Simpan Data di Internet, Kenapa Tidak?

Menyimpan atau back up data di berbagai perangkat media penyimpan macam harddisk, CD/DVD, flashdisk, dan kartu memori memang sudah umum dilakukan. Tapi, kini ada cara baru yaitu menyimpan data secara online back up (melalui internet), di mana data-data yang kita anggap penting bisa disimpan di dunia maya. Para penyedia layanan ini mengklaim, back up dengan cara ini lebih mudah dan aman, karena semuanya berlangsung otomatis sehingga meminimalkan human error.

Cara penyimpanan data di internet yang kini tengah populer di AS, sejatinya bukan sesuatu yang baru. Pada periode akhir 1990-an hingga awal 2000, layanan internet drive sempat popular. Sayangnya, perubahan konsep bisnis dari gratis menjadi berbayar, membuat pelanggannya sedikit keberatan. Meski demikian, layanan yang ditawarkan sejumlah situs tersebut bertahan hingga kini. Selain muka-muka lama, wajah baru yang melayani media simpan online bermunculan. Tak sedikit pula yang menyediakan kapasitas simpan ratusan megabit, bahkan hingga gigabit. Umumnya dilakukan secara gratis, meski ada juga versi berbayar.

Sebut saja Megaupload (http://www.megaupload.com), yang memungkinkan kita menitipkan file hingga 500 MB secara gratis, tanpa batasan waktu. Selama file tersebut sering di-download, maka file akan tetap disimpan oleh server. Sebaliknya, bila dalam waktu lebih dari 30 hari tidak ada aktivitas download, Megaupload secara otomatis menghapusnya. Tipe file yang bisa dititipkan tak terbatas, asalkan tidak melebihi kuota. Artinya, mulai dari koleksi MP3, foto, video, aplikasi, hingga dokumen presentasi pekerjaan Anda bisa dititipkan. Untuk menggunakannya tidaklah sulit, bahkan Anda tak perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Tinggal pilih file, lalu upload. Setelahnya, kita akan mendapatkan alamat web tempat file tersebut bisa di-download.

Layanan media simpan online lain bisa ditemukan pula di situs http://www.rapidshare.de. File apa saja bisa Anda titipkan, selama besarnya maksimal 50 MB per file. Jumlahnya terserah. Namun, bila kita memiliki file lebih besar dari batasan maksimal, sebaiknya pecah dulu menjadi beberapa file. Layanan ini juga bakal menghapus file yang tidak diakses selama 30 hari.

Pada versi gratis, Rapidshare membatasi jumlah file yang bisa di-download per jam berdasarkan alamat IP (internet protocol). Bila kita baru saja men-download file berukuran puluhan megabit dari server, perlu sekitar satu jam untuk bisa mengambil file lainnya. Jika ingin meningkatkan hak akses, tersedia layanan premium mulai dari 10 euro (sekitar Rp 120.000,00,-).

Lain lagi layanan yang diberikan oleh http://www.mytempdir.com. Layanan penitipan file di internet ini membatasi lama penyimpanan file di servernya hingga 14 hari saja, atau ketika file telah di-download sebanyak 800 kali. Selebihnya, file akan langsung dihapus dari server.

Seperti juga kebanyakan layanan serupa, untuk menggunakan Mytempdir.com, Anda tidak perlu mengisi formulir registrasi. Tinggal pilih file yang ingin Anda upload, lalu klik tombol [host it].

Pengguna Gmail (http://www.gmail.com) sebenarnya bisa memanfaatkan layanan berkapasitas 2 GB itu, sebagai media simpan internet pribadi. Dengan aplikasi Gmail drive shell extension, Anda dapat menyimpan file dalam e-mail account langsung dari komputer. Download dari situs http://www.viksoe.dk/code/gmail.htm, kemudian instal. Satu drive tambahan akan langsung terlihat dan bisa diakses melalui Windows Explorer. Syaratnya, komputer harus terkoneksi dengan internet. Bayangkan, dengan metode ini Anda akan mendapatkan tambahan drive baru dengan kapasitas 2 GB. Sayang, karena aplikasi kecil ini bukan aplikasi resmi Gmail.com, maka si pembuat aplikasi pun tak menjamin sampai kapan aplikasi ini dapat terus bisa digunakan.

Salah satu penyedia layanan media simpan online terbaru dan paling spektakuler kapasitasnya streamload. Layanan yang bisa didapat dari situs http://www.streamload.com ini memungkinkan Anda menyimpan 10 GB data atau setara dengan empat jam video klip beresolusi tinggi, 2.000 file MP3, atau 10.000 foto di server mereka secara gratis. Memang, versi gratisnya membatasi setiap pengguna hanya men-download tak lebih dari 100 MB per bulannya.

Tak hanya itu, streamload juga memungkinkan kita mengirim file berukuran hingga 50.000 GB atau 50 terabit kepada pelanggan berbayarnya secara gratis.

Dengan Media simpan online ini, beberapa keuntungan bisa didapat, di antaranya kita bisa berbagi pakai koleksi video sebesar ratusan megabit (MB) dengan teman atau sahabat. Presentasi regular juga bisa kita taruh di dalamnya, agar sewaktu-waktu bisa kita tunjukan kepada klien sambil ngobrol atau nongkrong di kafe dan ber-hotspot ria.

Tentu saja, setiap teknologi selalu ada sisi lemah. Tak terkecuali dengan opsi penyimpanan data secara online di internet. Apa itu? Opsi ini lebih mahal dan kecepatan total recovery-nya sangat bergantung kepada kecepatan koneksi yang kita miliki. Setidaknya dibutuhkan koneksi sekelas broadband agar proses berlangsung lancar.

(berbagai sumber)

About these ads
Ditulis dalam Teknologi. 32 Comments »

32 Tanggapan to “Simpan Data di Internet, Kenapa Tidak?”

  1. ady Says:

    Nyimpen data di CD aja ngga aman apalagi di internet, udah ngga jelas server siapa yang punya, apa akan kita jadikan jaminan?

    Menurut saya…. kalau di CD repotnya itu ketika CD hilang atau ketinggalan, kalau di intert asal ada koneksi kan mudah mencarinya tingal ambil saja

  2. Eveline Says:

    Thanks a lot. It help me so much. Kalau tidak keberatan menjawab Pak Awan ini pengajar juga? terimaksih juga tulisannya.

    Terima kasih untuk Eveline ata kunjungannya, jawaban untuk Eveline ya…. saya sebagai soerang pengajar siswa (masih belajar jadi pengajar)

  3. ay fitria Says:

    salm kenal ya Pak..
    kalo boleh gimana cara backup data di megauoload?? saya kasih tau cara-caranya dong..
    makasih pak..

  4. ay fitria Says:

    maksudna megaupload.

  5. karlinah Says:

    aku sayang anak ku

  6. rhyno Says:

    Ma kasih atas infonya. law boleh tau gimana ya cara membuat banner link?

  7. roy Says:

    bos yang iklannya dikit dan gak ada popupnya apa y??

  8. jopala_heri Says:

    saya mau tanya tentang ziddu. saya pernah daftar di ziddu, di situs nya dijelaskan jika file yg kita simpan di ziddu di download oleh orang lain maka kita mendapatkan imbalan berupa uang yg ditransfer via paypal. Apakah itu benar? Apakah paypal itu aman??

  9. nur agnes wulandari Says:

    q sneng dech krng bs knal dket ma kkak kls q..awl minggu ni q sring diajk brangkt breng scoll ma dy!! Q hran dngn sftx dy yg skrng dy lbh prhatian ma q “N” kykx dy jga synk ma q!Q jg awlx ngefns ma dy wkt dy ngajr MOS d.scoll.td da grak jl trs q iktn q d.jmpt & d.antr plng ma dy tmn q tw trs tmn q kira’n q da jdian ma dy trs q diem aj,,tp dy snyum aj..apa mungkn dy brhrp agr bs jd cowku,,tp q msh blm bs lpain mntn q tp mntn q nyuruh q ngelpain dy dan cri pnggnti drix yg lbh baek… q g’mw klo k’k kls q jdkn pelarian,,q ksihn ma dy krn q lht dy synk bngt ma q………………………………..!

  10. yunanto Says:

    salam kenal pak, info yang sangat berguna…kalo boleh tanya pak, misal kita nyimpen untuk tiap file ada pasword tersendiri gak????
    terima kasih

  11. Belajar Edit Foto Says:

    Informasi yang sangat berguna mas….terima kasih udah di share mas, jadi nambah pengetahuan…

  12. ime Says:

    salm knal pak.. mau tanya sehabis mengupload, mendownloadnya di mana tu pak?????

  13. adi Says:

    ada gak tempat nyimpan data yag kapasitasnya gede banget, sampe ukuran terabyte????
    tapi yg free jgn berbayar????
    coz sya blund punya hardis eksternal?

    rawan firus gak tuh

  14. Awan Says:

    @all: terima kasih atas kunjungan, pertanyaan, dan apreasinya, coba menguloadnya di ziddu atau di rapidshare, selamat mencoba, semoga berhasil.

  15. bang ucup Says:

    Wah jadi nambah elmu nih,trims ya mas…
    kalau berkenan silakan mampir di blog saya

    salam kenal
    o-begitu blog

  16. Awan Says:

    @bang Ucup: terima kasih atas kunjungannya, saya langsung ke tkp

  17. choliez Says:

    Klo yg nyimpen file tapi gak ada batasan kadaluarsa ada gak ya…….dan yg jelas yg gratis he2

  18. Fahkrul razi Says:

    saya akan coba… mudah2an berhasil. dan terima kasih.

  19. fazil Says:

    agsdusd

  20. ARJUN Says:

    MAS MAAF SAYA MAU TANYAKAN SESUATU TAPI AGAK SEDIKIT KELUAR DARI TOPIK BLOG INI..
    — bAGAIMANA CARANYA AGAR PAYPAL KITA TERISI DARI MEMBUAT SEBUAH BLOG???(SYARAT2NYA GITU)
    — SELAINNYA DARI MEMBUAT BLOG UNTUK MENGHASILKAN UANG DARI PAYPAL , ADAKAH CARA LAIN UNTUK MENAMBAH SALDO PAYPAL KITA OKK SEKIAN TERIMAH KASIH ATAS WAKTUNYA

  21. awan sundiawan Says:

    @choliez: ada… coba saja misalnya di ziddu.com
    @fahkrul razi: selamat mencoba
    @ARJUN: paypal yang terisi otomatis biasanya ada sambungan/ling referal, dan orang lain sering mengkilknya.

  22. Johansen S.Pd Says:

    Selamat siang pak. Giamana caranya menyimpan file di web, dan apa tempat penyimpanannya. Trus gimana caranya biar bisa link ke blog saya, sehingga tiap orang yang klik, ada duitnya. maaf ya pak saya masih pemula. thank you…

  23. apson Says:

    salam kenal bapak, saya asalnya dari Rengasdengklok Kabupaten Karawang. merantau ke Lampung sejak lulus SMP tepatnya tahun 1993, sekarang saya tinggal di Bandar Lampung. Nuhun pisan banyak saudara online.
    wassalam

  24. nuhi prayogo Says:

    salam kenal bapak, pak saya adalah orang yang baru mengenal blog, saya punya kesulitan yang mohon bapak carikan solusinya. saya membuat link tapi tidak bisa menuju ke data yang saya maksud, pak caranya gimana pak untuk menyimpan data ke internet itu biar bisa nyambung ke linknya. sementara ini saya bisa hanya kalau data nya di siman di dalam hardis.
    trima kasih pak atas jawabannya.

  25. awan sundiawan Says:

    @Johansen: untuk dapat duit, kopikan skrip web sponsor dengan menjadi member dulu dari perusahaan tsb, selamat mencoba.
    @apson: salam kenal kembali, terima kasih atas kunjungannya
    @pa Nuhi: datanya upload dulu ke blog, setelah di upload pasti ada judul file yang diupload, kemudian klik 2 kali, pasti akan muncul di browser, nah alamat yang di browser tersebut blok-copy, kemudian buat sebuah tulisan di blog, kemudian diblok cari tombol tanda sambungan (rantai) paste di sana, selamat mencoba

  26. pras Says:

    wow keren tapi sayangnya di batasi dgn waktu
    ada apa ga yang waktunya ga terbatas mau kita ga donload sampe 1 thun juga bisa ???

  27. asrori Says:

    This is actually very useful for all Internet users. tabi period of time can not be long

  28. hafiizh eko Says:

    thanx infonya,, mampir ke sini: hafiizheko.wordpress.com

  29. Daan Laia Says:

    coq setiap media penyimpanan di internet berbatas waktu?

  30. Daan Laia Says:

    tans yah, dengan telah saya membaca cara menyimpan file di internet yang telah anda muat di dindingmu saya dapat mengerti langka-langkahnya.

  31. awan sundiawan Says:

    @all: yang namanya gratisan memang tidak ada yang sempurna, untuk menyimpan foto enaknya di flikr.com, dan video di youtube.com sepertinya tidak berbatas waktu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.650 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: