Pengembangan Diri dengan Eskul Paskibra

Suatu hari saya di kolling oleh teman lama ketika SMA yaitu teman saya ketika di pasukan pengibar bendera pada tahun 1989-1991. Saya jadi ingat ketika SMA dilatih menyanyikan Lagi Indonesia oleh Kendepdikbud Kabupaten Kuningan (Bapak Dana Setia). Beliau mengajarkan cara menyanyikan lagi tersebut kepada pasukan pengibar bendera.

Ketika pasukan pengibar bendera sedang melatih yuniornya dijuluki “tukang ngabending”. Tapi ketika tiap hari Senin menjadi pengibar bendera. Pokoknya harus siap pakai kapan saja untuk menjadi petugas upacara bendera.

Eskul Paskibra sepertinya dari dulu sampai sekarang salah satu eskul yang masih jarang ada Pembinanya kalaupun ada hanya simbol saja. Bahkan salah satu ekstra kurikuler yang pelatihnya tidak dibayar secara finansial oleh sekolah.

Sehingga eskul ini salah satu eskul yang mengirit biaya pembinaan dan pelatihan bagi pihak sekolah, tetapi keberadaanya sangat diperlukan, coba dengan eskul yang lain? Eskul ini (paskibra) sangat rapi, dan terorganisir dengan baik, mulai dari tingkat satuan (sekolah), kabupaten, provinsi, nasional.

Menurut saya eskul ini merupakan eskul yang kaderisasinya cukup baik. Jika dikaitkan dengan KTSP maka eskul paskibra merupakan pengembangan diri bagi siswa yang sangat baik. Eskul ini jarang melibatkan guru sebagai pembina atau pelatihnya. Bahkan bisa jadi diatu sekolah sampai tidak ada pembinanya.

Eskul Paskibra sangat kuat melibatkan angotanya, sebagai contoh, kalau eskul bola voli sekolah harus menyediakan sarana, kaos tim, dan biaya pembinaan dan pelatihan. Coba kalau eskul paskibra? Idealnya pihak sekolah menyediakan perlengkapan upacara yang baik, menyediakan pakaian serangam paskibra untuk satu tahun.

Seorang anggota paskibra harus menguasa beberapa keterampilan, bahkan harus sehar jasmani dan rohani. Setiap anggota paskibra harus beretika dengan baik. Contohnya: Ketika bertemu dengan senior harus hormat, ketika makan harus tepat waktu tidak boleh bicara, sebelum mulai dan mengakhiri latihan harus berkumpul dulu (apel) dan ditandai dengan berdoa, kalau berjalan (jika bersama) harus melangkah sama, dan banyak lagi.

Sehingga pembinaan dan pelatihan pada paskibra menurut saya pendidikan menyeluruh. Kalau metoda paskibra diterapkan pada kehidupan dunia pendidikan menurut saya sangat baik. Terutarama dalam regenerasi atau kaderisasi cukup baik.

Ditulis dalam Pendidikan. 102 Comments »

102 Tanggapan to “Pengembangan Diri dengan Eskul Paskibra”

  1. nurjannah Says:

    terimakasih atas pujianya,dan kami akan berusaha menjadi siswa yang baik,atas nama anggota paskibra kami ucapkan terima kasih.dan sebenarnya kami berharap bapa bersedia menjadi pembina kami.karna dari awal kami yakin bapa adalaah sosok orang tua yang baik.

  2. nurjannah Says:

    pa nur mau nanya:kenapa c! kayanya eskul kami tdk didukung olh sklh?n knp ga da pembinanya?

  3. kessy Says:

    Dear Rekan-rekan Paskibra,
    Sama seperti yang lainnya, kegiatan exkul paskibra memang kurang mendapat perhatian oleh pihak sekolah, entah kenapa..mungkin karena dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Padahal tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian besar anggota paskibra sekolah, adalah siswa yang berprestasi dan memiliki akhlak serta budi pekerti yang baik. Dan dari situlah, generasi bangsa yang bermoral dan beretika dilahirkan. Saya adalah alumni Paskibra angkt. ’94, saat ini saya ingin mengembangkan kegiatan paskibra di sekolah saya. Bila rekan-rekan berkenan, mungkin dapat membantu informasi mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi paskibra sekolah. Hal ini akan saya jadikan pembanding dengan AD/ART yang sudah ada. Silahkan kirimkan email ke kessy_us@yahoo.com. Segala tanggapan dan respon dari rekan-rekan, saya ucapkan terima kasih. Semoga kebaikan rekan-rekan, dibalas oleh Allah SWT.

    Regards,

    KC

  4. kor Says:

    dear all rekan-rekan PASKIBRA…
    saya cuma tambahan aja yah, ekskul paskibra ini menurut saya benar-benar ekskul yg berdedikasi tinggi dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Harapan saya bagi seluruh siswi/a smp maupun sma/u ikuti ekskul ini mungkin sekarang ini belum anda rasakan apa sih manfaatnya? tapi nanti…secara tdk langsung lambat laun dari sikap, bicara, akhlak itu akan berubah tanpa disadarinya, itupun kalau benar-benar anda seorang jiwa paskibra yang sejati. thx..itu aja.

  5. Muhammad Awaluddin Says:

    kok cuma pengembangan saja, kan masih banyak diantaranya sekolah yang mengembangkan paskibra.contoh sekolah smk informatika bina generasi, alamat website. http://www.smkinformatika-bgr.net kalau bisa juga masukan juga sejarah paskibra agar para pembaca tahu seperti apa paskibra itu dan mudah mudahan paskibra seluruh indonesia bisa terus berkembang.sekian dan terimasih

  6. kamil Says:

    Ass…
    salam kenal dari korps taruna paskibra smpn 1 cikarang barat kabupaten bekasi..
    jika ada informasi tentang paskibra bisa kirim pesan ke mosl3m_k4mil@yahoo.co.id

  7. eQa Says:

    HAIIIIII,EqA Anak paskas kek paskibra juga,eskul itu bisa melatih mental n fisik.meningatkan korsa.bagi temen2 y da di pakam kapan2 kita latgab ya !!!!!

  8. Yunita Says:

    Ass.Hai,bwt anggota paskibra!Lam kenal yaw,,saya anggota paskibra dri salah satu SMA di kota Cirebon.Selema mengikuti paskibra saya mendapat banyak pengalaman yang menarik dan lumayan menegangkan bbagi saya.Banyak lho manfaatnya jika dapat mengambilnya.Tapi ya mungkin cape juga klo lg latihan.Dah panas lama lagi latihannya.Tapi saat itulah hal yang sangat dirindukan juga kita dah ga lagi lat paskibra.Klo da info ttg paskibra bisa kabari saya ya.Makasih.Wass.

  9. raden saiful bahri Says:

    hee…heee…heee
    hidup PASKIBRA!!!
    Gw Banggggggeeeeeeet tuh!
    gw juga anggota paskib,jadigakenak neh!he..he…
    ayo dong paskibra seluruh indonesia buat suatu wadah yang lebih teratur biar terkordinir gtu dch!
    aYO MAJU TERUZ PASKIBRA
    Buat semua pemuda inilah pengembangan diri yang sesuai bagipemuda indonesia,
    coz paskibra merupakan pembentuk mentalpemuda agar gak manja,n gak malas.
    pada masa sekarang ni banyak orang menganggappaskibra dah gak jamannya lagi,padahal disinikita bisa gaul tapi gak kebablasan.
    gw titippesan aja tukselurung komunitas paskibra,”jangan pernah menyerah tukterus memajukan pengembangan diri paskibra” SEMANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAT1

  10. ayu pratiwi Says:

    hai, slm knl to smua anggota PASKIBRA se-Indonesia, menurut qu mnjdi anggota paskibra bangga bgt coz bisa melatih disiplin, mental n fisik. paskibra mempunyai kegiatan yang positif bagi anak2 muda. sejak qu masuk paskibra qu byk pengalaman suka,duka tp byk sukanya sich…. di hati qu sbnarnya masih ingin masa2 dlu menjadi anggota paskibra, kangen ….. bgt ma tmn2 qu dlu n para pelatih,alunmi,pembina, qu slalu terharu saat qu melihat tmn2 seangkatan qu berfoto bersama ihhhh,,,,,, gagah bgt, pke bju kebesaran PASKIBRA,,,,,
    PASKIBRA slalu tetap di hati,,,,,,,,,,,,,,,,
    buat anak2 anggota n alumi PASKIBRA ingat selalu MOTTO PASKIBRA,,,,,

  11. asep soemantri Says:

    sebelumnya assalammualaikum.wr.wb
    saya adalah asep paskibraka kab. bekasi th 2007
    saya juga bingung kenapa ekskul paskibraka tidak dapat persetujuan dari sekolah
    padahal disini kita membawa nama baik sekolah, dan tentunya menjadi siswa yang
    patut dibanggakan, pokoknya saya berpesan kepada seluruh PPI se-indonesia tetap
    semangat ingat paskiraka itu tidak takut salah, tidak takut kalah, tidak takut jatuh,
    tidak takut mati, takut mati jgn hidup takut hidup mati sekalian

  12. Rantini Says:

    Hai PASKIBRA……
    aQ bngga bgt puny ekskuL sprt paskibra,, kbetulan aq anggota paskibra dari slh satu seklah yang ad d XmA1 baturaja,, d xMa 1 paskib na sbnrna Oke bgt ,, kebersamaan nya ckup terjalin dan kekompakan nya pun seperti itu …
    pQoQ na paskib 2 ekskuL yang bwt dri aQ jd lebih mandiri dan lebih dewasa dLm menyikapi suatu masalah … aQ syg n sng bgt prnh knL dengan yg mna na paskibra …

    Tetap berjaya y PASKIBRA q ……khususna bwt paskibra yang di xMa1 Baturaja …
    n bwt paskibra xMa laen ttp brthan y …

  13. paskibra « Viecuterzz’s Weblog Says:

    [...] April 6, 2008 Pengembangan Diri dengan Eskul Paskibra [...]

  14. bagus wijaya Says:

    salam hormat
    saya adalah seorang pelatih ekskul di sekolah SMP 1 DEPOK
    betolak belakang dengan pengalaman kawan2 semua, di sekolah kami keberadaan ekskul PASKIBRA mendapatkan dukungn yang sangat baik. tetap berusaha buat kawan2 yang lain……….semoga di masa depan ada forum komunikasi buat para anggota PASKIBRA di seluruh indonesia

  15. nissa Says:

    terimakasiih..
    atas kata”nya terhadapp paskibra.
    gu jugga ank paskibb.
    nd gu snengg bgdd.
    ohoho.
    tapii gu herann.
    masii ada adj ank ekskul laiin yg anggapp remehh paskibb.
    huhhf.

  16. galih kusuma putra Says:

    Sebagai mantan pelatih di SMA 3 Yogyakarta saya berani bilang, nasib kita beda 180 derajat. Disana, guru ekskul Paskibra (istilahnya disana tonti=peleton inti) benar-benar diperhatikan luar dalam. Untuk tahun ajaran ini saja (2007/2008) dana yang dikeluarkan skul untuk seluruh kegiatan paskibra/tonti Bhayangkara Padmanaba mencapai 15an juta rupiah. Alokasi dana terbesar tentu untuk pembuatan seragam 2 peleton (1 putra dan 1 putri, @35 orang) angkatan terbaru (kelas X) dan juga akomodasi keikutsertaan LBB (lomba baris berbaris). Hebatnya, dana itu masih belum termasuk honor bulanan para pelatihnya (yang 100% alumni), dana cadangan untuk kegiatan dadakan (sampai sekarang selalu cair) dan insentif prestasi (apalagi bila berhasil juara umum LBB dan tembus Paskibraka Nasional).

    Semuanya ada syaratnya seperti program jelas dan target realistis yang terangkum dalam sebuah proposal. Meski demikian, secara pribadi, saya merasa semuanya lancar lebih karena kepercayaan pihak sekolah pada alumni.

    Silahkan kunjungi weblog paskibra/ Tonti SMA 3 Yogyakarta, Bhayangkara Padmanaba
    http://www.bhayangkara.padmanaba.or.id

    Sialahkan juga mengirim artikel untuk diupload disana melalui surat kepada
    Taruna Al Hadid. Padepokan Pohon Karetan SMA 3 Yogyakarta. Jl Yos Sudarso No 7.
    atau via email ke admin: saga_cakep@yahoo.com

  17. imoet Karawang Says:

    paskib CAYOOOOOOOOO…..!!!!

    PASKIBRA????
    Gue bgt tu………..
    wahai anax2 paskibra….gua suka gaya lo……………….ga takut item…and ga takut kurus.
    walopun kalian suka klaparan………….kaya GEMBEL guitu dech..!!!!

    ups sory…kl kata2 gue nyakitin jantung….ya,,,,jujur za ya,,,gue jg anax paskib ko…jadi,,,gue tau kaya gimana anax paskib…dari luar sampe dalem gue tau anak paskib kaya gimana…………………..

    jadiiiiii …………….PASKIB YOUR THE BEST FOREVER……………..

  18. Brigadista Says:

    Fenomeda yang memang sangat menyedihkan memang, walau mungkin sebenernya. tapi apapun yang terjadi, kita mesti terus berjuang, dan membuktikan eksistensi kita yang sebenernya.
    maaf sekalian kasih pengumuman neeh,..(boleh kang ya??!!
    kami dari Paskibra Brigaspad, akam mengadakan event yang kami beri nama Gelar Lomba Pelajar Antar Sekolah (Glopasko) tanggal 09 Nopember 2008. Memperebutkan thropy MENTERI NEGARA PEMUDA DAN OLAHRAGA.
    Keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi blog kami, http.mybrigaspad.blogspot.com
    trimakasih sebelumnya kang Ya!!!
    salam paskibra…

  19. Agel Says:

    Salam Paskibra……
    Saya Anggota Paskibra. Saya sangat cinta sama Paskibra sejak umur 5 tahunan sampai sekarang saya semakin CINTA SAMA ORGANISASI PASKIBRA.
    Tapi, banyak orang yang tidak tahu Paskibra itu sebenarnya apa selain hanya mengibarkan bendera, sampai-sampai meremehkan anak-anak Paskibra yang justru harus dihargai dan bukan di remehkan. Contohnya saja Bapak Eman Sulaeman, beliau Camat Maja Kabupaten Majalengka yang sempat bilang kepada salah seorang senior Paskibra angkatan 2007, katanya “gak usah ada Paskibra segala(pembicaraan menjelang HUT-RI th 2008 kemarin), terus di erek sama 3 orang aja cukup, gak perlu ada pasukannya segala, tambah -tambah biaya aja” tuturnya.
    Tentu saya waktu itu sangat marah, hati mengatakan “aku benci camat Maja”, karena aku kasihan melihat anak2 sekolah yang sudah mengikuti seleksi, latihan selama 2 minggu, pikirannya fokus semua ke Paskibra. Dan Camat maja semudah itu berkata2 seperti orang gak berpendidikan aja.
    Saya harus bagaimana?

  20. chelly karikka agustyass Says:

    chayoo paskibrra..!!!

    i luv paskibra,,guw cnnenk bgtt cmma paskibrra,,

    smppe” w ikuthtan exkul ittu tpp chaiianx xkul ittu dah d bubarin cmm ckull,,,

    hdupp w BeTe bgt tanppa paskibrra..guw bangkit drii paskibrra<<

    yg td’y bandel crring mcupp bp ckrrang brubbah cmma gara^paskibrra ,,

  21. diena s Says:

    ass,,
    hai bwT angGt paskbra se_indonesia
    dri sabang smPai meroukE.
    sLm knL..

    SUKSES sll deh bwt eskL paskib,
    alnya cma nie aTu” nya eskL yg pLng bsa d banggakan,

    g kan kapok deh masuk paskib !!!!!

    bwT smua paskibra se_inDonesia iNgeT motto qTa ya,, biar tambah SEMANGAT.

  22. BIMA Says:

    salam merah putih!!!!
    ni bima di smaga joe anak paskib
    salam kenal buat anak paskib seluruh nusantara ya!!!!!!!!!!!!!!!

  23. BIMA Says:

    hay anak2 passkib smaga joe
    you are is the best

  24. icutt Says:

    Anything…whatever…

    Paski adalah terbaik dari progres organisasi
    berarti luas, penuh makna, namun sarat penyimpangan.

    tragis..

    tapi semua bisa berubah..

    Semua di tangan siapa, dan bagaimana memahami hakekatnya..

  25. Kang Arya Says:

    Salam kenal Kang.

    Leh kasih koment nih buat anak-anak paskibra eny where…
    Kita boleh bangga dengan organisasi yang kita cintai apapun bentuknya siapapun orangnya, tapi jangan sampai fanatik yang berlebihan atau dalam bahasa PPKN adalah nasionalisme sempit atau kalau guru agama bilang taqlid buta…So mari kita tinjau ulang sampai sejauh mana nilai-nilai organisasi yang selama ini kita jungjung sebagai best organization. Apakah memang sudah bebas dari nilai-nilai fanatiq, taqlid dan atau nasionalis sempit…..????????????

  26. Yan kumala Says:

    assalamu’alaikum…
    salam paskibra…
    salam kenal…saya adalah paskibra dari sma n 2 cibinong…dan juga merupakan PPI 08 Kab.Bogor…
    sebagai seorang paskibra…saya juga merasakan hal yang berbeda dari eskul lain…yakni…kebersamaanyang selalu terjagaantar satuanggotadengan anggota lain…bahkan antar angkatan…dari angkatanyang terdahuluhingga angkatan yang baru…banyak di sekolah-sekolahyang eskul paskibnya tidakdidukung sama sekali…walaupunadayang didukung…itu hanya sebagian kecil…mungkinpaskib tidakdidukung karenabanyakyang tidak tahu apa manfaatnya…atau bagaimanacara kerjanya…maka dari itu…sebagai seorang paskibra…kita harus bisa mensosialisasikan PASKIBRA!!

  27. dede supriatna Says:

    anak anak paskibra emang gokil abis………apalagi yng namanya DEDE SUPRIATNA WIJAYA KUSUMA YANG SUKA MANJANGIN NAMA ITULAH NAMA ANDA….

  28. agus komarudin_paska'08.kng Says:

    Asalamualaikum bapak…………..
    salam sejahtera buat bapak saya sampaikan dengan nada hati yang penuh kasih sayang…..
    pa saya dukung banget atas organisasi PPI(purna paskibraka indonesia)karena itu adalah suatu wadah untuk membentuk generasi muda yang cinta akan tanah air………..
    wasalam……….

  29. Egy_beckh7 Says:

    Salam Paskibra…!!!
    Pa, apa sih senangnya di organisasi paskibra???
    padahalkan capek!!!

  30. agus komarudin_paska'08.kng Says:

    pa….maa’f ada yang ketinggalan,,,
    pa,,tolong saya,,saya mnta arahan dari bapak bagaimana sikap saya terhadap organisasi yang saya jalani pa?

  31. Dimas J Gumelar Says:

    Salam Paskibra..
    Setelah membaca artikel mas Awan, saya setuju bahwa ekskul Paskibra adalah kegiatan yang positif dalam membentuk pribadi yang positif bagi para siswa/i

    Mengapa? Menurut saya pribadi, disini kita di didik untuk saling menghormati para senior, menyayangi sesama teman seangkatan dan membimbing adik-adik junior, sehingga tercipta hubungan kekeluargaan bukan hubungan
    “senioritas” belaka dalam ekskul tersebut. Yang mana, ini sangat jarang terjadi di ekskul lainnya. Dan ini fakta yang saya rasakan sendiri, dimana beberapa teman saya yang bukan anggota Paskibra sempat bertanya heran, karena melihat kami yang selalu terlihat kompak dimana saja

    Saya sangat bersyukur mendapat “keluarga kedua” di Paskibra, dimana saya merasa dapat bebas berpendapat dan mengekspresikan apa saja ke sahabat2 saya di ekskul ini. Mungkin banyak dari mereka yang tidak memahami apa enaknya menjadi anak paskibra sebelum mereka merasakan sendiri manis-pahitnya hidup di paskibra, misal tuntutan untuk terus-menerus latihan keras (panas-panasan, dijemur, push-up, “dipukul” pantofel*(periiih man! hehehe) dan berbagai bentuk hukuman apabila melakukan kesalahan) karena akan turun di suatu lomba; berantem dengan salah satu teman sepasukan, karena belum “nyatu” feelnya; cari dana buat proyek kegiatan paskibra yang door-to-door, sehingga pulang selalu sore-bahkan malam; belum lagi masalah dengan susahnya dapet izin dari ortu buat paskib, yang mau-nggak mau kepaksa speak2 “ngerjain tugaslah” ato apalah; belum lagi tugas2 sekolah yang seabrek2 yang gak kelar2 karena udah “malas” duluan buat ngerjain, coz udah capeekkk… hehehehehe….

    Namun, disitulah “ceritanya” anak paskibra, yang mungkin setelah kita lulus smu (amin!), tidak akan terulang lagi setelahnya… Saya pribadi tidak menyangka, begitu cepatnya 3 tahun berlalu hingga saya merasa “baru saja kenalan sama dia”, rasanya hati ini sungguh sangat tidak sanggup untuk mengucap kata “pisah” kepada sahabat2 setelah lulus nanti (amin ya Allah). Kepada semua teman2, baik anak paskibra maupun tidak, saya merasa bersyukur dapat merasakan “masa2 indah” di smu.

    Maka dari itu jangan sia2 kan hidup kamu semua dengan kegiatan2 yang nggak ada juntrungnya (narkoba, seks bebas, tawuran de el el..) Mending sering jadi pulang larut malam karena paskib dan dimarahin ortu (hehehehe.. yg satu ini terserah sih mau diikutin ato nggak), daripada dimarahin ortu gara2 kegiatan2 negatif. Ingat! masa2 smu adalah masa2 yang nggak boleh disia2kan!! Tergantung dari sisi yang mana kamu mau ambil. Semua yang nentuin tetap kamu. Kalo saya sih nganjurin ikut paskib aja, (hehehehe… menghasut nih! Hahahaha!!) Oke!

    Harapan saya buat paskibra, kelak menjadi ekskul yang bisa dibanggakan oleh generasi mudanya, dan tidak dipandang “jadoel, kuno, nggak jaman, bikin item kulitlah ato zzzz” segudang alasan lain lagi… Hidup paskibra! Semangat!!

    Dimas J Gumelar
    Pb 844

  32. Dimas J Gumelar Says:

    Oh iya terlewatkan…

    GLOPREUS 2009

    “COMING SOON”

  33. HIRMAN Says:

    SALAM PASKIBRA KAMI DARI SMAN 1 CIKEMBAR MENURUT KAMI PASKIBRA SANGAT BAIK………………….

  34. lupi Says:

    paskibra,, eskul yang paling saya gemari. hmmph wlwpun panas2an, bikin kulit item, capek ato apalah itu namanya,, bagi saya pengalaman ikut paskibra itu sesuatu yang membanggakan.

  35. alice kuchiki Says:

    hoyy,,, anak** pasga,,,cayo tyuz za,,!!!~
    buat anak**XII_na tetep exsiz za..kren dech

  36. Airin Says:

    JAYA…!!!

    I luv Paskib..

    Mnurut saya,, paskibra mmng bgus bngt.. Mendidik jd pribadi yg lebih baik,,

    tapi,, saya takut kalau suatu hari nanti organisasi ini bubar, karena pemikiran org2 jamn sekarang tidak berpikir sampai sejauh itu..
    kebanyakan hanya mikir capek,capek,capek, padahal banyak hikmah yg ada dari semua itu..

    Buat smua pecinta paskibra,, tetep pertahankan paskib yya..

    JAYA..!!!

  37. Malik Says:

    Salam Paskibra !!!

    memang yang namanya Paskibra itu dari luar kelihatan nggak ada manfaatnya…latihan fisik, dibentak abis sama senior, PBB yang rumit….

    ….tp ada bbrp hal yg tetep bisa bikin aku eksis, aku sndiri nggak tau persisnya gimana kok bisa tetep bertahan. Menjadi Paskibra itu punya kebanggaan, walau bukan berarti saya ikut cuma pingin dibanggakan. Emang konsekuensinya harus siap2 kehilangan berat badan sama jadi item, tapi sebetulnya itu nggak sebanding sama pelajaran yg bs aku ambil di Paskibra.

    well, di Paskibra itu emang penuh masalah, mulai dari fisik, mental, manajemen waktu,(sy lumayan sering dimarahin gr2 pulang telat n kecape’an), kedisiplinan, n kebersamaan walau mungkin yg kita lakukan di Paskibra masih belum sempurna, yang penting selalu ada niat dan perbuatan untuk memperbaiki diri.

    OK, tetep jaya Paskibra Indonesia !!!

    kibarkan bendera Indonesia dan maknai kemerdekaan dan setiap pengibaran dengan segenap perbuatan untuk bangsa Indonesia !!!

  38. aNdhEe Says:

    yup..
    ituu bener banget,,
    knapa yang nama ekskul PASKIBRA tuuu kurang dapet perhatian dari sekolah, terutama fasilitasnya,,
    kenapa bisa mpe kaya gtuuu…?
    pdahal kan Paskibra ntuuu organisasi yang paling baguss tu menurut w n mungkin menurut orang lain juga…
    mmm..
    yawdalahh..
    buat yang ngerasa kurang fasilitasnya dari skolahh..
    qtaaa teteup semangat, cuz paskibra tuuu harus semangat n pantang menyerah serta selalu menjalin kebersamaan sesama anggota, jadii yaaaaa kita buktiin ke sekolah kalo organisasi nii bukan main2,, misalnya,, menang lomba baris berbaris,, jaga sikap selama diskul,, saling ngehormatin lahhh antara junior senior,, dll dehh yg baik2 pokoke…
    hehehhe…..
    n buat yang fasilitasnya dirasa udah lengkap yaaa jangan takabur or nyombongin diri, cuz ga ada tuuu peraturan yng nyatain anak paskib tuuu sombong dll…
    hheu..
    yowis..
    POKOKE PASKIBRA tetap jayaaaaaaaaaa……!!

    hahahhaha…
    =P

    aNdhEe..PPI 07 Kab.Bogor

    fs: birulangit_5@yahoo.com
    * sekalian promosi gichuuuu… =) *

  39. lie chenk Says:

    q sng bgt prnh terlibat jd anggota paskibra,apalagi paskibra SMAN 7 SURABAYA yg sering kita sebut “SAPTA KIBRA”.SAPTA KIBRA didirikan pd thn 1996. Jd umur SAPTA KIBRA skrg da mencapai 13 tahun. Q adalah angkatan 10 dSAPTA KIBRA thn masukx tahun 2005.
    buat semua ank paskibra salam kenal y

    marilah kita sama-sama memajukan organisasi kita tercinta paskibra.

    kita bisa saling berbagi pengalaman!!!!!!!!!!

    SAPTA KIBRA JAYA !!!!!!!!!
    SAPTA KIBRA JAYA !!!!!!!!!

  40. azhari Says:

    assalamu’alaikum.
    tetep semangt pemuda indonesia untuk memperjuangkan bangsa.
    saya anak paskibra sma n 4 palembang,menurut saya paskibra memang bagus untuk melatih dri agar lbh disiplin,tpat waktu,rapi,sehat,dll.tetep jaya eskul paskibra untuk selama lamanya.HIDUP PASKIBRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA.
    MERDEKA.

  41. azhari Says:

    HIDUP PASKIBRA.
    TETAPLAH JADI TELADAN ,,BAIK DISEKOLAH MAUPUN DIMASYARAKAT.
    saya paskibra SMAN 4 PALEMBANG

  42. ARIE BBB Says:

    hallo salam kenal , aq anggota paskibra SMAN 7 SURABAYA
    “SAPTA KIBRA”. jangan patah smangat yaw! lat PBB-nya jg jgn males”an

    god blesssssss you!

    fs q :priabodoh_bgtz@yahoo.co.id (add yaw)
    fs nya SAPTA KIBRA : wearesaptakibra_djaya@yahoo.co.id (add yaw)
    blog nya SAPTA KIBRA : http://www.saptakibra.blogspot.com (kunjungi yaw)

    SAPTA KIBRA JAYAAAAAAAAAA!!!!!!!

  43. fathul azis Says:

    SAlam Paskibra!!!
    Aku anggota paskibra angkatan 2006 kecamatan petir,serang Banten,

    hidup paskibra majulah terus organisasiku yang aku sangat banggakan,karena dari situlah aku bisa segalanya,menjadi anggota paskibra bagiku sangat bangga.suka,duka kami jalani bersama
    aku titip salam buat senior-senior yang telah melatihku khususnya :kang,thawil,Fachri,Edik,iyus,Budi,Danu,dan senior2ku yang lain,aku azis,salam dari aku
    maju lah terus Paskibra kecamatn PETIR,jangan pernah lah organisasi tersebut hilang di telan bumi,
    MAJU TERUZ PASKIBRA
    PASKIBRA
    PASKIBRA
    PASKIBRA

    TIDAK TAKUT SALAH
    TIDAK TAKUT KALAH
    TIDAK TAKUT JATUH
    TIDAK TAKUT MATI

    TAKUT MATI JANGAN HIDUP
    TAKUT HIDUP MATI SEKALIAN
    KALAU ADA SERIBU KAMI ADALAH SATU
    KALAU ADA SERATUS KAMI YAKIN TETAP SATU
    KALAU ADA SATU YA ITULAH KAMI

  44. aLinE Says:

    Salam PASKIBRA!!!

    saya bangga buuuaaanngggeeettttt jadi Anggota Paskibra!!!!!

    oia,,,kenalin..saya aLine,,Calon Paskibra Kota Tangerang Angkatan 2009…hehehee….

    TERUUS LAH JAYA,,,PASKIBRA!!!!

    truz semangat ya wat sluruh ANGGOTA PASKIBRA INDONESIA,,khusus nya Tangerang!!!!!

    sumpah,,,Paskibra ntuh exkuL yang paLLLLiiiiiiiiiiinggggg hebat!!!!!bisa merubah anggota nya yang tadinx selengean jdi anggota yang disiplin dan slalu rapi..contohnya saya neh…hehehee…..

    maju terus Paskibra 2009!!!!
    maju terus Paskibra Tangerang!!!

  45. aLinE Says:

    Salam PASKIBRA!!!

    saya bangga buuuaaanngggeeettttt jadi Anggota Paskibra!!!!!

    oia,,,kenalin..saya aLine,,Calon Paskibra Kota Tangerang Angkatan 2009…hehehee….

    TERUUS LAH JAYA,,,PASKIBRA!!!!

    truz semangat ya wat sluruh ANGGOTA PASKIBRA INDONESIA,,khusus nya Tangerang!!!!!

    sumpah,,,Paskibra ntuh exkuL yang paLLLLiiiiiiiiiiinggggg hebat!!!!!bisa merubah anggota nya yang tadinx selengean jdi anggota yang disiplin dan slalu rapi..contohnya saya neh…hehehee…..

    maju terus Paskibra 2009!!!!
    maju terus Paskibra Tangerang!!!

    fs sya : alinedc@ns.com

  46. aLinE Says:

    Salam PASKIBRA!!!

    saya bangga buuuaaanngggeeettttt jadi Anggota Paskibra!!!!!

    oia,,,kenalin..saya aLine,,Calon Paskibra Kota Tangerang Angkatan 2009…hehehee….

    TERUUS LAH JAYA,,,PASKIBRA!!!!

    truz semangat ya wat sluruh ANGGOTA PASKIBRA INDONESIA,,khusus nya Tangerang!!!!!

    sumpah,,,Paskibra ntuh exkuL yang paLLLLiiiiiiiiiiinggggg hebat!!!!!bisa merubah anggota nya yang tadinx selengean jdi anggota yang disiplin dan slalu rapi..contohnya saya neh…hehehee…..

    maju terus Paskibra 2009!!!!
    maju terus Paskibra Tangerang!!!

    fs sya : aline_dc@ns.com

  47. Fathul Azis Says:

    Majulah Paskibra
    PASKIBRA
    PASKIBRA
    PASKIBRA

    TIDAK TAKUT SALAH
    TIDAK TAKUT KALAH
    TIDAK TAKUT JATUH
    TIDAK TAKUT MATI

    TAKUT MATI JANGAN HIDUP
    TAKUT HIDUP MATI SEKALIAN
    KALAU ADA SERIBU KAMI ADALAH SATU
    KALAU ADA SERATUS KAMI YAKIN SATU
    KALAU ADA SEPULUH KAMI YAKIN TETAP SATU
    KALAU ADA SATU YA ITULAH KAMI
    KALAU ADA SATU YA ITULAH KAMI

    MAJU TERUS PASKIBRA……………..

  48. Fathul Azis Says:

    Aku anggota PASKIBRA angkatan 2006,
    kecamatan PETIR SERANG BANTEN

    PASKIBRA ANGKATAN 2006
    KECAMATAN PETIR SERANG BANTEN

    -Ramat Hidayat
    -yaya sutarya
    -Fathul Azis
    -Daryono
    -Hardi Resinta
    -Taupik
    -Abdul Ghofur
    -Fatur rahim
    -Adi Irawan
    -M.Syafi’i
    -M.Andrean
    -Elut
    itu cuman nama laki2nya ntar anak perempuan nya nyusul …….!!!! iam sorrry i can’t memory all!!!!!!

  49. dea Says:

    ehh… Paskibra..!! Paskibra…..!!!!!

    Paling Hebattt!!! Palingg keRenn..!!!

    huhhhhaa…!!!!

    Paskibra………..

    i’m fallin’ luv with u………………

    luv u so much…………..

    SALAM MERAH PUTIH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  50. almaga Says:

    senior angkatan 2008 yg namanya JUNAEDI/JUMADI NYOLOT ABIIIIIIIiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssss……….

  51. Fathul Azis Says:

    Zalam BUat akang dan eteh SEnior2ku yang ku banggakan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ni aku Azis paskibra kecamatan Petir Serang Banten Angkatan 2006,mau nitip zalam ni buat temen2&angkatan 2007,2008 …………….
    SEmoga kalian semua sehat (AAAmiin)
    jangan lupa yaa maju teruz lah Paskibra kecamatan Petir Serang Banten>>>

    Kalian hrus biza lebih baik dari kami akang&eteh senior kalian,
    Maju terus” PASKIBRA KECAMATAN PETIR SERANG BANTEN”

  52. e-Way Says:

    Salam Paskibra… Jaya!!!
    salam kenal…
    saya aktif di paskibra sejak dari smp (celana pendek) dan saya sekarang melatih paskibra sejak thn 1997 sd sekarang..
    paskibra adalah exkul yg paling tahan banting & sangat baik dalam proses pembentukan watak & pengembangan diri..
    jadi tetap Maju tarus Paskibra..
    dan buat pihak sekolah-sekolah, tolong pembina2/ pelatih2-nya & juga siswa-siswi-nya DIPERHATIKAN, sehingga semakin bertambah MOTIVASI-nya..

  53. gutramida Says:

    gw pkir paskibra ( di skul gw nmnx pasusbra) gk hrrs mngibar bndera, btw msuk smua tertib upcra,…kyak pmbca UUD, korsik,dll…..so smuanx tu tggug jwbnx naq paskibra,

  54. Rekha paskbra 2007 Says:

    Paskibra
    paskibra merupakan kegiatan positif,kita seharusnya mendukung terus paskibra!,karena di paskibra kita bisa ngerasain kebersamaan yang luar biasa!,dan nak2 paskibra juga biasanya jadi penyalur piala terbanyak di sekolah,contohnya di sekolah saya!,tiap tahun sampe 6 piala yang dikasih,bwt sekolah,baik itu lomba baris berbaris,maupun lomba TUB!,maju terus paskibra dimana pun berada,kita semua anggota paskibra ada lah 1,berasal dari seluruh pelosok tanah air,sesuai dengan lambang 16 pasang mata rantai di lambang paskibraka!

  55. Fathul Azis Says:

    TINGGALKAN AYAH IBU

    TINGGALKAN AYAH TINGGALKAN IBU(AYAH IBU)
    IZINKAN KAMI PERGI BERJUANG (BERJUANG)
    DI BAWAH KIBARAN MERAH PUTIH (MERAH PUTIH)
    MAJULAH AYO MAJU MENYERBU SERBU…

    TIDAK KEMBALI PULANG TAK KAN PULANG
    SEBELUM PASKIBRA YANG MENANG PASTI MENANG
    WALAU MAYAT TERDAMPAR DI MEDAN PERANG
    DEMI BANGSA KU RELA BERJUANG (BERJUANG)

    MAJU AYO MAJU AYO TERUS MAJU …
    SINGKIRKAN DIA DIA DIA
    KIKIS HABISLAH MEREKA DEMI NEGARA INDONESIA
    WAHAI KAWANKU PARA REMAJA DI MANA SAJA BERADA

    TERUSKAN PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DEMI BANGSA
    KU RELA BERJUANG (BERJUANG)

    MAJU AYO MAJU AYO TERUS MAJU..
    SINGKIRKAN DIA DIOA DIA
    KIKIS HABISLAH MEREKA DEMI NEGARA INDONESIA
    WAHAI KAWANKU PARA REMAJA DI MANA SAJA BERADA

    TERUSKAN PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DEMI BANGSA
    KU RELA BERJUANG (BERJUANG)

    Itu lagu pavorit paskibra kecamatan
    “PETIR ANGKATAN 2006″

  56. ALAN Says:

    First of all, just want to say HI…..

    a little story about PASKIBRA :

    saya sudah terjun di bidang paskibra ini mungkin sekitar 10 tahun, walaupun masih awam tapi ternyata paskib itu bener-bener realistis. maksudnya, pada saat sudah lulus sekolah, kita harus bekerja dan hidup berdampingan dengan manusia yang lain (mahkluk sosial). tapi karena kta pernah memilkki segudang pengalaman di paskibra, maka itu menjadi sebuah kunci atau dasar pada saat kita bekerja. Bagaimana kita beratraksi dengan rekan kerja, bisnis, dll. karena menurut saya pada saat kita berbaris, yang diperlukan adalah kebersemaan, kesadaran, keikhlasan, kekompakan, dll. karena dalam 1 pasukan itu yang turun bukan 1 orang namun bersama-sama. dan prinsip2 tersebut menjadi pegangan kita pada saat kita hidup kedepan nanti.

    pengalaman di paskibra seru banget, mulai dari anggota paskibra sekolah sampai mengibarkan bendera Merah Putih di KJRI San Francisco, USA, dll. Ditambah lagi paskibra di sma kami tidak hanya bertanggung jawab pada saat upacara dan hari besar, kamipun meramambah ke marching band, dance, cheers, teater, dll. Tanpa menghilangkan kaidah2 paskib itu sendiri.

    masih ada satu lagi, yang masih mengganjal, namun ya sudah lah… WE ARE HERE BECAUSE WHO WE ARE…

    PB.653

  57. ALAN Says:

    ini adalah paskibra sekolah kami.

  58. uciiee Says:

    hiduup paskibraaaa………

    laff u sooo ….

    paskibra bikin kita jadi lebih disiplin n kuat mental …
    awalnya siihh liat paskib latihan dah males banget tapi pas udah masuk paskib baru terasa maknanyaaa …
    makna ikut paskib itu banyak bgd ..
    salah satunya yaaa bikin kompak n ngejalin kerjasama yang baik …
    itu smua bermakna banget buat masa depan ,,,
    di paskib juga bisa menciptakan persahabatan yang indah banget ,,
    smua itu kebentuk saaat menjadi penguruss …

    pengalaman dipaskib itu gag kan pernah terlupakan deehhh …

    laff paskib 8 ..
    u all the best ,,

  59. lia Says:

    PASKRIBA… meman6 seru lho.. aQ ja sng men6ikuti esKuL itU apaLa6i FoRMasi2 ny KerEn2……..

  60. miss. D Says:

    haiii ,smwa anggota paskiibra .. yg ada dii indonesiia !! .

    trnyata paskiibra gg sburuk yg aku bayangiin. hhahahaa , kukira paskibraa itu dimarah2in , dijemur, doang . trnyata lebiih , lebihh banget daripada itu !! :)

    banyak banget yang bisa kita dapet darii paskiibra .. sfat korsa , trus antara senior dan juniior ad hubungan yg baikk :)) , disiplin, truss diajariin banyak laguu yang bguss , dan luculucu grakannya , hihii . loouv you , paskiibra !! :)

    lam knal bwd paskiibra sluruh indonesiaa !! .
    -pskiibra bontang-

  61. mie Says:

    paskibra emank keren banget,, disana kita juga bisa belajar buat jadi disiplin,, yang akan sangat bermanfaat buat masa depan hidup kita….kebersamaan anggota paskibra kuat banget,, dan itu akan menimbulkan persahabatan yang sangat kokoh…………..

    I loph PASKIBRA………..we loph PASKIBRA……………

  62. nurul cute Says:

    SaLam pAzKiBrA InDoNeSiA!!!q SaLaH 1 aNgGoTa PaZkIbRa dE lAmPuNg,,,,”NpE CIeH,pAzKiBrA nE Ga” tErLlU De pErhTi”N dE ScHol”…dLu cIeH Q AnTi bGt mA yG NmE Na PbB,tP SeTlH Q pKiR” aSyIk jG yAcH iKtN PbB,Pa Lg dLam pAzKiBrA..dArI SiTu q mUlAy sUkA Ma eKSkUl PaZkIbRa,,Q SerInG ciEh dE EjEkiN ma TeMn,KtA Na pAzKiBrA bKiN bAdAn iTeM n’ kUpEr bGtZz,,Tp q cKp zNtY CiEh,,,sEjAh nTu q cIeNtA BgTZz mA PaZkIbRa,,,
    i LoVe FoReVeR PaZkIbrAaAa…..
    HiDuP PaZkIbRa!!!!!!!!
    pAzKiBrA TeTaP JaYa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    “capricroncute@ymail.com”

  63. guta Says:

    skul gw di bukittinggi sumbar,yg paski ma pramuka nxa digbungi,..gmna tuh pndpt dr kakak2,

  64. noprizal zulmi Says:

    hai saya nopri saya termasuk anggota PPI(Purna PASKIBRA Indonesia)di kab serdang bedagai,medan ,sumut.
    saya fikir saya cuma sendirian yg mencintai organisasi ini ternyata saya punya banyak saudara yg slama ini saya cari,yaitu kalian.

    saya se7 dengan artikel di atas saya rasa sikap yg ada di PASKIBRA bukan hanya bagus dalam dunia pendidikan(sekolah),
    tapi saya rasa juga bagus di kehidupan sehari-hari,seperti sikap duduk,berjalan,berdiri.
    dan sikap-sikap itu bisa menjadikan kita semua generasi yg disiplin dalam kehidupan.

    makasih buat kakak yg udah nyempetin waktunya tuk ngebuat ne semua.

  65. noprizal zulmi Says:

    oiya ka kalau bisa buat video yg isinya ttg lagu,terutama MARS PASKIBRA,alnya kami kesusahan cari nadanya.

    buat kak GUTA,saya rasa beda PASKIBRA dan PRAMUKA itu cuma masalah sikap dan kepelatihan so,kalau digabungin kayaknya semua orang jadi bingung.

    tapi kalau bekerja sama saya se7

  66. noprizal zulmi Says:

    aku bangga menjadi seorang PASKIBRA
    apalagi PASKIBRA PERBAUNGAN
    kudibina dan ditempa selalu
    tuk menjadi PASKIBRA sejati
    disiplin..disiplin adalah nafasku
    kesetiaan kebanggaanku
    kehormatan sgala-galanya akan ku junjung selalu.

    ni lagu Favorit PASKIBRA PERBAUNGAN,SERGAI,MEDAN,SUMUT

  67. fitria Says:

    hallo…
    salam kenaal iia,aqu fitria.
    capaska karawang tahun 2009..

    Aqu seneng banget ikutan paskibra.
    smga paskibra tetap jaya iia…

    PASKIBRA TIDAK TAKUT MATI..

  68. ESkuL pASkibrA « zhona_nhisya Says:

    [...] Pengembangan Diri dengan Eskul Paskibra [...]

  69. iendha Says:

    ehm,,
    temand cMuwa,,
    kenalIn akkU iendha

    temand2,,qw Maw tanya,,
    menurut Kalian,,
    Ap c yang buat
    ekskul nie tetep EksiS sampe Ckrg??
    Pliiz balez Iaw,,

    my fs:nduk_muets@yahoo.com
    email: iendha_akku@yahoo.co.id

  70. septian 04 Says:

    asslmkm…
    Slam sltrahmi,saya paskbra kab.kuningan angktn 2004 sy jg anggta ppi 04..
    Alhmdlh msh byk kwn2 di indnesia yg msh sngt peduli dng eskul kita ni…
    Smga paskbra selalu jaya,,,
    Jaya trus paskbra…
    Buat ade2,rkan2,srt senior2 sya ucapkan slmt brlath untk persiapa pengibaran 2009…
    Smga sukses selalu..amin

  71. miss. D Says:

    oiia .. ttep smangaat paskibra SMA VIDATRA , BONTANG ..
    wLopun taun 2009 ini yg aktif latiian gaa nyampe 10 orang ,
    tp mskiipun bgituu .. dr vidatra ada yg ke nasional mewakili kaltim .. :D

    so , ttep smangaad smuaa !! .,

    moga taun2 kdepannya paskib vidatra ttep ada .. aminamiin

  72. ade Says:

    PASKIBRA SELALU SEMANGAT DALAM BELAJAR
    TAK KENAL LELAH DALAM BERLATIH
    TUNJUKAN PRESTASI DAN DISIPLIN
    MENJUNJUNG TINGGI NILAI LUHUR PANCASILA
    SUKSES BERSAMA UNTUK SEMUA
    bY.PPI Kota Palangka Raya

  73. Lia Says:

    lam PASKIBRA INDONESIA? ? ? quw nax pzkbra dr bks! . . huy nax pzkibra . . . lthn`a lbh smngt a9y ea? ? ? spya pzkbra tyuz jya. . . amien. . .

  74. Aulia Says:

    hy paskibra indonesia. . . . . hy juja wat para danton di sluruh indonesia . . . . paskibra qrenz biz. . . . . PAZKIBRA I LUPH U 4EVER . . .

  75. Asef Hidaya Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    SALAM PASKIBRA, SALAM PASKIBRA, SALAM PASKIBRA,
    PASKIBRA JAYA.!!!!!

    HEI temen-temen tolong dong yang masi sekolah jaga nama baik paskibra kamu di sekolah jangan sampai tercemar nama baiknya. Apa lagi sampai menhilangkan ekstra paskibra.
    aku dulu gak suka banget yang namanya paskibra tapi setelah aku mencoba memilih salah satu ekstra aku langsung memilih PASKIBRA, dengan pendidikan yang disiplin aku bertambah semangat mendalami PASKIBRA. Kekompakan,kebersamaan, n kekeluargaan terjalin didalam EKSTRA PASKIBRA.
    Oya, kenalin nama ku ASEF HIDAYAT Lulusan SMA N 1 Kec. Larangan Ksb. Brebes JAWA WUSTO.
    Buat nak2 PASKIBRA khususnya adik2 yang di BREBES
    MAJUKAN SELALU PASKIBRA DAN JANGAN PENAH MUNDUR, PASKIBRA TIDAK AKAN PERNAH MUNDUR. YANG TEMAN.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  76. billy Says:

    para anak paskibra di sluruh indonesia jangan enggan memilih eskul paskibra ya. . . . . .

    kita berdoa bersama agar paskibra tidak hilang di indonesia ini. . . . . .

    bagi anak paskib tetap semangat walaupun ada cobaan saat tampil,jangan panik di bawa enjoy aja ok……..

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  77. Afandi (SMK N 2 Adiwerna, Tegal) Says:

    Salam Merdeka!!!!!!!!!

    Salam juga buat PASKIBRA se’antero nusantara yang kemarin bertuga.

    Memang inti pelatihan PASKIBRA itu buat apa aja sih, menurut aku si… ga cuma buat dijadikan pasukan pengibar bendera doang kan…. aku yakin ada pengalaman lain bagi anggota-anggotanya………..

  78. nuahta ginting Says:

    “SALAM PASKIBRA”

    ne saya,nuahta saya paskibra perbaungan,sergai,sumut,T.A ’08
    saya bangga dengan motto kita,karena saya sudah mencoba ny,dan sekarang saya sudah mendapat kan hsil nya.
    dengan diterap kan nya disiplin membuat saya ga pernah terlambat sekolah lg dan ga takut lg dlm mnghadapi sgala hal

  79. vievie elvie ^mochi^ Says:

    chayo paskib, pkoknya nak2 paskib hrs smgat yuach, byar mng tim paskib w dukung paskib…..

    I LOVE PASKIBRA…. FULL TO YOUUUUU…..

  80. Yoia Says:

    Pokonya nak paskibra paling encuy, salam ya buat nak-nak nya
    .

  81. Anak-anak geng baztrax Says:

    Salam buat semua siswa kelas Ixd.By…!!!

  82. BAZTRAX Says:

    Salam buat pembina paskibra….

  83. YOGIA and EMPUY spd Says:

    Hai salam ya buat nak parkibra yang bernama IRMA NUR Mala

  84. beLLa Says:

    duHhH. . . . giLA. . .

    paSkiB maNK iS tHe bEsT dHaH. . .? ?

    maJU tRus PsKiB. . . .

  85. tina agustina Says:

    PASKIBRA………
    saya senang bisa aktif di paskibra…… saya anak paskibra dari satuan SMK Informatika Citra Bangsa….. dan paskibra kabupaten CIAMIS…..

    tingkatkan terus kualitas paskibra di CIAMIS…..

  86. ayosa Says:

    salam PASKIBRA,kami dari paskibra INDRAMAYU, kecamatan terisi,kami di sini mempunyai nama untuk paskibra kecamatan,,yaitu PKPB(pasukan khusus pengibar bendera).

  87. delfy Says:

    salam PASKIBRA…
    saya PASKIBRA dari SMA N 1 PERBAUNGAN kab.serdang bedagai provinsi sumut…
    berbangga hati lah kalian yang telah menjadi anggota PASKIBRA..
    Sebab seorang PASKIBRA memiliki nilai lebih dari siswa2 yang lain..
    baik dari segi kedisiplinan,fisik,mental,n sebagai’a..
    dPASKIBRA bkn hanya dajarkan baris berbaris tapi banyak hal..
    cth’a kecil’a saia KEBERSAMAAN..
    Cth ne keliatan’a sepele..
    tetapi makna’a sangatlah dalam..
    buat PASKIBRA SMA N 1 PERBAUNGAN N seluruh PASKIBRA diindonesia moga PASKIBRA ttp jaya n mkin berkembang…
    BRAVO PASKIBRA..
    SELALU DIHATI…

  88. nurdiansah Says:

    PASKIBRA…………..!!!!!!!!!!
    Tidak takut salah……….!!!!!!!!!
    tidak takut kalah………..!!!!!!!!!!
    tidak takut jatuh….!!!!!!!!!!
    tidak takut mati………..!!!!!!!!!!!!!
    takut mati jangan hidup……..!!!!!!!!!!!
    takut hidup mati sekalian……!!!!!!!!!

    jadi bwat nak2 paskibra yg ada d indonesia supaya pegang teguh dengan moto paskibra tersebut………!!

    Salam kenal dari paskibra cirebon “TIARA PUTIH”

  89. PASKIBRA 2010 Says:

    assalamualaikum

    salam kenal saya PASKIBRA angkatan 2010 kabupaten kuningan

    semoga PASKIBRA semakin berkualitas dan semoga tetap jaya serta di isi dengan generasi muda yang berbakat, berkualitas, bermartabat, bermoral, dan terbaik dari yang terbaik

  90. Martin Qwinsi Says:

    hi salam paskibraka
    saya paskibraka angkatan 2011 kabupaten okuselatan
    saya ingin brpesan klo mo didik capas tu awal latihan tu sebaik na capas2 dibuat seneng biar mereka betah masuk paskibra kta jngn terlalu memakai kekerasan krna tu mnimbulkn rsa tidak nyaman di hati mereka
    ok n semoga paskibraka indonesia makin maju n tetap exsis ok…………………………

  91. devi Says:

    .salam knal yaa akang teteh anggota paskibra seluruh indonesia.. :D
    .saya paskibra angkatan 2010.. :)

  92. Bgrnet | TagHall Says:

    [...] }).render().start(); No matching videos . Sekolah « Janoko Personal Web . Pengembangan Diri dengan Eskul Paskibra « Awan Sundiawan . . . . [...]

  93. suherman Says:

    saya anggota ppi 88 mohon teman teman satu angkatan balas tulisan saya
    sudah sekian lama kita tidak kontak semoga kelurarga temen teman dalam keadaan baik sekarang saya bergabung dengan ppi kota sukabumi, saya mencari ade ratih widiana,wise,ade rohilah,tating,rita pujiamarita,hamu,munawar dll. dimana sampean sampean berada sementara aku ada di alamat ini
    salam paskibra
    suherman.
    anggota kodim 0607 sukabumi
    my mobile phone : 085659488764
    DI ANTOSS YAAAA…..

  94. novii Says:

    PASKIBRA JAYAA TERUSS !!!

  95. fikri Says:

    paskibra di sekolahku semakin diminati banyak siswa/i
    makin jaya teruss..

  96. awan sundiawan Says:

    Salam Paskibra untuk semuanya, semoga nilai-nilai kebaikan pada sudah ditanamkan selama kegiatan Paskibra dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  97. basiran Says:

    salam kenal paskibra se-indonesia. semoga jadi orng yg brgna bagi bangsa dan negara

    aminnn…….

  98. chris Says:

    bagi sekolah di daerah depok dan perbatasan depok bogor atau depok jaksel
    dan membutuhkan pembina laskibra yg berpengalaman sejak 2008
    silahkan kontak saya
    089674759962

  99. awan sundiawan Says:

    @all: salam paskibra untuk semuanya.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.634 pengikut lainnya.

