mengikuti pelatihan OSN TIK Turbo Pascal, dan 2 minggu lagi sudah memasuki tahap penyaringan pertama. Saya sedang membutuhkan bahan referensi pascal yang sering digunakan dalam soal2 OSN. Apa bapak bisa membantu saya?

    Dan lagi, itu pak, linknya not valid. Jadi bahannya tidak bisa kebuka. Gimana donk???

  13. eko wasono Says:

    trims turbo pasalnya

  14. eko wasono Says:

    thank’s pascalnya

  15. planet_daies Says:

    MAKASIH GAN atas pascalnya….

    lain kali w minta cara bikin wab……

  16. h3lpm3 Says:

    Terima kasih bos awan materi pascalnya yaa.
    BAGUS SEKALI….
    saya juga ikut bisnis pulsa juga lho seperti bos awan lumayan juga hasilnya dan gak pakai biaya daftar. Coba aja untuk bagi-bagi rejeki
    http://www.klikdynasis.net/?id=mo1747

  17. awan sundiawan Says:

    Untuk semuanya atas kunjungannya, semoga tulisan di blog ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik.

  18. gilang Says:

    wah…terima kasih ilmunya sangat berguna bagi saya yang amatir!

  19. Nur_asyrifah Says:

    kak,bs mnt bntuan buat listing progra yg outputnya :

    1
    2 4
    3 6 9
    4 8 12 16
    5 10 15 20 25
    6 12 18 24 30 36
    7 14 21 28 35 42 49

  20. Candra Says:

    Bos TPW it apa software dari TURBO PASCAL..thank’s

  21. kirara Says:

    saya baru mau memulai bljr tntng pemrograman komputer dg pascal, tp sy blm pny byngn program pascal itu sprti pa, mnfaatnya apa, cara krjanya bgmna?

  22. Magis Says:

    wah, pak link nya udah nggak bisa kebuka semuanya…
    tolong di link ulang dong, makasih sebelumnya…

  23. didik Says:

    trims banget,sangat membantu kami

  24. Dodi Gumilar Says:

    Terimakasih atas tulisan ini, sangat membantu saya yang baru mulai belajar Turbo Pascal

  25. Rusdi_six3 Says:

    terima kasih gan..bwat materi pascalnya…
    kebetulan lagi beljar pascal bwat persiapan OSP…
    kao punya yang lain tolong di postingin gan…

  26. Irfan Says:

    Bisa dijadikan referensi, nih . . .

  27. tutik Says:

    tq ea…
    q jd gag kslitan agy blajar pascal……
    mkasih skali lg….

  28. sogo Says:

    matus suwon seng kuwataaaaa…atas materi dasar pascal-nya

  29. hendra Says:

    Thanks,,,
    akhirnya dpat jg bahan skripsi Ku.
    sX Lg mkasih bT yg puX situs ne.. Biar Allah yg bLs…Amin

  30. ajeng Says:

    berguna banget :D
    makasih ya :)

  31. lopes Says:

    hehehhe,,,turbo pascal sangat crennnnnnnn,,,,:)

  32. wildan Says:

    Asiiiik….
    bisa belajar Turbo Paskal nih…

  33. wildan Says:

    Asiiiik….
    bisa belajar Turbo Paskal nih…
    Horee…

  34. donleiic Says:

    mantap
    lengkap ++ penjelasannya
    dapet dari buku mana tuh

  35. ojunz Says:

    pak,ko variabelya,ngga ada sihhh………?

  36. Indra Chungix Says:

    kalo program berantai…
    minta tolong
    repeat
    pilihan : upcase (readkey)
    until pilihan in ['1'..'4'];
    write(pilihan);
    case pilihan of
    ‘1’ bentuk daftar (ptrkepala);
    ‘2’ cetak daftar (ptrkepala);
    end

    program ini error…. bisa tidak berikan contoh progran berantai yang jadi atau gak error….
    tolong d posting ya mas awan,,,

  37. muhammad nur awal Says:

    apa sih turbo pascal itu ???

  38. zainudin Says:

    ka’ ajari kita dong bgaimana membuat program yang benar, soa, soalnya ini pertama kali belajar

  39. awan sundiawan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Maaf belum sempat bantu membuat program pascalnnya, saya beri kesempatan dulu kepada yang lain barangkali akan mencoba menjawabnya.

  40. dara Says:

    kak, bsa minta bantuan gak, outputnya gni..
    1
    22
    333

  41. budianaputu Says:

    gan ane punya beberapa contoh program yg udch jd silakan coba2
    ane jadiin satu dengan program extrasi dari turbonya

    http://balimatika.blogspot.com

  42. ndahen Says:

    mercy, terima kasih, syukran, arigatou, thank you, matur nuwun postingannya pak..!!

    cocok bagi saya yang newbie Pascal, semoga jadi amal kebaikan..

    ganbatte kudasai!!

  43. awan sundiawan Says:

    @dara: coba gunakan for di dalam for pasti bisa
    @budianaputu: trims linknya
    @ndahen: sama2 semoga bermanfaat

  44. Achmad Says:

    Temuhun kang atas informasi ilmnya, mudah2an bisa bermanfaat buat ane dan kawan2…

  45. awan sundiawan Says:

    @achmad: sama2, semoga bermanfaat

  46. ikhsan Says:

    thankzzzzzzzz…

  47. aji Says:

    ijin download, untuk sinau pak


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.684 pengikut lainnya.

